12 Manfaat Daun Saga untuk Menghilangkan Batuk dan Menjaga Kesehatan Bayi

Reporter : Sheila Fathin
Selasa, 4 Mei 2021 16:36
12 Manfaat Daun Saga untuk Menghilangkan Batuk dan Menjaga Kesehatan Bayi
Daun saga ini punya banyak manfaat yang jarang kamu tahu

Daun saga masih belum banyak orang yang mengetahuinya, apalagi manfaat daun saga sendiri. Jika kamu lihat dari bentuk daunnya, kamu pasti juga tidak asing dengan tumbuhan ini. Kamu tahu, tapi mungkin tidak tahu dengan nama daunnya. Selain itu, kamu juga sudah sering menemukannya di sekitaran rumah kamu. 

Manfaat daun saga sendiri cukup banyak untuk tubuh. Daun saga memiliki kandungan senyawa flavonoid (antioksidan), triterpene glycosides, abrin, dan alkaloids. Selain itu, daun saga juga mengandung protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, saponin, tannin, glisirizin, flisirizinat, polygalacturonic acid, dan pentosan. Dari kandungan seperti itu, daun saga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan secara herbal.

Selain sebagai pengobatan manfaat daun saga juga masih banyak. Simak artikel ini ya untuk mengetahui lebih lanjut.

1 dari 3 halaman

Manfaat Daun Saga untuk Batuk

Manfaat Daun Saga © Diadona

Mengurangi Batuk dan Sakit Tenggorokan

Manfaat daun saga bisa digunakan untuk obat batuk dan sakit tenggorokan. Sering kali saat batuk akan diikuti dengan tenggorokan yang gatal dan terasa seperti terbakar. Untuk mengobati batuk dan rasa sakit tenggorokan, kamu bisa mengonsumsi daun saga dengan membukanya sampai halus dan memeras sari untuk diminum. Dengan meminum air rebusan saga, itu dapat membantu kamu mengusir virus yang bersarang di mulut dan tenggorokan kamu.

Membantu Mengurangi dan Meredakan Panas Dalam

Panas dalam yang sering terjadi memiliki gejala seperti nafas terasa panas, tenggorokan sakit, lidah berwarna putih, bibir kering dan pecah-pecah, dan bau nafas kurang enak. Dengan mengonsumsi air rebusan daun saga bisa mengobati panas dalam yang kamu rasakan. Rasa lega akan mengalir melalui tenggorokanmu.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Saga untuk Bayi

Manfaat Daun Saga © Diadona

Manfaat daun saga ternyata baik untuk dikonsumsi oleh bayi. Kira-kira manfaat apa yang akan didapatkan oleh si bayi ya?

Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat daun saga memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi. Vitamin B ini berfungsi untuk menambah nafsu makan si kecil. Ditambah daun saga ini bisa membantu mencukupi kebutuhan gizi harian anak. 

Mengatasi Sakit Perut

Sakit perut sering terjadi pada semua orang. Apalagi bayi pun juga rentan mengalami sakit perut. Manfaat daun saga yang dijadikan obat tradisional dipercaya mampu mengatasi sakit perut. Daun saga ini diolah menjadi atau bisa langsung dimakan.

Mengobati dari Gigitan Serangga dan Ular

Manfaat daun saga lainnya dipercaya mampu mengobati dari gigitan serangga dan ular. Beberapa orang menggunakan daun saga untuk pengobatan tradisional ini menggunakan ekstrak daun saga untuk mengobati infeksi dan racun ular.

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan

Manfaat Daun Saga © Diadona

Mencegah Kanker dan Diabetes

Daun saga punya manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat daun saga yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi mampu menangkal radikal bebas yang akan membuat tubuh kita rentan mengalami penyakit. 

Manfaat daun saga untuk kesehatan ini bisa mencegah munculnya kanker dan diabetes karena kandungan flavonoid dan polifenol yang baik untuk menangkal semua itu. Cara mengonsumsi daun saga ini kebanyakan cara yang digunakan adalah dengan direbus.

Mencegah dan Mengatasi Flu

Manfaat daun saga selanjutnya memiliki kemampuan untuk mencegah dan mengatasi flu. Flu terjadi karena sistem kekebalan tubuh menurun. Flu juga sering terjadi pada semua orang. Ekstrak daun saga bagi kesehatan bisa membantu mengatasi flu.

Mengatasi Sakit Malaria

Daun saga memiliki manfaat untuk menyembuhkan dan mengatasi sakit malaria. Malaria sendiri adalah penyakit yang muncul karena paparan dari parasit yang berasal dari gigitan nyamuk Anopheles. Manfaat daun saga yang diolah dengan air panas bisa membantu mengatasi sakit malaria yang sedang dialami. 

Menyembuhkan Diare

Daun saga yang dikenal sebagai pengobatan tradisional memiliki fungsi untuk membantu menyembuhkan diare. Daun saga yang diolah dan diambil hanya air rebusannya saja dapat menyembuhkan peradangan pada saluran kemih untuk meredakan diare. 

Mengatasi Asma

Pengobatan tradisional memanfaatkan daun saga untuk mengatasi asma. Ekstrak akar dan daun saga bisa digunakan untuk menyembuhkan asma. 

Mengatasi Sariawan

Manfaat daun saga dapat mengatasi sariawan. Kandungan dari daun saga memiliki beberapa kandungan bahan aktif yaitu abrus lactone, asam abrusgenat, dan turunan metilnya. Cara mengonsumsinya dengan mengunyah daun saga beberapa detik yang berfungsi untuk mengeringkan sariawan serta air rebusannya bisa digunakan untuk kumur.

Manfaat daun saga memang sangat beragam dan semua fungsinya sangat bagus untuk tubuh serta untuk bayi juga. 

Beri Komentar