11 Penyakit Gatal pada Kulit Kaki, Jenis dan Obatnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 3 Juli 2020 21:43
11 Penyakit Gatal pada Kulit Kaki, Jenis dan Obatnya
Kalau sudah tahu penyebab pasti penyakit gatal pada kulit, pengobatan jadi bisa lebih efektif, bukan?

Penyakit gatal pada kulit pernah diderita semua orang. Kamu juga kan? Ada yang menyebar di lokasi lain, atau bisa juga hanya berdiam di titik tertentu. Penyebabnya bisa bervariasi, begitu juga pengobatannya.

Biasanya penyakit gatal pada kulit datang dengan berbagai kondisi, contohnya:

  • Ruam
  • Kulit kering
  • Kulit pecah
  • Kulit terkelupas
  • Kulit kemerahan
  • Benjolan pada kulit
  • Lecet, dan
  • Bintik-bintik pada kulit

Biar penyakit gatal pada kulit mendapatkan penanganan yang tepat, maka kenali dulu jenis dan penyebabnya. Beda penyebab tentu beda obatnya, kan?

1 dari 4 halaman

Jenis Penyakit Gatal pada Kulit

Penyakit Gatal pada Kulit © Diadona

Penyakit gatal pada kulit atau yang disebut dengan pruritus, adalah sensasi yang mengiritasi dan tak terkendali yang membuat penderita pengen menggaruk kulit. Gatal yang dirasakn tersebut bisa aja karena penyakit atau kondisi pada kulit.

Melansir Healthline, banyak kondisi umum yang menyebabkan kulit jadi terasa gatal. Antara lain:

Infeksi kulit : Radang kulit
Eksim : Gangguan kulit kronis
Psoriasis : Penyakit autoimun yang menyerang sel kulit
Dermatografi : Ruam bengkak, merah, dan gatal akibat goresan ringan

Sementara itu infeksi pada ytubuh yang bisa menimbulkan gatal, antara lain:

  • Cacar air
  • Campak
  • Ruam jamurTungau
  • Kutu rambut
  • Cacing kremi
  • Kudis

Iritasi

Seperti misalnya iritasi akibat gigitan nyamuk yang menyebabkan penyakit gatal pada kulit. Beberapa orang juga bsia merasakan gatal saat kulitnya bersentuhan dengan wol, sabun, dan bahan kimia tertentu.

Gangguan Internal

Beberapa penyakit yang menyerang organ dalam tubuh yang sudah mencapai kondisi parah, bisa menyebabkan gatal di kulit. Padahal, kulit terlihat normal.

  • Anemia
  • LeukimiaPenyakit tiroid
  • Limfoma
  • Gagal ginjal

Gangguan Sistem Saraf

Penyakit lain dapat menyebabkan gatal juga, terutama yang mempengaruhi saraf. Termasuk diantaranya:

Diabetes
Sklerosis ganda
Herpes zoster
Sakit saraf

Obat-Obatan

Konsumsi obat-obatan tertentu sangat mungkin meyebabkan ruam dan gatal, antara lain:

Antijamur
Antibiotik
Obat penghilang rasa sakit
Obat antikonvulsan

Kehamilan

Yap, beberapa wanita mengalami gatal-gatal saat hamil. Biasanya penyakti gatal ini muncul di payudara, lengan, perut, atau paha.

2 dari 4 halaman

Obat Penyakit Gatal pada Kulit

Penyakit Gatal pada Kulit © Diadona

Untuk pengobatan penyakit gatal pada kulit ini harus diperhatikan penyebabnya dulu yah. Perawatan penyakit gatal ini bakalan berfokus pada penyebabnya, dan akhirnya berujung pada kesimpulan obat penyakit gatal mana nih yang paling sesuai. Awalnya dokter mungkin bakalan menyarankan pengobatan rumahan, tapi kalau ngak mempan, dokter bakalan merekomendasikan obat resep, dengan pilihan sebagai berikut:

  • Krim dan salep kortikosteroid
  • Krim dan salep seperti tacrolimus (Protopic) dan pimecrolimus (Elidel)
  • Obat oral berupa antidepresan untuk obat penyakit kulit gatal kronis
  • Terapi cahaya

Untuk mengurangi rasa gatal, coba deh lakukan langkah-langkah perawatan seperti:

  • Menghindari barang atau situasi yang menyebabkan gatal. Tapi sebelumnya coba deh identifikasi sumbernya, misalnya karena debu, pakaian yang kasar, air, atau yang lainnya.
  • Gunakan pelembab setidaknya sekali sehari setelah mandi
    lotion yang menenangkan kulit.
  • Menghindari goresan
  • Mandi secara teratur, kalau perlu gunakan air hangat suam kuku untuk menghindari kulit kering, lakukan pembersihan secara menyeluruh pada tubuh
  • Mengendalikan stres, karena stres bisa memicu gatal pada tubuh lho
  • Minum obat alergi, karean siapa tahu penyakit gatal yang kamu derita muncul karena reaksi alergi

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyakit Gatal pada Kulit

Penyakit Gatal pada Kulit © Diadona

Ada banyak alasan atau penyebab penyakit gatal pada kulit, berikut adabeberapa kemungkinannya.

Kulit Kering

Selain gatal, kulit juga terlihat pecah-pecah. Kondisi ini paling sering muncul pada kaki, lengan dan juga perut. Obatnya gampang aja kok, cukup oleskan pelembab dan jaga tubuh bair tetap terhidrasi.

Alergi Makanan

Penyakit gatal pada kulit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi secara tidak tepat terhadap zat-zat umum yang ditemukan dalam makanan atau minuman. Nggak cuman muncul gatal aja, tapi bisa juga mengalami bersin, mata gatal, bengkak, ruam, kram perut, mual, muntah, dan kesulitan bernapas.

Infeksi Candida

penyakit gatal ini biasanya terjad pada lipatan ketiak, bokong, bawah payudara dan diantara jari tangan atau jari kaki. Awalnya terasa gatal, alu menyengat dan ada rasa terbakar dengan penampilan basah dan kulit kering di tepinya.

 

Dermatitis Kontak

Penyakit gatal pada kulit berupa dermatitis kontak muncul setelah kontak antara kulit dengan alergen. Gatal memunculkan ruam yang berwaran emrah dan juga bersisik.

 

Impetigo

Adlaah penyakit gatal yang sering menimpa bayi dan anak-anak. infeksi ini menular, memunculkan bercak merah dan lepuhan pada kulit, terutama di bagian wajah, tangan dan kaki.

Kurap

Adalah penyakit gatal pada kulit disebabkan oleh infeksi jamur. kurap ditandai dengan bercak merah, bersisik, atau bejolan yang terasa gatal. Seiring waktu, maka benjolan itu bakalan berubah jadi semacam tambalan berbentuk cincin atau lingkaran.

Kudis

Penyakit gatal pada kulit yang parah dan sering muncul di malam hari. Gejala kudis juga beripa munculnya ruam bintik yang mirip dengan jerawat. Penyebabnya yakni keberadan tungau yang hidup dan bersarang di kulit.

Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun kronis yang penyebabkan penumpukan cepat sel-sel di kulit. Akibatnya, munculah kerak di permukaan kulit tersebut.

Dermatographia

Saat penderita penyakit gatal ini menggaruk ringan kulit mereka, goresan-goresan merah bekas garukan ini justru membengkak dan mirip dengan gatal-gata. Tapi gejala ini biasanya hilang dengan cepat kok.

penyeba dermatographia ini sendiri belum diketahui. Tapi kemungkinan dipicu oleh infeksi, gangguan emosi atau obat-obatan seperti penisilin.

4 dari 4 halaman

Penyakit Gatal pada Kulit Kaki

Penyakit gatal pada kulit bisa terjadi di mana saja, termasuk di kaki dan sela jari kaki.

Kutu Air

Meskipun namanya adalah kutu air, penyakit gatal ini terjadi bukan karena kutu melainkan akibat pertumbuhan jamur. Penderita bakalan merasakan gatal yang menyengat di antara jari kaki, dan juga lepuh di kaki yang gatal.

Gigitan Kutu

Gejala berupa gatal biasaya langsung menyerang segera setelah digigit. Nyebelin banget emang. Selain gatal, juga muncul benjolan yang biasanya berwarna merah. umumnya lokasi penyakit gatal ini muncul di tungkai bawah atau kaki.

Penyakit gatal yang muncul tanpa sebab yang jelas perlu diperiksakan ke dokter. Siapa tahu itu merupakan suatu gejala penyakit lain yang memerlukan penanganan segera.

Penyakit gatal umumnya disepelekan karena biasanya memang sembuh dengan beberapa perawatahn ringan. Tapi kalau nggak segera hilang dan datang bersamaan dengan gejala lainnya, patut segera mendapat penanganan dokter ya!

Beri Komentar