10 Manfaat Tape Singkong untuk Ambeien, Diet, Kecantikan, dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Sabtu, 22 Februari 2020 11:33
10 Manfaat Tape Singkong untuk Ambeien, Diet, Kecantikan, dan Kesehatan
Apa benar manfaat tape singkong bisa menyembuhkan ambeien? Berikut jawaban dan manfaat tape singkong lainnya.

Tapai singkong atau yang lebih populer disebut tape singkong merupakan makanan khas dari Indonesia yang merupakan fermentasi dari singkong. Umumnya makanan hasil fermentasi memiliki rasa yang asam, tetapi pada tape, rasa manis hampir selalu lebih dominan dibandingkan rasa asamnya. Tape juga memiliki keunggulan seperti adanya kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, kalsium, dan fosfor di dalamnya. Selain itu, tape yang merupakan makanan fermentasi juga mengandung banyak bakteri baik.

Proses fermentasi singkong menjadi tape dipercaya dapat menghilangkan kadar zat beracun seperti sianida yang terkandung di dalam tape. Di samping racun yang hilang, mikroorganisme yang ada dalam ragi justru membantu mengikat vitamin dan mineral yang ada pada singkong. Hal ini lah yang menjadi kesitimewaan dari tape singkong sebagai makanan fermentasi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat tape singkong yang harus kamu tahu.

1 dari 4 halaman

Manfaat Tape Singkong untuk Ambeien

Ilustrasi Ambeien © Diadona

Meskipun banyak obat untuk mengatasi ambeien, tapi tidak sedikit orang yang masih percaya denagn pengobatan tradisional. Salah satunya adalah menggunakan tape singkong. Tapi hingga saat ini belum ada riset klinis yang membuktikan efektivitas dari tape singkong benar bisa mengatasi wasir atau ambeien ini. Jadi lebih baik kamu berkonsultasi terlebih dahulu mengenai keadaanmu pada dokter untuk menyembuhkannya.

Penyakit ambeien adalah adanya benjolan di dalam anus akibat pembuluh darah vena yang membengkak dan meradang. Biasanya, penyakit ambeien disebabkan karena sering mengejan terlalu keras saat buang air besar. Tekanan yang terlalu keras dan sering pada rektum dan anus, membuat pembuluh darah dalam anus mengalami pembengkakan. Dalam penyakit ini terdapat dua jenis yaitu internal hemorrhoid dan external hemorrhoid.

2 dari 4 halaman

Manfaat Tape Singkong untuk Diet

Manfaat tape singkong ini bisa kamu gunakan untuk diet kamu loh. Berikut adalah manfaat tersebut.

Ilustrasi Diet © Diadona

Melancarkan pencernaan

Tapai mengandung enzim yang dilepaskan oleh bakteri saat proses fermentasi. Enzim tersebut mampu mendorong nutrisi untuk bekerja lebih efisien. Itu lah alasan kenapa tapai sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan.

Proses fermentasi tape dapat meningkatkan produksi asam laktat dan probiotik. Kedua macam zat ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan dengan membunuh semua bakteri jahat dan membantu tugas bakteri baik.

 

Sumber karbohidrat yang baik

Manfaat tape singkong untuk diet adalah sebagai sumber karbohidrat. Jika dibandingkan dengan nasi, singkong memang merupakan karbohidrat yang lebih baik karena memiliki kadar GI (glycemic index) yang lebih rendah. Sebagai sumber karbohidrat, manfaat tape singkong dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.

Selain itu, karbohidrat kompleks pada tape singkong juga membuatnya menjadi lebih lama dicerna oleh sistem pencernaan sehingga membuat kenyang lebih lama. Hal ini membuat tape singkong bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tape Singkong untuk Kecantikan

Ilustrasi Jerawat © Diadona

Manfaat tape singkong ternyata dipercaya bisa sembuhkan jerawat loh. Jerawat di sini ada bermacam-macam. Ada jerawat yang bisa sembuh dengan manfaat tape singkong, tapi ada yang tidak bisa. Jerawat yang meradang tidak bisa sembuh tanpa antibiotik dan pemakaian obat jerawat secara teratur. Namun jika jerawat yang kamu alami hanya jerawat ringan tape disinyalir mampu menyembuhkannya.

Singkong jika difermentasi akan menjadi tape dan menghasilkan alkohol yang alami. Alkohol tersebut berfungsi untuk menetralisir lemak dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab jerawat. Jika banyak mengkonsumsi tape, maka alkohol alami dalam tape akan menetralisir lemak yang berlebihan di kulit muka sehingga memperlambat bahkan mencegah timbulnya jerawat.

Selain itu ternyata tape ini bisa berfungsi untuk memperlancar pencernaan lho. Kandungan beberapa vitamin seperti vitamin B1, B12 dan B3. Manfaat tape singkong ini juga bisa mengurangi stres dan membuat lebih rileks.

4 dari 4 halaman

Manfaat Tape Singkong bagi Kesehatan

Selain manfaat di atas, manfaat tape singkong juga bisa digunakan untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat tape singkong bagi kesehatan.

ilustrasi wanita sehat dan bahagia © Diadona

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat tape singkong bagi kesehatan adalah dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Manfaat tape singkong dipercaya dapat mengikat dan mengeluarkan toksin atau racun yang biasanya berasal dari fungi atau disebut juga sebagai aflatoksin. Keberadaan aflatoksin dalam tubuh ini bisa disebabkan oleh konsumsi makanan hasil fermentasi lain yang mungkin mengandung aflatoksin.

Nutrisi bagi tulang dan sendi

Manfaat tape singkong selanjutnya adalah menjadi nutrisi bagi tulang dan sendi. Tape singkong juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini merupakan mineral yang sangat penting untuk memelihara tulang dan sendi.

Memelihara otot dan saraf

Manfaat tape singkong berikutnya adalah dapat melihara otot dan saraf dalam tubuh. Manfaat tape singkong yang satu ini didapatkan dari kandungan vitamin B1 atau tiamin yang ada dalam tape singkong. Selain memelihara otot dan saraf, vitamin B1 juga memiliki manfaat penting lainnya bagi tubuh seperti memelihara fungsi kognitif otak, mencegah stres, hingga meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi penyakit.

Mencegah anemia

Manfaat tape singkong juga bisa mencegah anemia. Rendahnya produksi sel darah merah yang disebabkan oleh berbagai faktor dapat menyebabkan anemia. Mikroorganisme yang dalam ragi tape dipercaya dapat membantu produksi vitamin B12 bagi tubuh. Kandungan vitamin B12 dan kalsium dalam tape singkong dipercaya memiliki peran dalam proses produksi sel darah merah sehingga anemia pun dapat dicegah.

Mengontrol tekanan darah

Manfaat tape singkong yang lain adalah untuk mengontrol tekanan darah. Manfaat tape singkong mengandung kalsium yang merupakan mineral yang baik untuk menjaga tekanan darah normal. Kalsium memiliki peran dalam pelebaran pembuluh darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Manfaat tape singkong yang satu ini juga menjadikan tape singkong sebagai makanan yang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung.

Meningkatkan gairah seksual

Manfaat tape singkong yang terakhir adalah meningkatkan gairah seksual. Manfaat tape singkong yang satu ini berkaitan dengan tape yang dapat menjadi sumber energi. Konsumsi tape secara rutin dipercaya secara bertahap mengatasi masalah gangguan fungsi seksual. Namun tentunya manfaat ini belum terbukti secara ilmiah.

Bagaimana menurut kamu tentang manfaat tape singkong di atas? Apakah tape singkong ini menjadi makanan kesukaanmu? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar