10 Penyebab Kanker Serviks Mulai dari Makanan Hingga Gen, Beserta Ciri-Cirinya

Reporter : Nasa
Selasa, 28 April 2020 20:35
10 Penyebab Kanker Serviks Mulai dari Makanan Hingga Gen, Beserta Ciri-Cirinya
Penyebab kanker serviks memang terdiri dari berbagai faktor, namun banyak di antaranya yang sering diremehkan oleh para perempuan.

Penyebab kanker serviks bisa datang dari berbagai faktor. Baik itu dari internal tubuh seperti kondisi tubuh, sampai dengan pola hidup yang tidak sehat. Kemudian juga terdiri dari faktor eksternal, yakni kondisi suatu pernikahan.

Dalam istilah kedokteran, kanker merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena pertumbuhan sel tubuh yang tidak terkendali. Sedang kanker serviks, atau yang biasa disebut dengan kanker leher rahim adalah kanker yang tumbuh dan berkembang di leher rahim wanita.

Prosentase kematian yang diakibatkan kanker serviks di seluruh dunia diketahui sangat tinggi. Untuk Indonesia sendiri, kanker serviks menjadi penyakit tertinggi kedua yang membunuh para perempuan di Indonesia setelah kanker payudara.

1 dari 14 halaman

Penyebab utama tingginya kematian perempuan akibat kanker serviks adalah karena seringnya terjadi keterlambatan penanganan. Kanker serviks sendiri, menjadi salah satu penyakit yang gejalanya sulit sekali untuk dikenali.

Makanya, seringkali, para perempuan divonis menderita kanker serviks ketika kondisinya telah mencapai pada tahap tengah. Untuk itu, alangkah lebih baiknya para perempuan bisa mencegah sejak dini, dengan mengenali penyebab kanker serviks yang sebenarnya bisa dihindari sejak dini.

2 dari 14 halaman

Berikut adalah penyebab kanker serviks yang bisa dihindari sejak dini :

Sejatinya, setiap wanita memiliki risiko terjangkit kanker serviks ini. Namun, terdapat beberapa faktor utama yang disinyalir kuat menjadi dalang utama dan memperbesar kemungkinan terserang kanker serviks. Untuk itu, berikut ini adalah 10 penyebab kanker serviks pada perempuan :

3 dari 14 halaman

1. Infeksi HPV (Human Pavilloma Virus)

Penyebab kanker serviks yang pertama adalah Virus HPV atau Human Pavilloma Virus merupakan jenis virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seks baik melalui vagina maupun oral. Infeksi dari virus HPV ini merupakan penyebab utama terjadinya kanker pada organ genital wanita seperti kanker vagina, serviks, endometrium dan ovari.

Lebih lanjut, HPV sebagai penyebab kanker serviks merupakan kumpulan dari berbagai jenis virus yang jumlahnya mencapai lebih dari 100 jenis virus. Dari ratusan jenis virus tersebut, HPV 16 dan 18 merupakan penyebab kanker serviks yang utama. Sebanyak 99% kasus terjadinya kanker serviks terjadi setelah adanya infeksi HPV.

Cara penyebaran virus HPV di antaranya adalah melalui interaksi dari kulit ke kulit seperti melalui hubungan seksual. Oleh karenanya, salah satu cara pencegahan penyebaran virus yang menjadi penyebab kanker serviks ini adalah dengan menggunakan pengaman saat berhubungan badan. Kemudian juga menghindari penggunaan jarum suntik bekas serta setia pada satu pasangan saja.

4 dari 14 halaman

2. Sering Gonta-Ganti Pasangan

Gonta-ganti pasangan juga bisa jadi penyebab terinfeksi virus HPV, yang menjadi salah satu penyebab kanker serviks. Seringnya berganti pasangan akan memberi risiko lebih tinggi untuk terserang kanker serviks pada perempuan.

Seperti yang diketahui, bahwa penyebaran virus HPV adalah melalui hubungan seksual. Sehingga semakin banyak pasangan, maka risiko terinfeksi virus ini juga akan semakin besar. Setia pada pasangan dan mendekatkan diri kepada tuhan tentunya akan dapat membantu untuk menghindari salah satu penyebab kanker serviks ini.

5 dari 14 halaman

3. Merokok

Berdasarkan sebuah riset, perempuan yang merokok memiliki resiko lebih besar untuk terserang kanker serviks. Seperti yang kita tahu, di dalam rokok terkandung zat adiktif yang menjadi pemicu utama tumbuhnya kanker.

Ternyata, selain risiko kanker paru-paru, sebuah riset menunjukan  bahwa ada kandungan tembakau yang ditemukan pada leher rahim wanita yang merokok. Tentunya kandungan ini bisa memicu timbulnya kanker pada leher rahim. Maka dari itu, merokok juga bisa menjadi penyebab kanker serviks.

6 dari 14 halaman

4. Hubungan Seks Pada Usia Dini

Kemudian penyebab kanker serviks selanjutnya adalah pernikahan dini. Namun demikian, bukan pernikahan dini yang menjadi penyebab, tapi hubungan seksual yang terlalu dini yang menjadi penyebab kanker serviks.

Pada usia dibawah 17 tahun, organ reproduksi belum berkembang secara sempurna, sehingga sel-sel nya belum tumbuh dengan lengkap. Sehingga wanita yang melakukan hubungan seksual di bawah usia 17 tahun 2 kali lebih rentan untuk terkena kanker serviks.

Maka dari itu, menjadi sangat penting untuk memberikan pendidikan seksual sedini mungkin bagi remaja perempuan.

7 dari 14 halaman

5. Penggunaan Pil KB

Penggunaan pil KB dalam jangan panjang juga menjadi penyebab kanker serviks. Sebuah riset menunjukkan bahwa penggunaan alat kontrasepsi berupa pil KB akan memberikan risiko terjadinya kanker serviks.

Hal tersebut ternyata berpengaruh kepada kesehatan leher rahim. Risiko terserang kanker serviks akan turun jika penggunaan pil KB juga di hentikan. Oleh karenanya, memilih alternatif lain sebagai alat kontrasepsi menjadi pilihan yang bijak.

Karena banyak sekali jenis kontrasepsi selain pil KB yang dapat dipilih. Namun jika memang benar benar terpaksa harus menggunakan pil KB, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

8 dari 14 halaman

6. Gen / Riwayat Keturunan

Penyebab kanker serviks yang keenam adalah gen atau riwayat keturunan. Kemungkinan terserang kanker serviks akan menjadi lebih besar seiring dengan adanya riwayat keluarga yang pernah terserang kanker tersebut. Jika ibu, saudara perempuan atau saudara lain anda pernah terkena penyakit ini, maka kemungkinan anda untuk terserang kanker serviks menjadi lebih besar.

Hal ini disebabkan karena adanya kesamaan sistem imun dan daya tahan tubuh. Sehingga kemungkinan infeksi juga akan setara. Perempuan yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ini akan memiliki kemungkinan 2 kali lipat terserang dibandingkan dengan perempuan tanpa riwayat penyakit ini.

Jadi jika keluarga anda memiliki riwayat penderita kanker serviks maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan rutin pap smear. Dengan melakukan pemeriksaan pap smear, jika ada sel-sel pada leher rahim yang tumbuh tidak terkendali akan bisa segera terdeteksi.

9 dari 14 halaman

7. Rendahnya Sistem Imun Tubuh

Perempuan dengan sistem imun rendah akan lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit. Tak heran jika rendahnya sistem imun tubuh juga menjadi bagian dari penyebab kanker serviks. Ketika virus HPV menginfeksi bagian leher rahim tentunya akan melemahkan sistem imun.

10 dari 14 halaman

8. Obesitas

Kelebihan berat bada bukan hanya meningkatkan risiko penyakit seperti gagal jantung dan paru-paru. Nyatanya, obesitas pada wanita juga menjadi salah satu penyebab kanker serviks. Wanita penderita obesitas memiliki resiko lebih besar untuk bisa terserang kanker serviks.

Oleh karenanya, selalu jaga berat badan tubuh agar ideal. Lakukan olah raga rutin seperti lari lari kecil atau juga bisa dilakukan dengan senam rutin.

Selain itu, obesitas yang disebabkan oleh kelebihan asupan makanan juga menjadi penyebab kanker serviks. Nyatanya, ada beberapa makanan yang diketahui memperbesar kemungkinan terserang kanker serviks pada perempuan.

Berikut ini merupakan makanan penyebab kanker serviks pada perempuan :

  • Makanan dengan kandungan lemak ‘jahat’
  • Makanan olahan dan cepat saji
  • Makanan dengan kandungan serat dan vitamin rendah
  • Alkohol

11 dari 14 halaman

9. Memiliki Anak Pada Usia Terlalu Dini dan Melahirkan Anak Lebih dari 7 Kali

Terdapat sebuah riset yang menunjukan bahwa perempuan yang punya banyak anak, tepatnya wanita yang melahirkan lebih dari 7 kali memiliki risiko terkena kanker serviks lebih besar dibanding wanita yang melahirkan dibawah 7 kali.

Meski riset tersebut belum terdapat bukti secara empiris, namun berdasarkan hasil dari responden. Menunjukan bahwa sistem imun dan kondisi leher rahim sangat rentan terkena infeksi jika melahirkan lebih dari 7 kali. Tak heran jika kondisi ini juga menjadi penyebab kanker serviks.

Selain itu, semakin dini usia perempuan saat melahirkan anak pertama juga semakin memperbesar risiko terserang kanker serviks. Hal ini berkorelasi dengan penyebab kanker serviks lainnya yaitu melakukan hubungam seksual pada usia dini.

12 dari 14 halaman

10. Kurangnya Asupan Buah dan Sayur Segar

Penyebab kanker serviks kali ini adalah kurangnya mengkonsumsi buah dan sayur segar. Wanita yang kurang mengkonsumsi buah dan sayur segar ternyata memiliki resiko 2 kali lipat lebih besar untuk terserang kanker leher rahim.  

Padahal, buah dan sayuran segar diketahui merupakan salah satu sumber makanan anti kanker. Kandungan betakaroten dan antioksidan tinggi dapat menangkal radikal bebas, dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Perbanyak sayuran hijau dan buah segar agar dapat memperkecil kemungkinan terserang kanker serviks.

13 dari 14 halaman

10 penyebab kanker serviks di atas bisa kamu hindari sejak dini. Selain memahami dan menghindari penyebab kanker serviks ini, kamu juga bisa langsung berkonsutasi dengan dokter. Apalagi jika kamu merasa sudah berada pada kondisi pada poin-poin tersebut.

Namun demikian, kamu bisa waspada sejak dini dengan memahami ciri-ciri kanker serviks. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ciri-ciri kanker serviks sebenarnya cukup sulit untuk dikenali. Mengingat gejalanya juga sangat mirip dengan sejumlah penyakit lainnya.

Tapi kamu bisa waspada dan mawas diri jika tubuhmu mengalami ciri-ciri di bawah ini. Jika kamu mayoritas mengalami ciri-ciri kanker serviks di bawah ini, alangkah baiknya kamu mengambil tindakan untuk berkonsultasi langsung pada dokter.

14 dari 14 halaman

Berikut ini merupakan ciri-ciri atau gejala kanker serviks :

  • Pendarahan vagina yang tidak normal
  • Mengalami keputihan yang tidak biasa
  • Rasa nyeri saat berhubungan intim
  • Frekuensi buang air kecil meningkat
  • Mudah lelah
  • Pembengkakan di salah satu tungkai
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mengalami sembelit
  • Bercak darah di urine (hematuria)
  • Keluar urine atau fases dari vagina

Nah itu dia 10 penyebab kanker serviks mulai dari makanan hingga gen, beserta ciri-cirinya. Dengan memahami penyebab kanker serviks beserta ciri-cirinya, diharapkan para perempuan bisa semakin waspada dan bisa menghindari penyebab kanker serviks sedini mungkin.

Beri Komentar