10 Manfaat Mandi Air Hangat Dicampur Garam untuk Kesehatan Tubuh, Efektif Hilangkan Setres

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 25 Maret 2021 12:30
10 Manfaat Mandi Air Hangat Dicampur Garam untuk Kesehatan Tubuh, Efektif Hilangkan Setres
Selain hilangkan setres, manfaat mandi air hangat yang dicampur garam juga bisa mencegah insomnia, lho!

Seperti yang diketahui garam adalah bumbu dapur yang kerap digunakan sebagai penyedap rasa. Tapi, gimana jadinya kalau garam jadi campuran air hangat untuk mandi atau berendam?

Yaps, ternyata manfaat mandi air hangat dicampur garam bisa merelaksasi otot tubuh setelah seharian melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral pada garam seperti potasium, kalsium, sodium, dan silikon. Di mana mineral tersebut merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh kulit serta tubuh.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat mandi air hangat yang dicampur dengan garam, langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah kami lansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Air Hangat Dicampur Garam

Manfaat Mandi Air Hangat © Diadona

Mungkin, mandi air hangat terdengar sepele bagi sebagian orang. Akan tetapi, bagi kesehatan tubuh, mandi air hangat memiliki segudang manfaat yang efeknya bisa langsung dirasakan, apalagi kalau dicampur dengan garam.

Adapun manfaat mandi air hangat dicampur garam yaitu sebagai berikut:

1. Menghilangkan Stres

Manfaat mandi air hangat yang paling dasar ialah bisa menghilangkan setres. Pasalnya, sensasi hangat dari air yang disiram ke seluruh tubuh bisa memberikan efek tenang pada tubuh, sehingga hal tersebut dapat mengurangi maupun menghilangkan pikiran dan perasaan stres.

2. Tubuh Relaks dan Hilangkan Pegal

Selain menghilangkan setres, manfaat mandi air hangat yang dicampur garam juga bisa membantu tubuh kamu menjadi rileks, lho. Hal ini disebabkn garam memberikan suplai ion positif pada tubuh yang berguna dalam menurunkan stres.

Kalau kamu ingin mendapatkan efek relaksasi yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan beberapa macam bahan alami seperti lavender yang memiliki aroma terapi untuk membantu pikiran kita tetap relaks serta mengurangi stres

3. Detoksifikasi

Membantu meremajakan kulit melalui proses detoksifiasi dan menjadikan kulit menjadi lebih lembab juga menjadi salah satu manfaat mandi air hangat yang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, larutan air hangat dan garam tersebut akan mengeluarkan racun dari dalam tubuh ke permukaan luar kulit.

2 dari 4 halaman

4. Meredakan Iritasi Kulit

Penyebab Alergi © Diadona

Manfaat mandi air hangat untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu bisa meredakan peradangan serta iritasi kulit yang disebabkan oleh dermatitis kontak, eksim, psoriasis, dan kutu air.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan garam Epsom atau garam laut guna mengatasi iritasi serta peradangan pada kulit.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ternyata manfaat mandi air hangat juga baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, lho! Bahkan, menurut sebuah laporan tahun 2014 menyebutkan bahwa air hangat dapat meningkatkan aliran darah pada penderita gagal jantung. Pasalnya, pembuluh darah akan melebar saat terekspos dengan temperatur tinggi.

Selain itu, sebuah studi tahun 2012 juga menunjukkan kalai air hangat bisa meredakan kekakuan pada pembuluh darah. Studi itu memperlihatkan, partisipan yang memasukkan sebagian kakinya ke dalam air panas selama setengah jam yang mampu meredakan pembuluh darah yang kaku.

3 dari 4 halaman

6. Mengatasi Insomnia

Ilustrasi Insomnia © Diadona

Kandungan magnesium yang terdapat dalam garam Inggris dipercaya bisa merangsang seseorang untuk segera tidur. Hal ini disebabkan magnesium dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang menimbulkan rasa kantuk, yakni melatonin.

Sehingga, manfaat mandi air hangat dicampur garam bisa membantu kamu menjadi mudah tertidur. Wah, patut dicoba bagi yang suka insomnia, nih.

7. Melancarkan Sistem Pernapasan

Biasanya, infeksi dan alergi yang dialami oleh seseorang bisa menyebabkan penumpukan lendir pada saluran pernapasan. Nah, bicara soal penumpukan lendir, kamu bisa mengatasinya dengan mandi air hangat guna melancarkan sistem penapasan mu.

8. Mengatasi Flu dan Sakit Kepala

Manfaat mandi air hangat untuk kesehatan berikutnya yaitu ampuh atasi flu dan sakit kepala. Sebab, dengan mandi air hangat, hal ini memungkinkan kamu untuk menghirup uap air sebagai dekongestan alami.

Menariknya lagi, mandi air hangat juga akan membantu kamu untuk melancarkan sirkulasi darah menuju otak. Kalau ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka kamu bisa menambahkan beberapa minyak esensial seperti minyak kayu putih atau peppermint guna membuat efek yang lebih kuat lagi.

4 dari 4 halaman

9. Mengobati Rematik

Penyebab Rematik © Diadona

Nggak cukup sampai di situ saja, nampaknya manfaat mandi air hangat dicampur garam juga bisa mengobati rematik, lho. Ya, menurut tinjauan sistematis yang diterbitkan dalam jurnal Seminars in Arthritis and Rheumatism, bahwa mandi garam laut terbukti bermanfaat untuk mengobati penyakit rematik, termasuk artritis reumatoid, spondilitis ankilosa, radang sendi psoriatis, serta osteoartritis lutut.

10. Membakar Kalori

Dalam sebuah penelitian, ternyata mandi air hangat juga terbukti mampu membakar kalori tubuh, lho. Yaps, para peneliti ini meminta 10 pria untuk mandi air hangat dan berendam dan hasilnya para responden tersebut mengalami pembakaran 126 kalori per jam.

Biasanya, jumlah ini baru bisa dicapai saat jalan kaki sekitar 25-30 menit. Bahkan, khasiat yang di dapat dari mandi air hangat juga dapat menghindari lonjakan gula darah setelah makan.

Itulah deretan manfaat mandi air hangat bagi kesehatan. Ohiya, untuk mendapatkan khasiatnya jangan asal mandi air hangat saja, namun tingkat kepanasan dari air pun harus diperhatikan.

Beri Komentar