12 Manfaat Anggur Merah, Buah Mungil yang Berkhasiat Besar untuk Kesehatan Tubuh

Health | Rabu, 31 Maret 2021 12:27

Reporter : Novi Hardita Larasati

Selain lezat dan menyegarkan, manfaat buah anggur merah ternyata bisa menurunkan berat badan, hingga menjaga kesehatan otak.

Makan buah anggur merah di siang hari yang panas tentu sangat menyegarkan, bukan? Tapi, selain menyegarkan, tahukah kamu kalau manfaat anggur merah bisa membantu menurunkan berat badan, hingga membuat kulit berkilau?

Hal ini karena buah yang berbentuk bulat kecil ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Secara umum, kandungan nutrisi anggur saja terdiri dari 70% air, 20% zat gula, dan 10% kandungan gizi lainnya pada anggur berupa zat besi, asam galat, asam folat, glukosida mangan, sejumlah vitamin, serta kalsium.

Nah, supaya kamu gak makin penasaran dengan manfaat anggur merah, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

12 Manfaat Anggur Merah, Buah Mungil yang Berkhasiat Besar untuk Kesehatan Tubuh
2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Anggur Merah

Manfaat Anggur MerahManfaat Anggur Merah © pixabay.com/Pexels

Tak hanya menyegarkan, ada begitu banyak manfaat buah anggur merah bagi kesehatan yang cukup mengejutkan. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

1. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat anggur merah yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan otak. Hal ini disebabkan adanya resveratrol dalam buah yang mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Seperti diketahui, bahwa darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen serta zat gizi supaya bisa berfungsi dengan baik.

Bahkan, menurut sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa revestratrol dapat membantu memperkuat daya ingat. Penelitian tersebut menunjukkan kalau buah-buahan yang kaya akan antioksidan bisa membantu mengurangi stres oksidatif sehingga memperlambat penuaan, mengatasi gangguan saraf otak, misalnya pada penyakit Alzheimer, serta meningkatkan kinerja memori verbal dan fungsi motorik.

2. Mencegah dan Melawan Kanker

Ternyata manfaat anggur merah juga bisa dirasakan untuk mencegah dan melawan kanker karena buah yang satu ini mengangung antioksidan yang tinggi.

Adapun kanker yang dapat dicegah dengan mengonsumsi anggur merah secara rutin ialah kanker paru-paru esophagus, kanker faring, kanker mulut, kanker rahim, kanker pancreas, kanker usus besar, hingga kanker prostat.

Selain itu, pada penelitian di National Cancer Institute menemukan bahwa ekstrak kulit anggur merah mengandung polifenol yang sangat ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi Penyakit Darah TinggiIlustrasi Penyakit Darah Tinggi © seasonsmedical.com

Tak berhenti sampai disitu, manfaat anggur merah juga dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, menurut beberapa studi yang pernah dilakukan oleh para ahli, menemukan bahwa buah-buahan seperti anggur ini juga kaya akan flavonoid.

Kandungan flavonoid inilah berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menstabilkan tekanan darah dalam tubuh serta memperlancar sistem peredaran darah.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Siapa sangka kalau manfaat anggur merah juga baik untuk kesehatan mata, lho! Yaps, hal ini dikarenakan anggur merah mengangung lutein serta zeaxanthin, yakni dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata.

Menariknya lagi, kedua antioksidan ini bisa membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget serta membantu melindungi sel-sel mata kamu.

Jadi, mengkonsumsi anggur merah secara teratur dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pada retina mata, misalnya degenerasi makula. Luar biasa ya khasiatnya.

5. Menyehatkan Jantung

Manfaat anggur merah untuk kesehatan berikutnya adalah bisa menyehatkan jantung. Selain itu, kandungan polifenol yang terdapat pada buah anggur juga sangat ampuh mencegah penyakit kardiovaskular, menunjang endotel, dan melawan radikal bebas.

Bahkan, nutrisi yang terdapat dalam anggur merah juga dipercaya dapat melindungi tubuh, terutama pada jantung yang mengalami kerusakan akibat kolesterol jahat atau LDL.

4 dari 5 halaman

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Berat Badan Ibu HamilIlustrasi Berat Badan Ibu Hamil © https://www.shutterstock.com/g/jirkaejc

Apakah kamu sedang menjalankan program diet? Kalau iya, cobalah dengan mengkonsumsi buah anggur merah. Pasalnya, dalam buah kecil ini terdapat sebuah senyawa antioksidan flavonoid yang selama ini diteliti mampu untuk menangani masalah berat badan.

Mengonsumsi satu cup atau sekitar 125 gram buah anggur saja setara dengan 100 kalori. Dengan begitu, manfaat anggur merah ini sangat cocok untuk kamu yang sedang menerapkan program diet.

7. Meredakan Nyeri Lutut

Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengonfirmasi terkait manfaat anggur merah berikut ini. Ya, rutin konsumsi anggur merah bisa mencegah rasa sakit pada dengkul, terutama kalau dipicu oleh osteoartritis.

Hal ini karena anggur merah mengandung polifenol. Selain itu, buah yang satu ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang bisa menimbulkan rasa sakit pada dengkul.

8. Mengatasi Peradangan

Secara umum, ada dua tipe peradangan, yakni peradangan akut dan kronis. Bicara soal peradangan, ternyata manfaat anggur merah dipercaya dapat melawan kedua tipe peradangan tersebut karena memiliki kandungan enzim.

Jadi, saat tubuh mengalami peradangan, maka konsumsilah anggur merah supaya bisa diatasi dengan segera. Pasalnya, peradangan dalam jangka waktu lama bisa memicu penyakit berbahaya, semisal kanker dan jantung.

 

5 dari 5 halaman

9. Meredakan Gejala Asma

Ilustrasi Penyakit AsmaIlustrasi Penyakit Asma © medicalnewstoday.com

Manfaat anggur merah selanjutnya adalah meredakan gejala asma. Ya, buah kecil ini dinilai memiliki efek terapeutik yang dapat meredakan gejala penyakit tersebut.

Sebab, anggur merah dipercaya bisa meningkatkan kelembapan di paru-paru, yang pada akhirnya dapat meredakan gejala asma. Akan tetapi, manfaat buah anggur merah yang satu ini tidak boleh dipercaya begitu saja ya, karena belum ada penelitian ilmiah yang bisa mendukungnya.

10. Melawan Virus dan Bakteri

DiaZens, ternyata manfaat anggur merah juga dapat menjaga kamu dari banyak virus dan penyakit, lho. Hal ini disebabkan adanya kandungan antibakteri dan antivirus dalam anggur merah yang sangat tinggi. Maka tak heran, kalau anggur merah kerap digunakan untuk melawan berbagai penyakit, seperti virus polio serta herpes.

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Nampaknya manfaat anggur merah juga berkhasiat bagi kesehatan kulit. Yaps, manfaat ini diperoleh dari kandungan airnya. Bahkan, beberapa penelitian mengatakan, kalau buah anggur yang dikemas dengan senyawa fitonutrien ini cukup ampuh dalam melindungi sel kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet.

12. Melawan Penuaan Dini

Tak hanya untuk menjaga kesehatan kulit, manfaat anggur merah yang terakhir juga bisa dijadikan sebagai perawatan kecantikan nih, guys. Kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat kaya pada anggur merah ini, ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit wajah, dan juga membantu melindunginya dari berbagai masalah seperti kulit kusam, kering, hingga pecah-pecah.

Wah, ternyata manfaat anggur merah untuk kesehatan sangat beragam, guys. Gimana, apakah kamu tertarik untuk membuktikannya? Tulis di kolom komentar ya.

Join Diadona.id