11 Manfaat Kacang Kedelai Rebus dan Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh

Reporter : Sheila Fathin
Sabtu, 3 April 2021 13:19
11 Manfaat Kacang Kedelai Rebus dan Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh
Banyak sekali manfaat dari kacang kedelai yang wajib kamu ketahui, karena memang sebagus itu untuk tubuh.

Manfaat kacang kedelai selain tinggi akan kandungan protein, kacang kedelai juga kaya akan lemak jenuh, serat, antioksidan, asam lemak Omega-3, dan fitoestrogen. Kacang kedelai juga sering dikonsumsi oleh orang-orang vegetarian sebagai pengganti dari daging. 

Makanan yang mengandung kedelai juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh. Jenis-jenis kedelai yang sering kita konsumsi dalam keseharian kita adalah tahu, tempe, susu kedelai, kecap, dan bubuk kedelai. Dilansir dari HealthifyMe, memasukkan kedelai dalam makanan harian kamu dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kamu dari luar hingga dalam. Nah, Diadona kali ini akan membagikan manfaat dari kacang kedelai yang belum kamu ketahui. Simak baik-baik, ya!

 

1 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kacang Kedelai

Manfaat Kacang Kedelai © Diadona

Kandungan seperti Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam susu kacang kedelai mampu memberikan manfaat kesehatan yang penting untuk tubuh. Berikut manfaat susu kacang kedelai bagi tubuh : 

Kesehatan Otak

Kaya akan lemak omega 3 dalam susu kacang kedelai, mampu membantu penurunan risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Selain itu, susu kacang kedelai merupakan sumber asam lemak omega-3 non hewani terbaik untuk menjaga kesehatan otak kamu. 

Mengurangi Efek Menopause

Isoflavones adalah komponen penting bagi sistem reproduksi wanita yang terdapat dalam Kacang Kedelai. Wanita tentunya akan mengalami menopause yang membuat hormon estrogennya menurun drastis. Hal ini dapat menyebabkan beberapa gejala seperti kram perut, rasa lapar yang tinggi, suasana hati yang tinggi dan lain sebagainya. Dengan mengkonsumsi susu kacang kedelai dalam makanan harian kamu, susu kacang kedelai akan membantu meredakan gejala menopause.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Susu kacang kedelai dapat membantu dan mendukung sistem kardiovaskular. Susu ini juga merupakan sumber kalium terbaik. Kalium sendiri memiliki efek yang bagus yaitu untuk menjaga tekanan darah rendah dan denyut nadi agar teratur. Susu kedelai juga dianggap sebagai minuman penurun kadar kolesterol.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Kedelai Rebus

Manfaat Kacang Kedelai © Diadona

Sama halnya dengan susu kacang kedelai, bedanya kacang kedelai ini apabila ingin mengkonsumsinya bisa direbus. Selain tinggi protein dan serat, kacang kedelai rebus juga enak dijadikan cemilan yang bergizi. Ditambah lagi kacang kedelai rebus bisa mengurangi terjadinya penyakit seperti penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar prostat.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Kedelai Bagi si Ibu Hamil

Manfaat Kacang Kedelai © Diadona

Memasukkan kedelai ke dalam asupan nutrisi kamu saat hamil sangatlah disarankan.  Ibu hamil bisa menikmati kedelai dalam jumlah sedang. Nah, berikut ini manfaat dari kacang kedelai bagi Ibu Hamil :

Asupan Asam Folat dan Vitamin B Kompleks

Kita semua tahu bahwa ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bayi yang sedang dikandungnya. Manfaat kacang kedelai bagi ibu hamil sangat dibutuhkan karena di dalam kacang kedelai asam folat dan Vitamin B kompleks sangat penting bagi ibu hamil.

Mencegah Cacat Tabung Saraf

Tahukah kamu apakah cacat tabung saraf itu? Cacat tabung saraf atau spina bifida adalah cacat lahir yang terjadi akibat gangguan pada proses pembentukan tabung saraf pada bayi saat di dalam kandungan. Sebagai makanan dengan kandungan protein organik, kacang kedelai mampu membantu mencegah cacat tabung saraf atau spina bifida yang terjadi pada bayi.

Membantu Proses Persalinan

Ibu hamil benar-benar harus menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuhnya. Biasanya, ibu hamil sering mengalami yang namanya mual-mual apabila makanan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan selaranya. Mengkonsumsi kacang kedelai mampu mencukupi nutrisi kamu. Selain itu juga efek dari  mengkonsumsi kacang kedelai secara rutin juga mampu membantu proses persalinan terjadi lancar. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kacang Kedelai © Diadona

Banyak sekali manfaat kacang kedelai untuk tubuh. Diantaranya adalah : 

Mengurangi Gangguan Tidur

Manfaat kacang kedelai yang belum banyak diketahui oleh banyak orang adalah kacang kedelai mampu membantu mengurangi gangguan tidur. Pasalnya, kacang kedelai sendiri memiliki kandungan magnesium dalam jumlah yang cukup tinggi yang mana kandungan tersebut dipercaya mampu meningkatkan kualitas, ketenangan dan durasi tidur kamu. 

Mengurangi Diabetes

Manfaat kacang kedelai bagi kesehatan adalah untuk mencegah diabetes. Kedelai sendiri menurut beberapa penelitian memiliki kemampuan untuk meningkatkan reseptor insulin di dalam tubuh kamu, lho. Dengan hasil yang secara efektif mampu mencegah terjadinya diabetes sejak awal atau mampu menyembuhkan penyakit secara efektif jika kamu sudah mengalaminya. Selain itu, kacang kedelai memiliki kandungan karbohidrat yang rendah yang membuatnya sebagai golongan bahan makanan anti-diabetes.

Perlu diketahui juga manfaat kacang kedelai dapat menjaga kadar gula darah kamu dan menjaganya tetap stabil dalam tubuh. Pasalnya kandungan dari kacang kedelai terdapat isoflavones yang mampu membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang memungkinkan sel untuk menyerap lebih banyak glukosa dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi protein nabati atau kacang kedelai, memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Apalagi manfaat dari kacang kedelai sendiri mampu menjaga tulang lebih kuat dan sehat karena tingginya kadar dari zinc, selenium, copper, magnesium, dan kalsium  yang bagus untuk tubuh. 

Semua kandungan yang terdapat pada kacang kedelai mampu meningkatkan aktivitas  osteotrophic yang mana memungkinkan tulang baru tumbuh dan memperkuat tulang yang sudah ada. Selain itu, mengkonsumsi kacang kedelai mampu membantu merawat tulang yang sedang mengalami cedera dan osteoporosis.

Memperlancar Metabolisme

Kacang kedelai memiliki serat yang cukup tinggi. Sehingga manfaat kacang kedelai mampu untuk meningkatkan proses metabolisme yang terjadi di dalam perut. Serat sendiri sangat penting untuk proses sistem pencernaan. Serat membantu untuk melancarkan proses pengeluaran feses akibat dari proses perangsangan gerakan peristaltik dalam tubuh. 

Selain itu manfaat kacang kedelai bagi metabolisme dengan adanya kandungan oligosakarinda yang diketauhi dikenal sebagai kabohidrat yang mampu merangsang pertumbuhan bakteri usus yang sehat atau prebiotik.

Untuk Diet dan Terhindar dari Obesitas

Tentunya kamu tidak ingin memiliki badan yang gendut hingga obesitas bukan? Kamu bisa merubah pola hidupmu dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Kaya akan serat dan tinggi protein, kacang kedelai memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. 

Selain itu, manfaat kacang kedelai membantu kamu diet dan mencapai bentuk badan ideal kamu. Diet membutuhkan asupan protein yang sangat banyak. Sehingga, protein dalam kacang kedelai mampu membuat pertumbuhan otot kamu maksimal dan lebih ramping. Pasalnya, protein juga bisa membuat kamu tetap kenyang seharian.

Manfaat kacang kedelai sangat beragam, karena kacang kedelai sendiri banyak mengandung kandungan-kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Ditambah lagi cara mengkonsumsinya bisa dilakukan dengan cara direbus, dimasak atau dibuat susu. 

Beri Komentar