10 Penyebab Wanita Susah Hamil Anak Kedua padahal Haid Lancar

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 25 Agustus 2020 19:47
10 Penyebab Wanita Susah Hamil Anak Kedua padahal Haid Lancar
Bila sudah terlalu lama menunggu dan berharap buah hati, coba deh perhatikan adanya kemungkinan penyebab wanita susah hamil berikut ini!

Beberapa hal terkait dengan ketidaksuburan wanita memiliki gejala seperti menstruasi yang nggak teratur dan kram menstruasi yang parah. Tapi, sebagian besar penyebab wanita susah hamil tidak diketahui. Belum lagi ditambah fakta kalau infertilitas pada pria seringnya tanpa gejala.

Para ahli menyebut bahwa ada kemungkinan 30 persen seseorang bakalan hamil di satu bulan pertama setelah menikah. Pada tiga bulan pertama, kemungkinannya bakalan naik sebanyak 50 persen.

Setelah enam bulan pertama, kemungkinan hamil naik menjadi 75 persen. Sehingga dalam setahun, total seseorang akan hamil yakni mencapai 85 persen.

Poin pentingnya sih kalau keduanya melakukan hubugan seksual secara teratur yakni dua sampi emapt kali seminggu. Dan bila seseorang nggak punya masalah haid namun belum juga hamil, mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk cari tahu penyebab wanita susah hamil.

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Wanita Susah Hamil

Penyebab Wanita Susah Hamil © Diadona

Dikutip dari Very Well Family, ada beberapa kemungkinan penyebab wanita susah hamil, antara lain:

Nggak Mencoba Cukup Lama

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memutuskan penyebab wanitsa susah hamil, yakni dengan mengukur lama waktu kapan pasangan tersebut sudah berusaha.

Sekitar 80 persen pasangan hamil setelah 6 bulan mencoba, dan sekitar 90 persen hamil setelah melakukan program kehamilan selama setahun. Dalam catatan semua hal perkara waktu berhubungan intim sudah terpenuhi ya!

Nah kalau usia program kehamilan kamu belum terlalu lama, coba kasih waktu sampai satu bulan untuk cari tahu penyebab wanita susah hamil.

Nggak Berovulasi

dikutip dari Very Well Family, dalam kehamilan dibutuhkan sel telur dan sperma. Kalau wanita nggak berovulasi, tentu saja akan berpengaruh pada fertilitasnya.

Salah satu penyebab wanita susah hamil yakni karena sindrom Polikistik Ovarian. Alasan lainnya mungkin karena kelebihan atau kekurangan berat badan, insufisiensi ovarium primer , disfungsi tiroid, hiperprolaktinemia, dan olahraga berlebihan.

Kondisi trsbeut biasanya ditandai dengan masalah ovulasi yang nggak teratur. Tapi tahu nggak sih kalau siklus menstruasi yang teratur nggak menjamin terjadinya ovulasi.

Usia

Wanita yang beurmur lebih dari 35 tahun dan pria berumur di atas 40 tahun membutuhkan waktu dan ussaha yang lebih banyak untuk hamil. Beberapa wanita beranggapan kalau mereka masih menstruasi dengan teratur, tandanya mereka masih bisa hamil. Sayangnya, anggapan ini nggak selalu demikian.

Usia bisa jadi penyebab wanita susah hamil karena mempengaruhi kualitas dan kuantitas sel telur. Ditambah kalau pihak laki-laki yang berumur lima tahun lebih tua, bisa berpengaruh juga pada tingkat kesuburan.

Tersumbatnya Tuba Falopi

Saluran tuba adalah jalur antara ovarium dan rahim. saluran tuba nggak langsung menempel ke ovarium, makanya sperma harus berenang dari leher rahim, melalui rahim, dan masuk ke saluran tuba.

Saat telur dilepaskan dari ovarium, proyeksi seperti rambut dari tuba falopi menarik telur ke dalam. Pembuahan terjadi di dalam tuba falopi, tempat sel sperma dan sel telur akhirnya bertemu,

Endometriosis

Endometriosis adalah ketika jaringan mirip endometrium (yang merupakan jaringan yang melapisi rahim) tumbuh di tempat-tempat di luar rahim. Diperkirana endometrium adalah 50 persen penyebab wnaita susah hamil.

Gejala endometriosis yang paling umum termasuk menstruasi yang sakit dan nyeri panggul pada saat-saat selain menstruasi. Tapi, nggak semua wanita dengan endometriosis mengalami gejala tersebut. Karena ada beberapa wanita yang malah baru tahu kalau terkena endometrisis setelah memeriksakan apa penyebab wanita susah hamil.

Masalah Medis

Kondisi medis yang mendasari dapat menyebabkan kemandulan baik pada pria maupun wanita. Misalnya, ketidakseimbangan tiroid atau diabetes yang tidak terdiagnosis dapat menyebabkan kemandulan.

Contoh lainnya, bahwa depresi dikaitkan juga dengan penyebab wanita susah hamil,

Penyebab Lain yang Nggak bisa Dijelaskan

Antara 10% dan 30% pasangan tidak subur tidak pernah tahu mengapa mereka tidak bisa hamil. Beberapa dokter menyatakan ini karena diagnosis yang belum ketemu.

Faktanya, memang ada beberapa pasangan yang nggak mendapatkan jawaban dari kondisi mereka.

Infertilitas pada Pria

Wanitalah yang hamil, tapi dibutuhkan dua ornag untuk membuat kehamilan itu terjadi. Sebanyak 20 sampai 30 persen ketidaksuburan sebenarnya ada pada pria, sementara 40 persen berada pada keduanya.

Hal yang penting banget diketahui kalau infertilitas pria jarang memiliki gejala yang bisa diamati tanpa analisis air mani. Sehingga kalau mau memeriksakan apa penyebab wanita susah hamil, jangan lupa periksakan pria nya juga ya!

2 dari 3 halaman

Penyebab Susah Hamil padahal Haid Lancar

Penyebab Wanita Susah Hamil © Diadona

Untuk wanita yang berharap buat hamil, sebenernya menstruasi yang teratur dan normal nggak menjamin kalau mereka benar-benar berovulasi. Menurut penelitian Kanada yang dikutip dari National post, sepertiga dari siklus menstruasi yang normal mungkin bahkan berlangsung tanpa sel telur.

Tidak Berovulasi

Anovulasi atau tidak berovulasi disebabkan karena ketidakseimbangan hormon yang nggak sehat, yang mengancamkesuburan wanita dan meningkatkan risiko kehilangan tulang, serangan jantung dini dan kanker payudara.

Dan penyebab wnaita suah hamil karena anovulasi ini bisa karena stres. Para peneliti percaya kalau tidak berovulasi sebenarnya merupakan respons evolusioner untuk mencegah wanita hamil ketika hidup sedang kacau.

3 dari 3 halaman

Penyebab Susah Hamil Anak Kedua

Penyebab Wanita Susah Hamil © Diadona

Setelah hamil anak pertama, kadang banyakorang mengira akan mudha untuk hamil anak kedua. Tapi ternyata itu nggak selalu benar. Ada banyak pasangan yang berjuang dengan keras untuk punya anak lagi lho..

Dan dikutip dari Health Essentials Cleveland Clinic, beberap penyebab wanita susah hamil untuk kedua kalianya, yakni:

Berumur Lebih dari 35 Tahun

Wanita yang berusia di pertengahan hingga kahir 30-an mungkin mengalami masalah infertilitas ekunder karena sel telur yang hilang seiring dengan pertambahnya usia,

Perubahan hormon dan risiko penyakit tertentu juga meningkat seiring bertambahnya usia, dan keduanya dapat memengaruhi kesuruburan dan penyebab wanita susah hamil, lho.

Jumlah Sperma Pria yang Rendah

tahu nggak sih kalau usia, kesehatan, atau pengobatan terkadang memengaruhi kualitas atau kuantitas sperma. Tapi masih ada banyak hal tentang praktek umum yang bisa menurunkan produksi sperma dan jadi penyebab wanita susah hamil, diantaranya:

  • Mengonsumsi suplemen testosteron.
  • Membuat testis terkena panas.

Merokok

Merokok memang nggak baik untuk kesehatan keseluruhan, tapi juga bisa merusak kesuburan. Wanta yang merokok lebih mungkin mengalami kemandulan karena bisa merusak telur dan menyebabkan masalah ovulasi.

Menunggu itu bagus, tapi jangan terlalu lama untuk segera cari tahu apa penyebab wanita susah hamil. Pertimbangkan untuk muali berkonsultasi dengan dokter kalua sudah mencoba selam asetahun namun tak kunjung membuahkan hasil ya!

Beri Komentar