10 Manfaat Kesehatan Lobak yang Tidak Kamu Ketahui

Health | Jumat, 24 Januari 2020 15:11

Reporter : Novi Hardita Larasati

Dikenal luas sebagai sayuran akar, lobak memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan.

Lobak adalah sayuran akar yang memiliki ukuran seperti apel yang termasuk kedalam golongan Brassicaceae yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Lobak memiliki sifat obat yang sangat baik tapi masih belum banyak diketahui oleh banyak orang. Sayuran akar ini bermanfaat bagi kesehatan luar biasa, salah satunya untuk pencegahan serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

Dikutip dari Boldsky, lobak sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, penglihatan, kesehata tulang dan kulit. Ini juga membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi dan mencegah timbulnya osteoporosis, rheumatoid arthritis dan katarak. Berikut 10 manfaat lobak bagi kesehatan tubuh.

10 Manfaat Kesehatan Lobak yang Tidak Kamu Ketahui
2 dari 9 halaman

Nilai Gizi Lobak

Nutrisi pada lobak adalah sebagai berikut:

- 4,4 karbohidrat
- 1,1 gram protein
- 93,2 gram air
- 8440 mcg lutein
- 381 mcg Vitamin A
- 4575 mcg beta karoten
- 118 mcg folat
- 27,4 mg Vitamin C
- 1,88 mg Vitamin E
- 368 mcg Vitamin K

3 dari 9 halaman

Manfaat Lobak Bagi Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tingginya kadar serat dan kalium dalam sayuran lobak membuat sangat bergizi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sejumlah besar Vitamin K pada lobak membantu dalam proses anti-inflamasi, karena dapat mencegah stroke jantung, serangan jantung, dan penyakit jantung lainnya. Lobak juga memiliki tingkat folat yang sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kardiovaskular.

4 dari 9 halaman

Mencegah Kanker

Adanya glukosinolat dalam lobak dapat membantu mencegah kanker dan mengurangi efek yang sama, karena di dalamnya terdapat bahan kimia tanaman alami yang memecah menjadi dua senyawa saat dicerna yaitu, indole dan isothiocyanate. Keduanya bertindak sebagai agen yang kuat dalam menghancurkan sel-sel tumor dan membantu mengurangi pertumbuhan kanker.

Studi telah membuktikan bahwa orang mencampurkan lobak ke dalam makanan sehari-hari akan memiliki resiko yang lebih kecil terkena kanker, terutama kanker payudara. Selain itu jugs memiliki efek lebih besar pada tumor usus besar dan dubur.

5 dari 9 halaman

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Lobak memiliki persediaan kalsium dan kalium sehat yang dapat membantu dalam mengurangi resiko osteoporosi, rheumatoid arthritis, kerusakan sendi dan penyakit tulang lainnya.

6 dari 9 halaman

Melancarkan Pencernaan

Sayuran ini meningkatkan pencernaan yang sehat untuk menjaga usus dan usus besar karena memiliki banyak kandungan serat. Lobak dapat mencegah sembelit, kembung, gangguan pencernaan dan diare sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kalian.

7 dari 9 halaman

Mengatur Tekanan Darah

Kalium dan diet nitrat dalam lobak dapat membantu mengendalikan tekanan darah serta dapat membantu menghilangkan kelebihan natrium, kandungan kalium yang kaya dalam lobak sangat bermanfaat untuk melebarkan arteri dan mengurangi resiko stroke dan serangan jantung.

8 dari 9 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kalau kamu sedang menjalan program diet, lobak sangat cocok untuk membantumu dalam menurunkan berat badan. Rendah kalori yang ada dalam lobak membuat menjadi tambahan bagus untuk program penurunan berat badan, selain itu juga mengatur metabolisme karena kandungan seratnya yang tinggi.

9 dari 9 halaman

Mencegah Bau Badan

Jus lobak sangat efektif dalam menghilangkan bau badan. Kalau kamu ingin mencoba hal ini, lakukan dengan secara teratur agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu bisa melakukannya dengan mengolesi jus lobak di bawah bawah ketiak dan kaki yang pecah-pecah.

Join Diadona.id