11 Manfaat Minum Teh Hijau Tanpa Gula di Pagi Hari

Reporter : Sheila Fathin
Rabu, 7 April 2021 17:27
11 Manfaat Minum Teh Hijau Tanpa Gula di Pagi Hari
Teh adalah minuman populer di seluruh dunia dan disebut-sebut sebagai minuman yang menyehatkan.

Manfaat Minum Teh telah diteliti sejumlah pakar di mana dikatakan bahwa teh memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Dan sekarang tampaknya, semakin banyaknya bukti yang menunjukkan bahwa minuman teh mampu menangkal beberapa penyakit serius. Hal itu juga dikatakan bahwa, minum teh mampu meningkatkan antioksidan dalam tubuh yang mana mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Beberapa hal di bawah ini adalah manfaat dari mengkonsumi teh yang belum kalian tahu. Penasaran? Simak baik-baik, ya!

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Minum Teh Hijau

Manfaat Minum Teh © Diadona

Teh hijau dikenal sebagai sumber antioksidan yang tinggi. Sehingga teh hijau dipercaya mempunyai segudang khasiat yang baik untuk tubuh dalam menunjang kesehatan, yang diantara lainnya :

Mengurangi Risiko Jantung

Manfaat minum teh hijau berpotensi mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh yang mengurangi risiko penggumpalan pada arteri utama. Kita juga tahu bahwa teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat memperlambat timbulnya risiko penyakit jantung akibat dari penyumbatan. 

Mencegah Kerusakan Gigi

Mungkin banyak yang tidak percaya, namun manfaat minum teh hijau mampu memperkuat gigi dan menurunkan kerusakan gigi. Teh sendiri adalah sumber fluorida yang bagus dan dapat meningkatkan enamel gigi. Tinggi dan kaya akan antioksidan mampu melawan bakteri yang akan menyerang gusi.

Melangsingkan Tubuh

Beberapa penelitian yang ada, secara ilmiah menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu menurunkan lemak dan mempercepat pembakaran kalori apabila sedang berolahraga. 

Meningkatkan Daya Ingat

Teh hijau dipercaya oleh peneliti mampu memperkuat sel memori pada otak. Teh hijau melindungi sel otak dari perkembangan demensia dan bahkan penyakit alzhemer.

2 dari 3 halaman

Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

Manfaat Minum Teh © Diadona

Teh diminum tanpa gula memiliki banyak manfaat dibandingkan diminum dengan gula. Apa saja manfaatnya?

Menormalkan Kadar Gula Darah

Gula bagi penderita diabetes jelas tidak baik. Solusinya adalah dengan mengonsumsi teh tanpa gula. Apalagi manfaat minum teh tanpa gula mampu membantu menurunkan kadar gula darah dan mampu meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh. Minum teh tanpa gula juga mampu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa dengan mengkonsumsi teh tanpa gula juga baik dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat minum teh tanpa gula mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Kandungan teh yang tinggi akan antisoksidan mampu mencegah terjadinya pertumbuhan plak pada pembuluh darah. Sehingga membuat pembuluh darah kita tidak mengalami penyempitan.

Mencegah Kanker

Manfaat minum teh tanpa gula membantu melindungi dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan peradangan kronis, termasuk kanker. Kanker juga disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Sehingga mengkonsumsi teh tanpa gula mampu mencegah terjadinya kanker.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minum Teh di Pagi Hari

Manfaat Minum Teh © Diadona

Sebelum memulai aktifitas, menikmati secangkir teh dipagi hari sungguh terasa menyenangkan. Perlu kamu ketahui juga bahwasannya mengkonsumsi teh di pagi hari memiliki banyak manfaat. Apa itu?

Membuat Tubuh Tidak Tegang

Manfaat minum teh tanpa gula mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Salah satu kandungan dalam teh yang mampu merilekskan badan dan membuat tidak tegang adalah L-theanin. L-theanin adalah kandungan dalam teh yang mampu memberikan manfaat pada tubuh seperti meredakan stress, memperbaiki mood, meningkatkan fungsi kerja otak dan lain sebagainya.

Memunculkan Rasa Bahagia

Tahukah kamu kalau teh juga bisa meningkatkan rasa bahagia? Minum teh di pagi hari membantu kamu untuk merasa lebih bahagia. Hal itu dikarenakan kandungan di dalam teh ada yang bisa menghasilkan hormon dopamin dan serotonin yang mampu membuat perasaan kita menjadi lebih baik.

Mampu Menghidrasi Tubuh

Manfaat minum teh di pagi hari juga mampu membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Walaupun teh sendiri juga memiliki kadar caffeine yang cukup rendah, tetapi teh tetap bagus untuk dikonsumsi pada pagi hari sebagai sumber air yang kaya dan beraroma

Manfaat minum teh untuk tubuh memang beragam. Tidak menutup kemungkinan bahwa berbagai jenis teh memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh dan bisa dikonsumsi secara harian.

Beri Komentar