10 Manfaat Kemiri untuk Rambut yang Lebih Sehat dan Berkilau

Reporter : Sheila Fathin
Selasa, 13 April 2021 15:41
10 Manfaat Kemiri untuk Rambut yang Lebih Sehat dan Berkilau
Kemiri tidak hanya sebagai bumbu makanan, namun bisa juga untuk rambut!

Manfaat kemiri ternyata bisa membantu untuk merawat kesehatan rambut dan kesehatan tubuh. Kemiri yang kita kenal biasanya sering kita temui di pasar tradisional bukan? Biasanya kemiri dibuat untuk bahan makanan. Namun, kemiri memiliki kegunaan yang banyak sekali. Tidak hanya sebagai bahan pangan, tetapi bisa untuk ramuan herbal.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat kemiri bagi kesehatan, terlebih dahulu akan kita bahas tentang komposisi dalam kemiri. Kemiri kandungan nutrisinya adalah saponin, flavonoid, polifenol, dan beberapa protein, karbohidrat. Kemiri juga mengandung mineral yaitu fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Terdapat juga beberapa kandungan yang tak kalah manfaatnya adalah Vitamin A, vitamin B1, folat, dan fitosterol yang menghambat pembentukan kolesterol.

Nah, kita sudah mengerti tentang kandungan di dalam kemiri. Untuk itu, mari kita bahas lebih lanjut manfaat dari kemiri.

1 dari 3 halaman

Manfaat Kemiri untuk Rambut

Manfaat Kemiri © Diadona

Minyak kemiri telah digunakan sejak lama dan masih memiliki khasiat yang mampu melindungi dan merawat tubuh. Untuk itu, kemiri memiliki manfaat juga bagi rambut yang perlu kamu ketahui.

Menutrisi Rambut

Kemiri yang dimanfaatkan untuk rambut adalah minyaknya. Minyak kemiri memiliki sifat yang bisa melembabkan dan menutrisi luar biasa pada rambut, apalagi pada rambut yang kering atau keriting. Mineral dan vitamin pada minyak kemiri menjaga rambut tetap sehat dan lembut. Selain itu manfaat kemiri dari minyaknya adalah merevitalisasi rambut yang rusak. 

Menghentikan Rambut Rontok dan Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat kemiri lainnya adalah mengatasi rambut rontok. Minyak kemiri selain ampuh melembabkan rambut kering, ternyata juga bisa mengatasi permasalahan rambut rontok. Hal ini karena minyak kemiri mengandung mineral dan protein yang bekerja pada folikel rambut. Dengan menggunakan minyak kemiri secara rutin, bisa membuat rambut kamu tumbuh kembali kuat daripada sebelumnya. 

Membuat Rambut Jadi Berkilau

Minyak kemiri tidak hanya menutrisi rambut supaya lebih kuat, tetapi juga membuat rambut lebih berkilau. Akibat dari seringnya rambut terpapar sinar matahari, membuat rambut kita mengalami perubahan warna. Dengan menggunakan minyak kemiri secara konsisten, manfaat kemiri akan mengembalikan  warna rambut asli kamu.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan

Manfaat kemiri yang tidak hanya untuk kesehatan rambut, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?

Mengobati Sariawan

Kemiri tidak hanya buah dan bijinya yang dimanfaatkan, tetapi getah dan kulit batangnya juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Getah pada kulit batangnya ternyata bisa untuk digunakan sebagai pengobatan sariawan, lho, Diazens. 

Untuk mendapatkan getahnya, kamu hanya perlu menyobek kulit kayu dan menunggu hingga getahnya muncul dan bisa dioleskan pada bagian yang terkenal sariawan.

Mengobati Sakit Gigi

Manfaat kemiri dari segi getahnya ternyata selain untuk mengobati sariawan juga bisa mengobati sakit gigi. Kamu hanya perlu menempelkan kapas yang sudah ada getah kemiri pada gigi kamu yang sakit.

Sebagai Obat Gosok

Minyak yang dihasilkan dari kemiri juga bisa dimanfaatkan sebagai obat gosok untuk membuat tubuh kamu rileks dan melindungi dari masuk angin. 

Mengatasi Insomnia

Manfaat kemiri bagus untuk mengatasi insomnia yang diakibatkan oleh depresi, banyak pikiran, ketakutan akan sesuatu. Buah kemiri memiliki kandungan melatonin yang akan membuat tubuh kamu lebih rileks dan cepat terlelap.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Kemiri

Manfaat Kemiri © Diadona

Sendi Jadi Lebih Sehat dan Lebih Kuat

Mengonsumsi buah kemiri secara teratur dapat memberikan manfaat pada persendian. Cukup masukkan kemiri dalam menu makanan kamu untuk menjaga kekuatan tulang karena kemiri sendiri mengandung fosfor yang bagus untuk menjaga kekuatan tulang.

Meningkatkan Massa Otot dan Mengurangi Berat Badan

Manfaat kemiri mengandung banyak protein. Mengonsumsi kemiri dapat membantu membangun otot. Selain itu juga orang yang mencoba menurunkan berat badan akan lebih cepat karena semakin banyak otot pada tubuh kita, semakin lancar metabolisme kita. Protein juga bisa menyebabkan tubuh membakar banyak kalori.

Menyembuhkan Gigitan Serangga

Gigitan serangga yang gatal bisa disembuhkan dengan kemiri. Ambil 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking. Yang perlu dilakuakn adalah dengan  memanggang buah kemirinya kemudian menempelkan pada bagian tubuh yang teraa gatal akibat gigitan serangga.

Manfaat kemiri ternyata mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki memiliki kegunaan yang bagus. 

Beri Komentar