10 Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan yang Tak Hanya untuk Menurunkan Berat Badan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 27 Maret 2021 00:01
10 Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan yang Tak Hanya untuk Menurunkan Berat Badan
Tak hanya menurunkan berat badan, manfaat senam aerobik bagi wanita juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, lho.

Siapa nih yang suka melakukan olahraga secara rutin di rumah? Kalau kamu termasuk salah satunya, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya senam aerobik.

Senam aerobik merupakan aktivitas yang menitikberatkan pada meningkatkan fungsi jantung serta pernapasan, biasanya kegiatan olahraga ini dilakukan para wanita untuk menurunkan berat badan. Di samping itu, ternyata manfaat aerobik juga dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat senam aerobik, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Senam Aerobik

Manfaat Senam Aerobik © Diadona

Pada umumnya, senam aerobik hanyalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang dilakukan beriringan dengan irama musik dalam durasi waktu tertentu. Kegiatan ini biasanya dikenal dengan istilah kardio.

Sehingga, manfaat senam aerobik untuk kesehatan tubuh sangatlah beragam. Apa saja itu? Berikut rangkaiannya.

1. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa salah satu manfaat senam cardio yang paling dasar ialah dapat menurunkan berat badan. Pasalnya, olahraga ini bisa membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu cukup lakukan senam aerobik selama 30 - 60 menit per hari. Dengan begitu, lambat laun berat badanmu akan turun dan tentu saja diimbangi dengan pola makan sehat.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Selain menurunkan berat badan, manfaat senam aerobik bagi wanita juga bisa membantu tubuh mengelola gejala tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, jenis olahraga ini dipercaya sebagai salah satu cara lain untuk menurunkan tekanan darah secara alami tanpa obat.

2 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi Organ Jantung © Diadona

Seperti pada olahraga lainnya, manfaat senam aerobik juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan, menurut American Heart Association menyebutkan bahwa bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung, maka dianjurkan untuk melakukan senam aerobik.

Senam aerobik juga bisa menjaga pembuluh darah supaya bersih dengan meningkatkan kolesterol lipoprotein (HDL) " baik" serta menurunkan kadar kolesterol " LDL" lipoprotein densitas rendah (LDL) yang ada di dalam darah.

4. Mengurangi Gejala Asma

Manfaat senam aerobik berikutnya adalah mampu membantu penderita asma dalam mengurangi frekuensi serta tingkat keparahan serangan asma yang terjadi.

Akan tetapi, penderitanya harus tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memulai senam aerobik ini. Sehingga, para dokter bisa merekomendasikan kegiatan atau tindakan pencegahan khusus untuk membantu kamu tetap aman saat berolahraga.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Seperti yang diketahui, bahwa menggerakan tubuh bisa meningkatkan mood seseorang. Sehingga, hal ini bisa menjadi manfaat senam aerobik yang tidak kalah menarik.

Ya, berolahraga dengan intensitas tinggi meski dalam waktu yang singkat, nantinya akan tetap berpengaruh besar pada suasana hati kita, sebab olahraga ialah salah satu sarana untuk melepas stres.

3 dari 4 halaman

6. Membuat Tidur Malam Lebih Nyenyak

Ilustrasi Perempuan Tidur Nyenyak di Malam Hari © Diadona

Siapa nih yang suka mengalami insomnia atau kesulitan tidur di malam hari? Oleh karena itu, cobalah melakukan senam aerobik secara rutin.

Pasalnya, sebuah studi yang dilakukan pada sekelompok dengan masalah tidur kronis mengungkapkan bahwa manfaat senam aerobik yang teratur bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk insomnia.

7. Meningkatkan Kekuatan Otak

DiaZens, tahukah kamu bahwa otak mulai kehilangan jaringan setelah mencapai usia 30 tahun?

Melansir dari laman Journals of Gerontology, para ilmuwan menemukan bahwa manfaat senam aerobik bisa memperlambat kehilangan jaringan ini serta meningkatkan kinerja kognitif.

Pada studi yang dilakukan, didapati kesimpulan bahwa orang dewasa yang paling aktif melakukan olahraga menunjukkan pengurangan lebih sedikit pada area parietal, frontal, dan temporal otak.

Sehingga, bisa disimpulkan kalau melakukan senam aerobik membantu tubuh dan otak kita.

4 dari 4 halaman

8. Mengurangi Stres

Ilustrasi stress © Diadona

Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, manfaat senam aerobik juga dapat meredakan atau mengatasi stres yang melanda. Jadi, saat kamu melakukan olahraga ini, terbukti mampu untuk meningkatkan percaya diri serta fungsi otak sehingga bisa menurunkan kemungkinan depresi.

9. Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Tak berhenti di situ saja, manfaat aerobik pun bisa menguatkan sistem imun tubuh. Menurut penelitian Pennsylvania State University, bahwa orang yang rajin melakukan olahraga tersebut memiliki jumlah immunoglobin yang banyak.

Kandungan immunoglobin ini ialah satu di antara jenis antibodi yang berguna untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Sehingga, untuk mencegah munculnya sejumlah penyakit berbahaya, maka rutinlah melakukan aerobik dari sekarang.

10. Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat senam aerobik yang terakhir adalah untuk meningkatkan stamina. Memang, saat pertama kali memulai olahraga ini, tubuh kamu mungkin akan terasa kelelahan. Akan tepai, kalau sudah dilakukan secara teratur, lama-kelamaan stamina tubuh akan meningkat serta rasa lelah akan berkurang.

Selain itu, kekuatan jantung, tulang, paru-paru, hingga otot pun akan meningkat seiring berjalannya waktu. Cobain yuk!

Nah, itulah segudang manfaat senam aerobik bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Semoga setelah mengetahui manfaatnya, kamu jadi rutin berolahraga ya.

Beri Komentar