10 Manfaat Soda Kue untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 6 Maret 2021 10:47
10 Manfaat Soda Kue untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah
Ternyata manfaat soda kue bukan hanya untuk adonan kue saja, namun juga bermanfaat untuk kecantikan, kesehatan, hingga pembersih alat rumah tangga.

Di dunia memasak, terutama bagi yang suka membuat adonan kue, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya soda kue. Ya, baking soda atau soda kue ini kerap digunakan sebagai bahan pengembang kue.

Akan tetapi, manfaat soda kue tak hanya untuk dicampurkan ke dalam adonan saja lho, guys. Sebab, bahan memasak yang satu ini ternyata juga memiliki beragam kegunaan dan manfaat lain di kehidupan sehari-hari.

Mulai dari bahan perawatan rumah, membuat rambut berkilau, bahkan bisa dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit! Gak percaya? Yuk, simak informasi selengkapnya mengenai manfaat soda kue berikut ini.

1 dari 5 halaman

Manfaat Soda Kue untuk Wajah

baking soda © Diadona

Sebelum membahas tentang manfaat soda kue, sebaiknya kita mengenal dulu apa itu baking soda atau soda kue. Soda kue merupakan bahan utama untuk mengembangkan kue yang terbuat dari soda bikarbonat (natrium bikarbonat) yang punya banyak fungsi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa manfaat soda kue yang belum pernah kamu dengar.

1. Menghilangkan Jerawat

Salah satu manfaat soda kue untuk wajah yang terkenal ialah untuk menghilangkan jerawat. Sayangnya, memakai baking soda pada area kulit yang berjerawat justru membuat kulit jadi lebih iritasi.

Hal ini karena tingkat basa-nya yang tinggi malah bisa menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga membuatnya mudah terpajan bakteri dan lebih sensitif terhadap sinar matahari.

2 dari 5 halaman

2. Exfoliator Kulit

Ilustrasi Exfoliator Kulit Wajah © Diadona

Sering berkegiatan di bawah sinar matahari dan polusi di luar, hal ini membuat penumpukan kotoran pada kulit wajah dan menjadikannya lebih kusam. Eits, tapi kamu gak usah kgawatir. Sebab, salah satu manfaat baking soda untuk wajah ialah mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya, buatlah pasta denga mencampurkan 3 sendok soda kue dan satu sendok air, kemudian oleskan pasta tersebut ke wajah dan gosok dengan lembut. Ohiya, ramuan tersebut juga bisa digunakan pada kulit badan, lho.

Namun, bagi kamu yang memiliki kulit wajah sensitif, sebaiknya berhati-hati sebab soda kue berisiko menimbulkan iritasi.

3. Kompres Kulit Kemerahan

Gak hanya digunakan sebagai exfoliator kulit saja, nampaknya campuran air dan baking soda juga bisa digunakan untuk membantu meredakan kulit yang gatal dan merah setelah terbakar sinar matahari, lho.

Caranya mengaplikasikannya pun cukup mudah, yakni buatlah campuran 4 sendok teh soda kue dan 1 liter air, lalu kompres area kulit yang kemerahan dengan handuk yang basah dan ditambah ramuan soda kue tersebut untuk mendinginkannya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Soda Kue untuk Gigi

Manfaat Soda Kue © Diadona

4. Memutihkan Gigi

Mungkin, manfaat soda kue untuk gigi sudah sering kamu dengar. Ya, baking soda diduga dipercaya bisa memutihkan gigi. Kamu hanya perlu menaburkan sedikit soda kue pada pasta gigi lalu sikat gigi seperti biasa dan berkumur-kumur dengan air bersih.

Jika dilakukan secara rutin, cara tersebut bisa membantu menghilangkan noda-noda pada gigi serta membantu melawan bakteri di dalamnya.

5. Menjaga Kebersihan Mulut

Selain sebagai pasta gigi untuk memutihkannya, ternyata banyak orang juga yang menggunakan soda kue sebagai bahan berkumur. Bahkan, beberapa riset ilmiah membuktikan, bahwa berkumur dengan baking juga membantu menyegarkan mulut. Hal ini dikarenakan soda kue bersifat antibakteri serta antimikroba, yang baik untuk kesehatan mulut.

4 dari 5 halaman

Manfaat Soda Kue untuk Kesehatan

ilustrasi ketiak © Diadona

6. Menghilangkan Bau Ketiak

Sebenarnyam manfaat soda kue untuk kesehatan juga cukup beragam, salah satunya adalah digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau ketiak. Beberapa orang mungkin punya masalah bau ketek, bukan?

Tenang, sekarang kamu bisa mengatasinya dengan baking soda untk membuat keringat menjadi lebih netral. Caranya, kamu cukup menepuk-nepukkan soda kue ke bagian ketiak, seperti saat menggunakan bedak.

7. Mengatasi Kulit Gatal atau Terbakar

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang mengklaim bahwa manfaat soda kue untuk kesehatan juga bisa berperan dalam mengatasi kulit gatal akibat gigitan serangga hingga terbakar sinar matahari.

Nah, untuk mencobanya, siapkan air hangat yang telah dicampur dengan 1-2 cangkir soda kue, kemudian rendam tubuh secara menyeluruh atau mandi seperti biasa.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada penelitian medis yang mendukung pernyataan tentang manfaat soda kue ini. Sehingga, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu terutama bila kamu mengalami iritasi kulit sangat parah.

5 dari 5 halaman

8. Mengatasi Maag

Ilustrasi Orang Sakit Maag © Diadona

Siapa nih yang sering ngeluh karena maagnya suka kambuh tiba-tiba? Pasti beberapa dari kalian pernah ngalamain kondisi seperti ini. Ya, maag atau refluks asam merupakan kenaikan asam lambung yang menyebabkan sensasi terbakar dan menyakitkan hingga ke tenggorokan.

Nah, ternyata selama ini ada cara alami untuk mengatasi maag yang dipercaya sebagian besar orang, yakni dengan minum larutan baking soda. Caranya, kamu siapkan dulu 1 gelas air dingin, lalu larutkan 1 sendok teh soda kue, kemudian minum secara perlahan-lahan.

Namun, hal ini banyak perdebatan tentang efek samping soda kue dalam mengatasi maag. Untuk itu, hindari menggunakan baking soda jika maag sangat parah dan jangan menggunakannya berkelanjutan karena akan memicu masalah jantung serius.

9. Meringankan Masalah Pencernaan

Manfaat soda kue untuk kesehatan lainnya yaitu sebagai cara alami dalam meringkan masalah pencernaan. Jadi, apabila kamu merasa sakit perut, cobalah untuk meminum segelas air putih yang sudah ditaburi seperempat sendok teh soda kue.

Tapi, kalau masalah pada perut tak kunjung hilang maksimal 2 minggu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ya, guys.

10. Scrub Kaki

Ohiya, manfaat soda kue untuk kecantikan yang tidak kalah tenar ialah menghaluskan tumit serta telapak kaki. Ya, stelah seharian memakai sepatu, kamu bisa merelaksasi sekaligus membersihkannya dengan air hangat yang dicampur tiga sendok makan baking soda yang ditambah dengan beberapa potong lemon.

Setelah itu, rendam kaki selama 10 – 15 menit kemudian gosok jari-jari dan kukunya dengan pasta dari 3 sendok baking dan 1 sendok teh air tersebut. Mudah kan?

Itulah sederet manfaat soda kue untuk kehidupan sehari-hari yang bisa kamu coba. Tapi, perlu diingat agar terus berhati-hati dalam menggunakannya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar