13 Manfaat Apel Hijau Sebagai Minuman Jus untuk Ibu Hamil dan Diet

Health | Senin, 12 April 2021 15:43

Reporter : Sheila Fathin

Apel hijau punya rasa yang asam-manis dan terkenal memiliki banyak manfaat, lho!

Manfaat apel hijau sama bagusnya dengan apel merah. Hanya saja, kita lebih sering dan familiar dengan apel merah ketika kita pergi ke swalayan. Apel hijau juga memiliki banyak manfaat yang sama seperti apel merah. Dari segi nutrisi serat, mineral dan vitamin memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Hanya saja. perbedaan antara apel hijau dan merah terletak pada rasanya. Apel hijau cenderung lebih memiliki rasa asam dan manis. Untuk itu, berikut ini daftar manfaat dari apel hijau yang harus kamu ketahui.

13 Manfaat Apel Hijau Sebagai Minuman Jus untuk Ibu Hamil dan Diet
2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Apel Hijau

Manfaat Apel HijauManfaat Apel Hijau © 2021 kamranaydinov on freepik

Buah Apel hijau memiliki manfaat diantaranya adalah :

Meningkatkan Metabolisme

Manfaat apel hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Mengonsumsi buah apel hijau ada baiknya tidak membuang kulitnya ke tempat sampah. Namun, perlu diperhatikan juga saat mencuci apel perlu dicuci secara bersih agar pestisida yang menempel sudah hilang. 

Buah apel hijau juga bisa digunakan sebagai buah untuk detoksifikasi karena seratnya yang tinggi. Sehingga membuat hati dan sistem percernaan terjaga dan jauh dari elemen berbahaya.

Rendah Lemak

Apel hijau ternyata memiliki kadar lemak yang rendah dan membantu menjaga aliran darah tetap bersirkulasi dengan baik dalam tubuh. Sirkulasi yang bagus dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. 

Baik untuk Kesehatan Tulang

Kita tahu bahwa apel hijau adalah buah yang kaya akan sumber vitamin, mineral dan kalsium. Tingginya kalsium ini memberikan manfaat apel hijau untuk menguatkan tulang dan gigi.

Melawan Penuaan

Kaya akan sumber vitamin dapat membuat buah apel hijau membantu memperlambat proses penuaan dan meningkatkan kecantikan secara keseluruhan. Manfaat apel hijau juga membantu menutrisi kulit dan menghilangkan sebagian besar lingkaran hitam dibawah mata.

3 dari 5 halaman

Manfaat Apel Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat Apel HijauManfaat Apel Hijau © 2021 parenting.firstcry.com

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan yang bagus untuk perkembangan bayi dan proses persalinan. Berikut ini beberapa manfaat apel hijau untuk ibu hamil yang harus diketahui :

Membantu Meningkatkan Energi

Saat ibu sedang hamil, banyak sekali nutrisi yang dihisap dari tubuh manusia selama masa kehamilannya. Nutrisi-nutrisi tersebut dihisap untuk kepentingan bayinya serta aktivitas lainnya. Manfaat apel hijau membantu memberikan energi yang diperlukan oleh tubuh dan mengembalikannya dalam keadaan normal. 

Mengurangi Pembengkakan

Ibu hamil sering mengalami pembengkakan pada tubuhnya, terutama kaki yang terkadang terasa tidak nyaman dan menyakitkan. Manfaat apel hijau kaya akan vitamin C yang membantu bertindak sebagai antioksidan yang dapat meredakan pembengkakan serta meredakan pembengkakan.

Mengurangi Risiko Pre-mature

Terkadang, ibu hamil tertentu memang memiliki kondisi di mana tubuh mereka mengeluarkan cairan empedu yang sangat tinggi. Hal ini dapat memicu nyeri persalinan, menyebabkan persalinan prematur. Manfaat apel hijau membantu menjaga sekresi empedu dan mengurangi risiko kelahiran prematur.

Mengurangi Rasa Mual

Saat hamil, perut menanggung beban tertinggi selama kehamilan karena lapisan dalam menjadi sensitif terhadap asam. Hal itu menghasilkan sensasi muntah di seluruh tubuh bagi si ibu hamil. Manfaat apel hijau membantu mengurangi rasa mual saat hamil karena memiliki manis dan asam.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jus Apel Hijau

Manfaat Apel HijauManfaat Apel Hijau © 2021 kamranaydinov on freepik

Manfaat apel hijau sebagai buah dikatakan sebagai makanan yang sehat, namun merubahnya menjadi jus membuat banyak perdebatan. Karena beberapa manfaat kandungan dari apel utuh berkurang. Hanya saja tidak perlu khawatir, karena jus apel hijau masih memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Apa saja?

Menghidrasi Tubuh

Jus apel memiliki 88% air. Hal itu membuatnya mudah dikonsumsi, terutama bagi orang yang sakit dan sedang mengalami dehidrasi. Manfaat apel hijau sebagai jus juga bisa membantu membantu menghidrasi orang yang sedang mengalami diare. Diare menyebabkan semua cairan dalam tubuh hilang dan menyebabkan tubuh kekurangan air. Sehingga jus apel dapat memulihkan kembali hidrasi dalam tubuh itu.

Sumber Antioksidan Tubuh

Apel hijau merupakan sumber utama flavonoid yang kaya akan sianidin dan epikatekin. Manfaat apel hijau sebagai jus menyediakan kadar antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan pada apel melindungi kamu dari radikal bebas yang berbahaya untuk tubuhmu.

Tinggi Vitamin K

Vitamin K membantu untuk proses pembekuan darah. Apel hijau sendiri kaya dan tinggi vitamin K, sehingga manfaat apel hijau bila dikonsumsi sebagai jus dapat membantu tubuh kamu menyerap kalsium, jadi penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda.

5 dari 5 halaman

Manfaat Apel Hijau untuk Diet

Manfaat Apel HijauManfaat Apel Hijau © 2021 kamranaydinov on freepik

Apel hijau juga bagus untuk kamu yang sedang melakukan diet. Sebagai buah yang ampuh untuk menekan rasa lapar, berikut ini beberapa manfaat buah apel untuk diet :

Tinggi Serat

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Apel juga mengandung pektin, sejenis serat yang bagus untuk kesehatan usus. Pektin adalah prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Kandungan seratnya juga membantu dalam proses detoksifikasi hati. Untuk mendapatkan serat yang maksimal dari apel hijau, konsumsilah buah beserta kulitnya.

Buah Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat apel hijau dengan mengonsumsinya secara teratur dapat membantu kamu dalam upaya menurunkan berat badan. Mengapa demikian? Karena buah ini rendah lemak dan kandungan karbohidrat sehingga kamu bisa memakannya agar tidak merasa lapar tanpa menderita efek buruk apa pun. Kemudian, apel menjaga metabolisme kamu tetap tinggi sehingga makan setidaknya satu apel sehari membantu kamu membakar lebih banyak kalori. Apel hijau juga tinggi serat dan air sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. 

Manfaat apel hijau selain bagus untuk diet juga bagus untuk kesehatan ibu hamil juga. Ditambah rasanya yang asam-manis juga disukai oleh ibu hamil.

Join Diadona.id