11 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan dan Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Health | Rabu, 31 Maret 2021 12:16

Reporter : Novi Hardita Larasati

Dibalik rasanya yang manis, ternyata manfaat buah rambutan untuk kesehatan dan ibu hamil cukup beragam lho, guys.

DiaZens, siapa nih yang suka makan buah berbentuk unik ini? Yaps, rambutan memang menjadi salah satu buah yang hanya tumbuh di kawasan tropis saja, termasuk Indonesia. Meski bentuk fisiknya tidak lazim dibanding buah kebanyakan, namun tak sedikit orang yang mengaku suka dengan buah rambutan.

Bahkan, kabarnya nih buah rambutan menyimpan segudang manfaat lho untuk kesehatan dan ibu hamil. Hayo, kira-kira kamu sudah tahu belum apa saja manfaat buah rambutan yang mudah didapatkan di pasar ini?

Kalau belum, berikut kami telah merangkum beberapa manfaat buah rambutan untuk ibu hamil dan kesehatan dari berbagai sumber.

11 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan dan Ibu Hamil yang Jarang Diketahui
2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah RambutanManfaat Buah Rambutan © pixabay.com/id/users/6437364

Seperi diketahui, bahwa buah rambutan mengandung zat besi, nutrisi, dan fosfor penting untuk mencegah mual, membersihkan ginjal serta memperbaiki sistem pencernaan pada masa kehamilan. Adapun manfaat buah rambutan untuk ibu hamil ialah sebagai berikut:

1. Meredakan Mual dan Pusing

Mual dan pusing tentu sering dialami oleh ibu hamil khususnya pada trimester pertama. Namun, manfaat buah rambutan ini justru bisa membantu meredakan gejala tersebut di masa kehamilan.

Hal ini dikarenakan rasa manis dalam buah rambutan, sehingga mengkonsumsi jenis buah yang satu ini dapat membantu perut Moms lebih tenang selama masa awal kehamilan.

2. Mengontrol Tekanan Darah dan Kolesterol

Selain meredakan mual dan pusing, manfaat buah rambutan untuk ibu hamil juga dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi serta mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan tangan dan kaki atau edema selama proses kehamilan. Ohiya, mengkonsumsi rambutan pun bagus untuk mengatasi masalah kesehatan ibu hamil daripada memberikan obat-obatan lho, DiaZens.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh pada Ibu Hamil

Sebagai informasi, bahwa ibu hamil memiliki sistem kekebalan atau imunitas yang lemah sehingga rentan terhadap beberapa penyakit dan infeksi.

Akan tetapi, dikarenakan buah yang satu ini mengandung tembaga yang dapat produksi sel darah putih untuk melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Maka, manfaat buah rambutan berikutnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa kehamilan.

Walaupun ibu hamil diperbolehkan konsumsi buah rambutan, namun Moms tetap harus perhatikan tingkat kematangan buah yang satu ini. Pasalnya, rambutan yang terlalu matang mengandung alcohol terbukti berbahaya bagi ibu dan janin.

Selain itu, buah rambutan yang terlalu matang pun mengandung kadar gula yang tinggi yang akhirnya berdampak  menaikan risiko diabetes gestasional.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Ilustrasi Berat BadanIlustrasi Berat Badan © pexels.com/@ketut-subiyanto

Selain untuk ibu hamil, buah rambutan juga punya manfaat untuk kesehatan bagi tubuh. Salah satunya yaitu dapat menurunkan berat badan. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk, simak ulasan di bawah ini.

4. Menurunkan Berat Badan

Sama seperti kebanyakan buah lainnya, ternyata manfaat buah rambutan juga bisa membantu kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, lho!

Sebab, dalam 100 gram buah rambutan mengandung 75 gram kalori dan 2 gram serat. Melansir dari Nutrition Review, menyebutkan bahwa kandungan serat yang tinggi dalam rambutan bisa memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga hal ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Hal ini disebabkan karena serat larut yang ada di dalam buah rambutan akan membentuk gel di usus. Gel tersebutlah yang memberikan efek kenyang lebih lama, karena bisa memperlambat penyerapan nutrisi di dalam usus.

5. Membersihkan dan Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan yang tak kalah menariknya ialah membantu menjaga fungsi ginjal. Ginjal sendiri merupakan organ penting dalam proses detoksifikasi tubuh. Jadi, kalau organ ini mengalami gangguan, bukan tidak mungkin racun-racun dalam tubuh akan menyebar serta mengganggu jaringan tubuh lainnya.

Akan tetapi, dengan kandungan zat fosfor dalam rambutan memiliki kemampuan dalam menyaring racun yang dihasilkan oleh tubuh. Sehingga, hal inilah yang akan membantu serta mempermudah kerja ginjal dalam proses detoksifikasi.

4 dari 5 halaman

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Ilustrasi DiabetesIlustrasi Diabetes © diabetes.co.uk

Menurut jurnal Nutriens, bahwa senyawa fenolik yang ada di dalam kulit rambutan ternnyata bisa menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, penelitian tersebut hanya diuji menggunakan tikus bukan terhadap manusia.

Sehingga, untuk membuktikan manfaat buah rambutan dari kandungan senyawa tersebut masih diperlukan pengujian lebih lanjut terhadap manusia.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan vitamin C pada rambutan memang terbilang tinggi. Tapi, apa hubungannya dengan penyakit jantung dan rambutan? Jadi, salah satu penyebab utama timbulnya penyakit jantung adalah karena rusaknya dinding pembuluh darah.

Namun, oeran vitamin C pada buah rambutan berperan sebagai pencegah terjadinya kerusakan itu, sehingga risiko munculnya penyakit jantung juga lebih kecil.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Pengeroposan tulang merupakan kondisi yang pasti akan dihadapi oleh semua orang, seiring bertambahnya usia. Tapi kamu gak usah khawatir, sebab risiko tersebut bisa dihindari dengan mengganti pola hidup yang lebih sehat dengan olahraga serta konsumsi makanan sehat.

Konsumsi buah-buahan, seperti rambutan pun bisa memberikan efek terhadap kesehatan serta kepadatan tulang, lho. Yaps, manfaat buah rambutan yang satu ini dikarenakan kandungan kalium di dalam rambutan yang dapat menjaga kepadatan tulang.

Sehingga, dengan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin, rambutan bisa membantu kamu dalam mencegah perombakan tulang dan osteoporosis.

5 dari 5 halaman

9. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Ilustrasi Sistem PencernaanIlustrasi Sistem Pencernaan © shutterstock.com/vectorfusionart

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan pencernaan karena kandungan serat buah yang satu ini cukup tinggi.

Menariknya lagi, ada sekitar setengah dari serat di dalam daging buah rambutan tidak larut, sehingga hal ini bisa langsung melewati usus tanpa perlu dicerna. Nah, serat yang tidak larut tersebut bisa menambah kotoran dalam tinja serta membantu mempercepat kerja usu dan dapat mengurangi sembelit.

Sedangkan untuk serat yang larut bisa menjadi makanan pada bakteri baik di dalam usus. Nantinya, bakteri ini pun bisa memproduksi asam lemak seperti propionat, asetat, dan butirat.

10. Membantu Mengatasi Infeksi

Selain untuk kesehatan pencernaan, manfaat buah rambutan juga dipercaya bisa membantu melawan infeksi di dalam tubuh. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C di dalam buah rambutan dapat mendorong produksi sel darah putih yang berperan untuk meredakan infeksi.

Bahkan, selama ratusan tahun kulit rambutan kerap dijadikan obat untuk melawan infeksi, lho. Menurut sebuah studi di laboratorium menyebutkan bahwa, kulit rambutan mengandung senyawa yang bisa melindungi tubuh dari virus serta bakteri.

11. Mengatasi Hipertensi

Darah tinggi atau hipertensi bisa menjadi awal pemicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya. Nah, salah satu solusi alami untuk mengatasi kondisi tersebut yaitu dengan memenuhi kebutuhan harian vitamin C.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa kandungan vitamin C dalam rambutan terbilang tinggi, sehingga manfaat buah rambutan cocok dikonsumsi untuk kamu yang mengalami masalah hipertensi.

Itulah deretan manfaat buah rambutan untuk kesehatan dan ibu hamil yang masih belum banyak diketahui orang. Semoga setelah mengetahui informasi di atas, kamu jadi suka konsumsi buah rambutan, ya!

Join Diadona.id