12 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, Waspadai ya!

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 3 Juli 2020 09:50
12 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, Waspadai ya!
Gak boleh disepelekan, ini loh penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita.

Beberapa penyebab sakit pinggang bisa karena tanda penyakit tertentu loh Girls! Penting untuk mengetahuinya agar bisa mengatasinya sedini mungkin. Apalagi menurut beberapa sumber, perempuan lebih berisiko mengalami sakit pinggang, terutama yang sudah memasuki umur 30 tahun.

Rasa sakit pada pinggang ini tentu saja mengganggu aktivitas dan gak jarang menyiksa. Biasanya hal ini merupakan tanda adanya gangguan pada organ tubuh sebelah kanan. Bisa dari yang ringan sampai yang berbahaya.

1 dari 7 halaman

Apa Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan?

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan © Diadona
Ada banyak kondisi yang menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Biasanya sakit pinggang di sebelah kanan sering disangkutpautkan dengan gangguan pada saluran kemih. Namun, ada penyebab lain yang perlu diketahui.

Infeksi Ginjal (Pielonefritis)


Infeksi pada ginjal ini menimbulkan pembengkakan dan dapat merusak ginjal secara permanen. Nah, salah satu gejala yang muncul adalah nyeri pinggang sebelah kanan. Selain itu juga badan demam sampai 38,9 derajat celcius, nyeri atau panas saat buang air kencing, urine berbau amis dan berwarna keruh.

Batu Ginjal


Sering banget batu ginjal menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang umum terjadi. Hal ini diakibatkan adanya sumbatan batu pada ginjal.

Apalagi kalau sebagian batu berpindah menuju ureter atau saluran yang menghubungkan ginjal dengan kantung kemih. Biasanya gejala lain yang muncul juga berupa mual dan muntah. Warna urine pun akan berubah menjadi merah.

2 dari 7 halaman

Penyempitan Tulang Belakang


Salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kanan juga bisa dikarenakan adanya penyempitan tulang belakang. Hal ini menjadi penyebab paling sering terjadi. Lebih lagi radang sendi yang terkait dengan usia seseorang. Makin tua, makin berisiko.

Bantalan pada saraf tulang belakang atau saraf terjepit makin terasa saat beraktivitas. Kemudian rasa sakit akan mereda saat kamu beristirahat.

Cedera


Mengalami cedera persendian tulang belakang, seperti di bagian bantalan tulang bisa memicu rasa sakit di area sekita pinggang. Biasanya hal ini dialami oleh orang yang mengangkat beban berlebih.

3 dari 7 halaman

Masalah pada Empedu


Empedu merupakan organ bagian dari hati yang berperan dalam mencerna lemak. Letaknya ada di perut bagian atas kanan. Jika ia bermasalah, seperti terkena batu empedu, maka bisa menimbulkan rasa nyeri yang menjalar ke area pinggang kanan.

Masalah pada Otot


Nyeri otot di bagian pinggang juga bisa menimbulkan rasa nyeri. Biasanya nyeri otot ini muncul saat beraktivitas atau diraba. Meski bisa hilang dengan sendirinya, sebaiknya istirahat dan tidak menggerakkan pinggang dulu ya!

Radang Usus Buntu (Apendisitis)


Masalah pada organ dalam juga turut serta memicu sakit di pinggan nih! Peradangan pada usus ini menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan.

Bahkan seiring berjalannya waktu semakin sakit dan membuat penderitanya meringkuk ke sebelah kanan. Peradangan ini juga bisa membuat usus buntu pecah dan infeksi yang mengacam nyawa.

4 dari 7 halaman

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan © Diadona
Tadi sudah sempat dibahas kalau perempuan lebih berisiko mengalami sakit pinggang sebelah kanan. Inilah beberapa faktor yang menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan.

Masalah Tulang Belakang


Salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita bisa karena tulang belakang. Misalnya saja seperti cedera ligamen, otot kaku dan degenerasi tulang belakang.

Kondisi degenerasi tulang belakang ini bisa terjadi karena mulai keropos. Wanita lebih berisiko mengalaminya, apalagi jika sudah di usia lanjut. Bisa juga dikarenakan kelebihan berat badan.

5 dari 7 halaman

Lumbar Disc Syndrome


Penyebab sakit pinggang sebelah kanan bisa juga karena lumbar disc syndrome yang mana merupakan gangguan pada postur tubuh yang tidak benar. Postur tubuh yang tidak tepat ini bisa menimbulkan fungsi diskus tulang rawan punggung berkurang.

Radang Panggul


Kondisi radang panggul ini juga menjadi salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang sering dialami perempuan. Tekanan atau iritasi pada saraf skiatik yang merupakan saraf paling panjang dalam tubuh menjalar melalui punggung, panggul, bokong hingga ujung kaki ini pemicunya.

Peradangan yang terjadi pada sistem reproduksi dan saluran kemih wanita ini nggak boleh dianggap remeh loh girls! Soalnya bisa terjadi peradangan di rahim, ovarium, saluran tuba dan uretra. Biasanya hal ini dikarenakan hubungan seksual.

6 dari 7 halaman

Irritable Bowel Syndrome


Penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita bisa juga karena irritable bowel syndrome. Kondisi biasanya dikarenakan radang usus buntu yang mengganggu sistem pencernaan. Kontrasi otot bagian usus besar juga terganggu.

Biasanya penyakit ini dialami perempuan remaja. Bahkan perempuan jauh lebih berisiko mengalaminya daripada laki-laki. Pemicunya bisa karena infeksi saluran pencernaan, stres, diet dan kebiasaan makan yang kurang tepat.

7 dari 7 halaman

Kista Ovarium


Penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita yang terakhir adalah kemungkinan adanya kista pada ovarium. Hal ini terjadi akibat kantong cairan yang terbentuk di bagian ovarium.

Kista ovarium bisa lebih parah jika kantongnya retak, membesar dan menutup darah menuju ovarium. Saat inilah penderitanya perlu melakukan prosedur pengangkatan kista.

Tuh kan girls, nggak bisa diabaikan begitu saja penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Jangan dianggap remeh ya, segera periksakan ke dokter dan jaga pola hidup sehat!

Beri Komentar