10 Penyebab Angin Duduk dan Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 16 Juni 2020 11:03
10 Penyebab Angin Duduk dan Cara Mengatasinya
Beberapa hal penyebab angin duduk bisa dikarenakan gaya hidup sehari-hari loh!

Penyebab masuk angin duduk ini ada bermacam-macam. Bisa dari kebiasaan hidup sehari-hari sampai dengan penyakit tertentu. Pernah mendengar kan istilah angin duduk, kan?

Angin duduk bisa juga disebut dengan angina yang mana satu kondisi gangguan di aliran darah yang menuju jaringan otot jantung. Angin duduk ini mengakibatkan rasa nyeri di dada seperti ditindih atau diteka. Biasanya muncul saat penderita sedang melakukan aktivitas yang mana saat jantung memompa darah lebih cepat.

1 dari 4 halaman

Penyebab Masuk Angin Duduk

Penyebab Angin Duduk © Diadona
Angina, angin duduk atau angina pectoris ini terjadi saat pembuluh darah jantung mengalami penyempitan. Pembuluh darah jantung koroner ini fungsinya mengalirkan darah yang kaya oksigen ke otot jantung sehingga jantung bisa memompa darah dengan baik.

Saat terjadi penyempitan, otomatis oksigen untuk otot jantung akan terganggu sehingga tidak bisa memompa darah dengan optimal. Keadaan ini juga biasa dikenal dengan penyakit jantung koroner. Itu kenapa kalau angin duduk tidak ditangani dengan baik, bisa terjadi komplikasi.

Penyebab masuk angin duduk ini karena adanya plak atau lemak yang menumpuk di pembuluh darah koroner (aterosklerosis). Saat ia sudah menyempit maka akan semakin menyempit saat penderitanya beraktivitas.

Ada juga penyebab angin duduk varian yang mana dikarenakan pembuluh darah koroner menyempit saat otot pembuluh darah menegang. Kalau tadi biasa terjadi saat berakitivitas, angin duduk varian ini bisa kapanpun, bahkan saat sedang istirahat.

2 dari 4 halaman

Adapun beberapa hal yang bisa memicu penyebab masuk angin duduk, antara lain:

1. Kebiasaan merokok

2. Kebiasaan minum alkohol

3. Faktor usia, biasanya laki-laki di umur 45 tahun sedangkan perempuan kebanyakan di usia 55 tahun ke atas

4. Ada riwayat keluarga yang pernah mengalami angin duduk

5. Obesitas

6. Tidak membiasakan diri berolahraga

7. Hipertensi

8. Kolesterol tinggi

9. Diabetes

10. Stres

3 dari 4 halaman

Penyebab Angin Duduk © Diadona

Angin duduk ini biasanya ditandai dengan nyeri dada seperti ditindih atau terkena tekanan benda berat. Tapi ternyata nyerinya nggak hanya di dada, bisa menyebar ke punggung, bahu, lengan, leher, rahang dan gigi. Adapun gejala lain yang muncul, seperti:

1. Mual

2. Keringat dingin

3. Pusing

4. Sesak napas

5. Lemas

4 dari 4 halaman

Penyebab Masuk Angin Duduk dan Cara Mengatasinya

Penyebab Angin Duduk © Diadona
Beberapa penyebab masuk angin duduk bisa juga karena penyakit, seperti diabetes atau hipertensi. Itu kenapa sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan diri jika mengalami gejala angin duduk.

Berikut ini beberapa resep obat yang biasa diberikan dokter seperti merangkum di alodokter.

1. Obat pengencer darah yang berfungsi untuk mencegah sel darah menggumpal, seperti aspirin, clopidogrel dan ticagrelor.

2. Obat penghambat beta yang mana berfungsi menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

3. Obat antagonis kalsium yang berguna melancarkan aliran darah jantung dan melemaskan sel-sel otot di dinding pembuluh darah, misalnya amlodipine dan diltiazem.

4. Obat ACE inhibitor yang bisa melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

5. Obat nitrat seperti nitrogliserin yang melemaskan pembuluh darah yang kaku sehingga bisa lancar menuju otot jantung.

6. Statin yang bisa bantu menurunkan kolesterol dalam darah.

7. Operasi angiplasti dengan memasang stend di pembuluh darah jantung yang merupakan prosedur utama dalam menangani sumbatan pembuluh darah koroner.

Jadi itulah beberapa faktor pemicu penyebab masuk angin duduk, gejala serta cara menanganinya. Kalau sudah tahu penyebabnya seperti itu, yuk mulai dihindari dengan terapkan gaya hidup sehat!

Beri Komentar