12 Penyebab Kanker Hati dan Gejalanya Menurut Medis dan Islam

Health | Sabtu, 29 Agustus 2020 16:48

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Penyebab kanker hati belum pasti diketahui, tapi mengetahui apa saja faktor risikonya jadi penting banget..

Mengetahui penyebab kanker hati penting banget untuk menjaga kesehatan organ ini. Mengingat, dalam tubuh, hati punya fungsi yang penting banget. Hati terus menyaring darah yang beredar dalam tubuh, mengubah nutrisi dan obat-obatan biar bisa diserap ke saluran pencernaan.

Beberapa jenis kanker bisa muncul dalam hati. yang paling umum adalah karsinoma, hepatoseluler, yang dimulai dari jenis utama sel hati. Kemunculan kankerny pada hati juga bisa dimulai dari hati sendiri, yang disebut dengan kanker hati primer. Tapi sebagian besar penyebab kanker hati ini berasal dari bagian tubuh lain yang kemudian menjalar ke organ ini, dan disebut dengan kanker hati sekunder.

Lebih lanjut, yuk simak ulasan Diadona yang dikutip dari berbagai sumber berikut:

12 Penyebab Kanker Hati dan Gejalanya Menurut Medis dan Islam
2 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Kanker Hati

Penyebab Kanker HatiPenyebab Kanker Hati © 2020 shutterstock.com/Motortion Films

Sama halnya dengan kanker lainnya, penyebab kanker hati secara umum yaitu ketika sel hati melakukan mutasi pada DNA mereka. Dikutip dari Mayo Clinic, DNA adalah bahan yang memberikan petunjuk pada sestiap proses kimia dalam tubuh. Dan mutasi bakalan menyebbakn adanya kesalah pada instruksi tersebut, yang pada akhirnya malah membentuk tumor.

Beberapa hal yang diperkirakan bisa menjadi pemicu atau penyebab kanker hati, antara lain:

Konsumsi Alkohol

Minum alkohol dalam jangka panjang dapat menyebabkan sirosis hati, yang meningkatkan risiko kanker hati. Alkohol juga dapat secara langsung merusak DNA di dalam sel hati yang jadi penyebab kanker hati.

Sirosis Hati

Yaitu terbentuknya jaringan parut pada hati akibat kerusakan sebelumnya. Jaringan parut ini dapat menyebabkan masalah pada cara kerja hati.

Mengidap sirosis hati berarrti meningkatkan risiko terkena kanker hati. Risiko bervariasi tergantung pada peyebab sirosis, yaitu:

  • Infeksi jangka pnajng virus hepatitis B dan C
  • Konsumsi alkohol jangka panjang
  • Penyakit bawaan seperti gangguan kelebihan zat besi
  • Penyakit hati berlemak
  • Sirosis bilier primer

Penyakit Hati Berlemak

Adalah sekelompok kodnisi ketika lemak menumpuk di hati. Ini menyebabkan peradangan dan kerusakan, yang dapat menyebabkan sirosis. Penyakit hati berlemak non alkohol sering terjadi pada orang yang memiliki sekelompok gejala (disebut sindrom metabolik), termasuk:

  • Berat badan ekstra di pinggang
  • Konsumsi insulin yang kurang efektif
  • Tekanan darah tinggi
  • Kadar lemak yang tinggi dalam darah

Hepatitis B dan C

Infeksi jangka panjang dengan virus hepatitis B atau C meningkatkan risiko penyebab kanker hati primer. Utamanya, ini terjadi karena virus ini menyebabkan kerusakan hati.

Hemochromatosis

Yakni penyakit keturunan yang terkait dengan terlalu banyak zat besi dalam hati.

Faktor risiko lain yang beperan dalam penyebab kanker hati, menurut Medical News Today, yaitu:

Mengunyah Sirih Pinang

Mungkin ini mengejutkan, namun dikutip dari Cancer Research UK, mengunyah sirih ternyata bisa meningkatkan risiko penyebab kanker hati loh.

Sirih pinang merupakan kombinasi daun sirih, pinang dan jeruk nipis. Mungkin juga mengandung tembakau. Ada beberapa bukti bahwa sirih, bahkan tanpa tembakau, bisa jadi penyebab kanker hati. Meski begitu, klaim ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Pengangkatan Empedu

Setelah empdeu diangkat, kemungkinan ada peningkatan tekanan di saluran empedu yang menyebabkan peradangan jangka panjang di jaringan hati.

Riwayat Keluarga

Kalau ayah, ibu, saudara laki-laki atau sadudara perempuan seseorang menderita kanker hati, maka seseorang itu punya risiko terkena penyakit ini juga.

3 dari 5 halaman

Apa Penyebab Kanker Hati

Penyebab Kanker HatiPenyebab Kanker Hati © 2020 shutterstock.com/hackensackmeridianhealth.org

Lebih lanjut, apa saja faktor risiko yang bisa meningkatkan seseorang terkena kanker hati?

Peperan Aflatoxin dalam Jangka Panjang

Jamur tertentu menciptakan zat yang disebut dengan aflatoxin. Jamur tersebut bisa muncul pada tanaman berikut:

  • Gandum
  • Kacang tanah
  • Jagung
  • Kedelai
  • Kacang-kacangan

Tapi bukan berarti serta merta konsumsi bahan tersebut jadi penyebab kanker hati ya! Tanaman tersebut bisa ditumbuhi oleh jamur aflatoxin yang bila dikonsumsi manusia dalam jangka panjang, punya faktor risiko menyebabkan kanker hati. Dan di negara industri, ada aturan ketat mengenai pengujian aflatoxin tersebut.

Rendahnya Kekebalan Tubuh

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti pengidap HIV atau AIDS memiliki risiko kanker hati yang lima kali lebih besar daripada orang sehat lainnya.

Obesitas

Mereka yang kelebihan berat badan punay risiko lebih tinggi untuk mendaptkan banyak kanker, nggak cuman kanker hati doang. Namun, obesitas juga bisa menyebabkan sirosis dan penyakit hati berlemak.

Merokok

Perokok dan mantan perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker hati dibandingkan orang yang tidak pernah merokok.

Tapi secara pasti, dokter pun masih belum menemukan apa sih penyebab kanker hati ini.

4 dari 5 halaman

Penyebab Kanker Hati dan Gejalanya

Penyebab Kanker HatiPenyebab Kanker Hati © 2020 shutterstock.com/Motortion Films

Sayangnya, tahap awal kanker ini nggak menujukkan keberadaan gejala atau tanda. Bila gejalanya muncul, biasanya berupa:

  • Pernurunan berat badan
  • Nyeri perut bagian atas
  • Mual dan muntah
  • Perut membengkak
  • Lemah dan lelah
  • Perubahan warna kuning pada kulit dan bagian putih kelopak mata
  • Lemah dan Lelah

Karena tak bergejala, kebanyakan kanker hati baru terdeteksi setelah memasuki tahap lanjut. Maka, penting banget untuk melaukan skrining dan mencegah penyebab kanker hati ini, yaitu

  • Tidak minum alkohol berlebih
  • Berada dalam berat badan yang sehat
  • Kurangi faktor terkena hepatitis B dengan melakukan vaksinasi
5 dari 5 halaman

Penyebab Kanker Hati Menurut Islam

Sayangnya, Diadona belum nemu nih kira-kira apa penyeba kanker hati menurut Islam. Yang banyak beredar adalah penyebab penyakit hari, namun yang dimaksud di sini bukanlah hati sebagai organ, melainkan pembawa sifat.

Penyebab kanker hati memang belum diketahui, tapi berdasarkan ulasan di atas, menjaga kesehatan secara keseluruhan berarti menurunkan faktor risiko penyebab kanker.

Join Diadona.id