10 Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Tekanan Darah lho!

Health | Senin, 29 Maret 2021 11:14

Reporter : Novi Hardita Larasati

Selain memiliki daging buah yang lezat, ternyata manfaat jus jambu untuk kesehatan cukup beragam lho.

Seperti diketahui, jambu merah merupakan salah satu buah yang paling populer di Indonesa karena kelezatannya dan manfaatnya yang beragam untuk kesehatan. Apalagi, kalau buah yang satu ini di olah menjadi jus.

Hal ini karena manfaat jus jambu merah tidak lepas dari kandungannya seperti mineral serta vitamin yang mampu menyehatkan tubuh. Selain itu, buah ini pun mengandung nutrisi lain, seperti protein, serat, zat besi, magnesium, dan folat meski dalam jumlah yang tidak begitu banyak.

Lantas, apa saja manfaat jus jambu merah untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

10 Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Tekanan Darah lho!
2 dari 5 halaman

Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan

Manfaat Jus JambuManfaat Jus Jambu © shutterstock.com/SAM THOMAS A

Manfaat jus jambu merah bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, hanya dengan mengonsumsi jambu merah secara teratur, kamu pun bisa terhindar dari penyakit berbahaya, lho. Gak percaya? Simak terus informasi kami di bawah ini.

1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Manfaat jus jambu merah yang pertama ialah membantu melancarkan saluran pencernaan. Sebab, manfaat ini berkaitan dengan kandungan serat yang tinggi pada jambu merah, sehingga hal tersebut bisa mencegah sembelit serta memastikan bahwa kuman baik di dalam saluran pencernaan tetap bekerja.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain melancarkan saluran pencernaan, manfaat jus jambu merah untuk kesehatan juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Paslanya, jambu adalah buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah tubuh terserang berbagai penyakit.

Nah, jambu biji atau jambu merah pun merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Menariknya, kandungan vitamin C yang ada di dalam jambu merah melebihi daro kandungan vitamin C di jeruk!

Sehingga, kandungan vitamin C yang ada pada jambu merah inilah bermanfaat dalam mengurangi risiko terkena penyakit infeksi, menjaga kesehatan tulang, gusi, gigi, penyembuhan luka, dan meningkatkan fungsi otak.

3 dari 5 halaman

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Ilustrasi Tekanan DarahIlustrasi Tekanan Darah © americandentalclinic.com

Manfaat jus jambu merah untuk kesehatan berikutnya adalah dapat menjaga tekanan darah. Hal ini disebabkan kandungan kalium yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari pengaruh eksternal yang bisa merusak kesehatan tekanan darah. Jadi, kalau kamu menderita darah tinggi, maka konsumsilah jus jambu merah ini.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, bahwa mengonsumsi buah jambu merah bisa menurunkan kolesterol jahat serta menurunkan tekanan darah karena kandungan vitamin C dan serat dalam jambu merah ini.

4. Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Masih terkait dengan kandungan seratnya, manfaat jus jambu merah untuk kesehatan juga dipercaya sebagai obat tradisional bagi penderita diabetes, lho. Bahkan, secara medis buah ini pun terbukti untuk mencegah lonjakan gula.

Menurut sebuah penelitian, menyebutkan bahwa jambu biji diduga secara signifikan bisa mengurangi gejala diabetes, dan mengurangi kerusakan akibat proses peradangan serta oksidasi pada penderita diabetes. Namun, untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu, ya.

4 dari 5 halaman

5. Mencegah Kanker

Ilustrasi Kanker PayudaraIlustrasi Kanker Payudara © chatelaine.com

Mencegah kanker ternyata juga menjadi salah satu manfaat jus jambu merah yang sayang untuk dilewatkan. Pasalnua, buah jambu merah ini mengandung zat antioksidan, yakni flavonoid serta fitonutrien yang efektif untuk mencegah kanker.

Nah, kandungan vitamin C dosis tinggi sebagai antioksidan di dalamnya ini pun bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Ohiya, kandungan antioksidan ini tak hanya terdapat di buah jambu merah saja ya, guys, tapi juga di daunnya.

6. Mencegah Demam Berdarah

Manfaat jambu merah untuk kesehatan yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar. Yaps, untuk mencegah demam berdarah. Bahkan menurut penelitian, ekstrak daun jambu merah diduga bisa menghambat pertumbuhan virus dengue.

Menariknya lagi, jambu biji yang direbus juga diyakini bisa menurunkan risiko pendarahan pada penderita DBD, serta mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah dengue. Aakn tetapi, hal ini masih sebatas pengobatan herbal. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dalam menggunakan berbagai obat-obatan alternatif.

7. Menyehatkan Mata

Manfaat jus jambu merah selanjutnya yaitu untuk menyehatkan mata. Hal ini karena kandungan vitamin A dalam jambu merah mampu mencegah infeksi mata dan penyakit mata. Selain itu, vitamin A ini pun berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, membuat kulit tetap sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kecantikan

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © shutterstock

8. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Nampaknya, manfaat jus jambu merah ini tidak hanya untuk kesehatan saja melainkan juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Yaa, jambu biji sangat efektif dalam melindungi kulit dari radiasi sinar Ultra Violet yang berbahaya serta kerusakan akibat polusi.

Ternyata manfaat ini bersumber dari likopen yang terkandung di dalam jambu biji. Likopen sendiri ialah antioksidan yang melindungi sel-sel kulit kita dari kerusakan akibat pengaruh eksternal.

Selain likopen, antioksidan seperti vitamin C pun memainkan peran penting dalam membentuk tabir surya alami. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk mengkonsumsi jambu merah  secara teratur agar kulit terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

9. Membuat Kulit Tetap Kencang

Dikarenakan kandungan anti-penuaan yang dimiliki jambu biji, tentu manfaat jus jambu sangat efektif untuk menunda munculnya garis-garis halus serta kerutan. Bahkan, kandungan vitamin A dan vitamin C yang dimiliki buah yang satu ini, terutama vitamin C berfungsi memelihara kekencangan kulit.

Sebagai informasi, Vitamin C ialah nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk memproduksi kolagen. Sementara kolagen berperan dalam menjaga elastisitas kulit pada tubuh.

10. Terhindar dari Berbagai Masalah Kulit

Manfaat jus jambu yang terakhir yaitu sangat bermanfaat untuk perawatan berbagai masalah kulit. Misalnya seperti ruam kemerahan serta iritasi. Tentu saja hal tersebut berkat vitamin C dan vitamin K yang ada pada buah jambu merah.

Ohiya, minum jus jambu juga bermanfaat untuk pengobatan kantung mata, rosacea, varises, dan iritasi jerawat, lho.

Nah, itulah aneka manfaat jus jambu untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kamu coba di rumah. Ingat, untuk mendapatkan manfaatnya, kamu tidak perlu mencampur jus tersebut dengan gula maupun susu supaya nutrisinya tetap terjaga. Semoga berhasil!

Join Diadona.id