12 Manfaat Daun Kenikir untuk Kanker Payudara, Kesehatan, dan Bahayanya

Reporter : Sofi
Selasa, 11 Februari 2020 12:25
12 Manfaat Daun Kenikir untuk Kanker Payudara, Kesehatan, dan Bahayanya
Daun kenikir yang ada di halaman rumahmu bisa untuk melawan kanker?

Daun kenikir biasa dijadikan sayur untuk makanan sehari-hari. Kamu mungkin biasa menemukan daun ini pada lalapan dan pecel. Masyarakat juga biasa menanamnya di depan rumah sebagai hiasan karena bunganya yang cantik.

Daun kenikir juga sudah lama dijadikan sebagai obat oleh masyarakat. Di dalam daun kenikir mengandung beberapa zat yang memiliki banyak manfaat. Pengujian di laboratorium menunjukkan bahwa daun kenikir kaya akan asam askorbat dan asam klorogenik. Selain itu, masih banyak kandungan nutrisi yang ada di dalam daun kenikir ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat daun kenikir yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat dan Bahaya Daun Kenikir

Daun kenikir memang menawarkan berbagai manfaat, namun mengonsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Penting untuk mengetahui manfaat dan bahaya daun kenikir sebelum mengonsumsinya. Berikut manfaat dan bahaya daun kenikir yang harus kamu ketahui.

Ilustrasi Daun Kenikir © Diadona

Meningkatkan nafsu makan

Manfaat daun kenikir sudah dipercaya sejak lama sebagai bahan tradisional untuk penyedap dan merangsang nafsu makan. Sayuran ini baik dikonsumsi untuk mengembalikan stamina saat operasi tertentu. Manfaat daun kenikir juga dapat dijadikan penambah nafsu makan untuk anak.

Kenikir bisa disajikan sebagai lalapan, campuran makanan lain, atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Kenikir mengandung 3% protein, 0,4% lemak dan karbohidrat serta kaya dengan kalsium dan vitamin A.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Secara umum, 100 gram daun kenikir mengandung 2,9 g protein, 0,6 g karbohidrat, 0,4 g lemak, dan 93,1 g air. Tanaman ini juga mengandung 64,6 mg vitamin C, 3568 μg beta-karoten, 0,13 mg vitamin B1, dan 0,24 mg vitamin B2. Kandungan vitamin C dan B pada daun kenikir mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Tanpa sistem kekebalan, tubuh akan terbuka untuk serangan dari bakteri, virus, parasit, dan banyak lagi. Sifat antibakteri pada daun kenikir mampu melindungi tubuh dari berbagai macam bakteri. Vitamin C juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Maka dari itu manfaat daun kenikir ini bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Hilangkan bau mulut

Daun kenikir dikenal dengan baunya yang khas. Tumbuhan ini juga memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat mencegah bau badan seperti bau mulut. Cukup mengunyah daun kenikir lalu berkumur dengan air biasa.

Manfaat daun kenikir mengandung alkohol koniferil yang bersifat antibakteri. Kandungan ini bisa membersihkan mulut dari bakteri dan kuman penyebab bau mulut. Kuman-kuman ini biasa bersarang di lidah dan sela-sela gigi, menyebabkan bau mulut hingga gigi berlubang.

2 dari 4 halaman

Bahaya Daun Kenikir

Secara umum, mengonsumsi daun kenikir tak banyak memiliki efek samping. Aman untuk mengonsumsi sayuran ini dalam jumlah sedang. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan daun kenikir sangat minim efek samping.

Namun, konsumsi daun kenikir yang berlebihan dapat menimbulkan sejumlah bahaya. Kenikir dapat menyebabkan bersih, pembengkakan kulit, ruam, gatal, mual dan muntah. Cobalah mengonsumsinya secara bijak. Segera konsultasi dengan dokter jika kamu mengalami efek tertentu setelah mengonsumsi daun kenikir.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kenikir untuk Kanker Payudara

Ilustrasi Kanker Payudara © Diadona

Manfaat daun kenikir untuk kesehatan adalah bisa untuk kanker payudara. Kandungan saponin, flavonoid, dan terpenoid yang ada di dalam daun kenikir memiliki sifat antikarsinogenik. Antikarsinogenik ini berarti bersifat melawan kanker. Daun kenikir bermanfaat untuk melawan beberapa jenis kanker seperti kanker perut, kanker hati, kanker payudara, kanker lambung, dan lainnya.

Konsumsilah daun kenikir secara lebih sering untuk mengatasi penyakit kanker ini. Akan tetapi, kamu harus tetap ingat untuk mengonsumsi air putih yang bisa melarutkan zat-zat larut air.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Manfaat daun kenikir sudah lama dijadikan sebagai pengobatan tradisional. Lalu apa saja manfaat daun kenikir tersebut? Berikut manfaat daun kenikir yang harus kamu ketahui.

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Kuatkan tulang

Manfaat daun kenikir dapat mencegah osteoporosis pada wanita menopause. Daun kenikir dapat meningkatkan komposisi tulang secara bertahap. Manfaat daun kenikir juga bisa meningkatkan jumlah mineral yang baik untuk pertumbuhan tulang.

Kandungan kalsium dan magnesium pada daun kenikir juga cukup tinggi. Kalsium dan magnesium merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Daun kenikir dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk lalapan atau dapat meminum air rebusan kenikir yang dicampur dengan madu.

Atasi masalah lambung

Manfaat daun kenikir mengandung tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol. Ketiganya mampu menetralkan asam lambung. Antioksidan ini juga menguatkan otot lambung untuk terus bekerja maksimal. Ini dapat mencegah maag dan asam lambung yang naik.

Untuk mengatasi masalah lambung dengan kenikir, manfaat daun kenikir dapat dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan, direbus, diminum airnya, atau mengonsumsi suplemen daun kenikir.

Atasi diabetes

Kenikir memiliki efek antidiabetes. Menurut sejumlah penelitian, kenikir memiliki enzim yang mampu menghambat penyerapan glukosa dalam sistem pencernaan. Kenikir juga memiliki kemampuan mengelola hiperglikemia atau kadar gula tinggi dalam darah.

Manfaat daun kenikir mampu menetralkan kadar insulin pada penderita diabetes tipe-2. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk memungkinkan glukosa dalam darah memasuki sel, memberi mereka energi untuk berfungsi.

Kenikir juga dapat menghambat alpha-glukosidase, enzim yang memecah karbohidrat yang lebih besar menjadi molekul glukosa yang lebih kecil. Dengan menghambat alpha-glukosidase, tubuh akan melepaskan glukosa lebih lambat ke aliran darah. Ini bertindak untuk mengatur ketersediaan glukosa dengan insulin.

Mengatasi masalah payudara karena menyusui

Bagi ibu menyusui, masalah payudara seringkali muncul. Masalah payudara yang biasanya muncul adalah payudara bengkak karena terjadi peradangan payudara atau karena air susu ibu (ASI) yang keluar tak henti-henti.

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan ibu menyusui dan akhirnya bisa berdampak pada bayinya. Oleh karena itu, masalah payudara seharusnya segera diatasi. Salah satu cara alami mengatasi payudara yang bengkak karena menyusui adalah dengan mengonsumsi daun kenikir.

Cara mendapatkan manfaat daun kenikir untuk mengatasi masalah payudara adalah dengan cara membakar daun kenikir bersama api yang kecil. Bakarlah daun kenikir hingga layu kemudian bisa segera mengusapkan daun kenikir bakar tersebut di sekitar area payudara.

Menjaga kesehatan jantung

Bagi kamu yang memiliki masalah jantung lemah maka konsumsilah daun kenikir. Manfaat daun kenikir juga bisa untuk memperkuat organ jantung. Hal ini dikarenakan di dalam daun kenikir terdapat kandungan flavonoid yang bisa menguatkan arteri dan otot jantung.

Otot jantung dan arteri yang kuat bisa melancarkan sirkulasi darah sehingga organ jantung pun menjadi lebih kuat. Cara mengonsumsi daun kenikir untuk mengatasi masalah jantung ini adalah dengan merebus daun kenikir dengan air lalu meminum air rebusan tersebut.

Mengobati penyakit gondongan

Daun kenikir juga bermanfaat untuk mengobati penyakit gondongan. Hal ini dikarenakan di dalam daun kenikir terdapat kandungan tokoferol dan polifenol yang bisa mengobati gondongan akibat radang. Manfaat daun kenikir ini bisa didapatkan dengan menggiling daun kenikir sampai halus.

Daun kenikir yang telah halus lalu dicampur dengan cuka dan diaduk. Campuran daun kenikir dan cuka tersebut digosokkan pada area yang terdapat gondongan. Lakukanlah hal ini minimal tiga kali sehari.

Menghilangkan racun dari tubuh

Manfaat daun kenikir juga bisa untuk membersihkan darah dari racun-racun yang ada di dalam tubuh. Beberapa kandungan seperti vitamin E, vitamin C, dan flavonoid bertindak sebagai detoksifikasi alami. Kandungan-kandungan zat tersebut akan menetralisir racun-racun yang ada di dalam darah sehingga darah pun menjadi bersih. Hal ini bisa mempermudah kerja organ hati dan ginjal apabila darah bersih.

Bagaimana menurutmu? Olahan daun kenikir yang bagaimanakah yang kamu suka? Semoga manfaat daun kenikir di atas bermanfaat!

Beri Komentar