12 Manfaat Buah Markisa Kuning Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Health | Rabu, 10 Maret 2021 12:30

Reporter : Novi Hardita Larasati

Salah satu manfaat buah markisa bagi kesehatan adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Nama buah markisa pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ya, buah yang hanya dikonsumsi bagian bijinya ini mempunya rasa yang khas yang berpadu dengan manis sehingga memberikan sensasi menyegarkan.

Tak hanya sekedar lezat, ternyata manfaat buah markisa cukup beragam untuk kesehatan tubuh lho. Sayangnya, hal ini masih belum diketahui secara luas oleh khalayak.

Lantas, apa saja sih manfaat buah markisa? Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

12 Manfaat Buah Markisa Kuning Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Markisa Kuning

Manfaat Buah MarkisaManfaat Buah Markisa © shutterstock.com/Seeme

Sebelum membahas mengenai manfaat buah markisa, mari kita ulas sedikit tentang buah yang satu ini. Buah markisa dengan nama latin "passiflora quadrangularis L" yang dibudidayakan di Indonesia ini ternyata memiliki beberapa jenis, yaitu markisa ungu (passiflora edulis var. Edulis), markisa kuning (passiflora edulis var. Flevicarpa), markisa konyal (passiflora lingularis), dan markisa erbis (passiflora quadrangularis).

Nah, untuk kali ini kami akan membahas tentang manfaat dari buah markisa kuning. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

1. Memiliki Efek Relaksasi

Manfaat buah markisa kuning yang pertama bagi kesehatan tubuh ialah memiliki efek relaksasi. Ya, kandungan zat yang terdapat di dalam buah markisa kuning ternyata bisa memberikan efek tenang dalam pikiran dan dapat mengendurkan saraf yang nantinya bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Dikarenakan manfaat tersebut, sehingga tak heran kalau buah markisa biasa dijadikan sebagai minuman relaksasi dan disajikan dengan keadaan yang dingin.

3 dari 5 halaman

2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Ilustrasi Kanker ServiksIlustrasi Kanker Serviks © topclassactions.com

Selain memiliki efek relaksasi, tampaknya mencegah pertumbuhan sel kanker juga menjadi salah satu manfaat buah markisa kuning. Hal ini karena kandungan dari buah ini memiliki manfaat antioksidan yang sangat baik bagi tubuh dalam mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Zat antioksidan inilah yang akan bertugas dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh manusia. Bahkan, buah markisa kuning pun dipercaya mampu membunuh sel kanker karena mengandung zat fitokimia.

3. Baik untuk Penderita Insomnia

Ada kabar baik nih bagi penderita insomnia. Pasalnya, salah satu manfaat buah markisa kuning dupercaya bisa mengatasi insomnia, guys! Hal ini dikarenakan buah markisa memiliki efek yang bisa membuat sistem saraf tenang dan merilekskan pikiran untukn menjadikan saraf kamu menjadi mudah mengantuk.

Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu cukup minum segelas jus markisa sebelum tidur supaya bisa terhindar dari gejala insomnia. DiaZens perlu cobain, nih

4. Memperlancar dan Menyehatkan Pencernaan

Masalah sembelit mungkin pernah dialami oleh semua orang. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa mengonsumsi buah kuning untuk membantu menyehatkan dan memperlancar pencernaan. Sebab, buah yang satu ini mengandung serat tinggi. Sehingga, dengan rajin konsumsi buah markisa, maka pencernaanmu akan lanacar dan menjadi bersih deh.

4 dari 5 halaman

5. Baik untuk Penderita Asma

Ilustrasi AsmaIlustrasi Asma © pinterest.com/Sheyl

Manfaat buah markisa kuning berikutnya yaitu sebagai salah satu cara untuk penderita asma. Ya, penderita asam dianjurkan mengonsumsi buah markisa kuning karena kandungan zat yang ada di dalamnya bisa menenangkan serangan asma. Selain itu, buah markisa kuning juga mempunyai sifat yang bisa memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma

6. Mengontrol Tekanan Darah

Nah, buat kamu yang menderita tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi, kini kamu bisa mencoba mengonsumsi buah markisa kuning sebagai salah satu cara alami dalam mengontrol tekanan darah tersebut.

Pasalnya, buah yang satu ini mengandung kalium yang mempunyai peran penting dalam vasolidator, di mana kalium akan bekerja menanagkan pembuluh darah dan dapat meningkatkan aliran darah

7. Baik dalam Memenuhi Gizi Tubu

Selain mengontrol tekanan darah, buah markisa kuning juga memiliki manfaat mampu memenuhi gizi dalam tubuh manusia karena buah tersebut kaya akan zat besi yang cukup tinggi, yakni dalam satu cangkir buah markisa kuning saja mengandung sekitar 4 mg zat besi

8. Mengoptimalkan Sistem Imunitas

Seperti yang diketahui, kekebalan tubuh manusia harus selalu ditingkatkan dan dioptimalkan supaya terhindar dari penyakit. Nah, manfaat buah markisa kuning selanjutnya ini dipercaya bisa mengoptimalkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh manusia dengan baik.

Hal ini karena buah markisa mengandung vitamin C, karoten dan crytoxanthin yang berfungsi dalam menjaga dan mengoptimalkan kekebalan tubuh manusia.

5 dari 5 halaman

9. Baik untuk Diet

Ilustrasi Perempuan DietIlustrasi Perempuan Diet © 2019 https://www.diadona.id/justrunlah.com

DiaZens, kalian percaya nggak kalau buah markisa dijadikan salah satu pilihan untuk membantu program diet? Ya, buah markisa kuning dipercaya mampu membantu diet kamu dengan baik dan tetap sehat.

Sebab, dalam buah markisa kuning mengandung kalori yang rendah yakni 97 kalori per 100 gram buah. Selain itu, buah markisa kuning juga rendah akan sodium dan lemak yang mengandung karbohidrat dan gula alami yang cukup untuk tubuh.

10. Baik untuk Kesehatan Kulit

Setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan halus. Tapi tenang, kini kamu mendapatkan impian tersebut dengan mengonsumsi buah markisa kuning.

Seperti yang diketahui, buah markisa kuning mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa membuat kulit menjadi lebih muda, serta merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah agar terlihat awet muda nan segar alami.

11. Mencegah Infeksi

Dikarenakan buah markisa kaya akan vitamin C, maka tak heran kalau manfaat yang kamu dapatkan dari buah ini bisa mencegah dan melawan penyakit yang menyerang tubuh manusia. Bahkan, buah markisa kuning mampu memenuhi kebutuhan tubuh 50% dari kebutuhan vitamin C harian kamu lho, guys.

12. Mampu Mendorong Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Terakhir, manfaat buah markisa kuning yang bisa dirasakan bagi tubuh yaitu mampu mendorong pertumbuhan tulang dan gigi. Hal ini karena kandungan beta karoten yang terkandung dalam buah markisa kuning memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh, seperti mengurangi resiko terkena penyakit athritis, hingga mengurangi penyakit parkinson dan juga depresi.

Itulah beberapa manfaat buah mariksa kuning bagi tubuh yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya, DiaZens.

Join Diadona.id