11 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Kesuburan dan Kecantikan Ibu Hamil

Health | Senin, 24 Mei 2021 15:15

Reporter : Sheila Fathin

Buah Kesemek adalah buah yang enak untuk dikonsumsi

Manfaat buah Kesemek kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang masing-masing punya efek samping yang baik untuk kesehatan. Vitamin C di sini membantu mendukung sistem kekebalan dan melindungi dari penyakit jantung. Kesemek juga tinggi serat makanan larut, yang memperlambat pencernaan karbohidrat, mencegah lonjakan gula darah.

Buah kesemek sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu astringent dan non astringent. Kesemek non-astringent dapat dimakan selagi keras atau setelah melunak. Kesemek astringent hanya boleh dimakan setelah matang sepenuhnya, menjadi lembut dan warnanya pekat.

11 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Kesuburan dan Kecantikan Ibu Hamil
2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Manfaat buah KesemekManfaat buah Kesemek © 2021 freepik

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah kesemek dapat membantu menjaga arteri tetap bersih dan mengurangi risiko penyakit jantung. Salah satu komponen kesemek, seratnya yang kaya tanin, terbukti sangat efektif dalam mengobati kolesterol tinggi.

Kesehatan Mata

Kesemek memberikan manfaat untuk kesehatan mata kamu. Satu porsi mengandung lebih dari setengah asupan harian vitamin A yang direkomendasikan, yang penting untuk penglihatan. Selain itu, kulit kesemek kaya akan lutein yang dikenal dapat membantu melindungi dari penyakit mata.

Pencegahan Diabetes dan Mengurangi Risiko Komplikasi

Manfaat buah kesemek mengandung flavonoid yang terbukti memiliki sifat antidiabetes dan antioksidan. Buah kesemek melindungi dari pembentukan produk akhir glikasi lanjutan (AGEs), senyawa berbahaya yang terbentuk ketika protein atau lemak bergabung dengan gula dalam darah. AGEs telah dikaitkan dengan timbulnya diabetes dan komplikasi kesehatan jangka panjang akibat penyakit tersebut.

Buah Kesemek Dapat Meningkatkan Kesehatan Sendi

Manfaat buah kesemek sendiri dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, manfaatnya dapat meluas hingga menciptakan efek positif pada kesehatan sendi. Mereka juga dapat melindungi dari artritis.

Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Dapat melindungi tubuh dari risiko kanker, manfaat buah kesemek memiliki potensi efek anti-karsinogenik. Buah kesemek dapat melindungi dari kanker berkat kaya akan flavonoid dan karotenoid, seperti beta-karoten, yang mungkin sangat bermanfaat dalam melawan kanker paru-paru dan kolorektal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesuburan Ibu Hamil

Manfaat buah KesemekManfaat buah Kesemek © 2021 freepik

Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Janin

Kaya akan kalsium dan fosfor, manfaat buah kesemek yang dikonsumsi selama masa kehamilan adalah membantu mendorong pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi yang belum lahir. Selain itu, kesemek juga membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat.

Mengobati Anemia

Kandungan zat besi dalam kesemek membantu mencegah risiko anemia selama kehamilan. Makan buah selama kehamilan membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dan mencegah efek samping anemia, seperti kelelahan dan pusing.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makan kesemek memberikan manfaat yang bagus selama masa kehamilan. Manfaat buah kesemek adalah memperkuat sistem kekebalan secara substansial. Memiliki kandungan vitamin A dan karoten dalam buah membantu memperkuat penglihatan dan otot jantung. Ditambah memperlancar fungsi proses tubuh beserta meningkatkan kekebalan tubuh secara substansial.

Membantu Melawan Flu

Kesemek populer sebagai obat tradisional untuk melawan flu. Buah ini juga membantu untuk meredakan cegukan dan efek sampingnya selama kehamilan

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kesemek untuk Kecantikan

Manfaat buah KesemekManfaat buah Kesemek © 2021 freepik

Buah kesemek ternyata memiliki pengaruh juga untuk kecantikan kulit kita. Apa saja kira-kira manfaatnya?

Menjaga Elastisitas Kulit

Dalam kosmetik, ekstrak kesemek digunakan karena kemampuannya untuk memperlambat glikasi, fenomena yang merusak jaringan kulit. Manfaat buah kesemek juga melindungi kulit dari penuaan, meningkatkan kekenyalan dan elastisitasnya.

Melindungi dari Penuaan Dini

Selain vitamin C menjadi salah satu antioksidan paling efektif dalam melindungi sistem kekebalan, vitamin C juga merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk kesehatan kulit. Vitamin lain seperti A dan K - yang menjaga kesehatan kulit, mengurangi kerutan dan menghambat penuaan - juga terdapat pada buah manis, disertai dengan beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein, yang juga berperan sebagai antioksidan. Manfaat buah kesemek seperti yang telah dikatakan bahwa peran antioksidan untuk memerangi efek berbahaya yang diciptakan oleh radikal bebas untuk melindungi dari pembentukan penyakit dan infeksi.

Manfaat buah kesemek sendiri sangat berguna tidak hanya untuk kesehatan ibu hamil. Namun, kesemek sendiri memberikan efek yang bagus untuk kecantikan kulit tubuh kita sendiri.

Join Diadona.id