13 Manfaat Labu Siam untuk Bayi, Diet, dan Kecantikan

Health | Kamis, 6 Februari 2020 12:26

Reporter : Sofi

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan labu diam. Sayur ini biasa menjadi makanan kita sehari-hari di rumah, sudah tau manfaatnya? Berikut manfaat labu siam yang harus kamu ketahui.

Labu siam ( Sechium edule ) adalah jenis labu yang termasuk dalam famili labu Cucurbitaceae. Awalnya berasal dari Meksiko tengah dan berbagai bagian Amerika Latin tetapi sekarang tumbuh di seluruh dunia. Ini juga dikenal sebagai mirliton squash atau chocho.

Labu siam ini mengandung banyak nutrisi bagi tubuh, dan mengandung antioksidan yang kuat. Manfaat labu siam ini bisa untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut manfaat labu siam yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

13 Manfaat Labu Siam untuk Bayi, Diet, dan Kecantikan
2 dari 5 halaman

Manfaat Labu Siam untuk Bayi

Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa mengonsumsi labu siam ini, tapi bayi juga bisa. Berikut manfaat labu siam untuk bayi.

ilustrasi bayi makanilustrasi bayi makan © sleepbaby.org

Bantu menyempurnakan susunan sistem saraf

Adanya kandungan vitamin B kompleks dan folat, baik untuk membantu perkembangan sel otak dan sel saraf bayi. Selain itu, labu siam juga bantu memenuhi kebutuhan asam folat pada tubuh bayi akan membantu mencegah terjadinya kerusakan sistem saraf bayi. Mengonsumsi labu siam yang mengandung asam folat ini juga akan membantu menyempurnakan susunan sistem saraf bayi yang sedang berada dalam masa perkembangan. Maka dari itu, manfaat labu siam untuk bayi dapat membantu menyempurnakan susunan sistem sarafnya.

Mencegah obesitas

Manfaat labu siam untuk bayi selanjutnya adalah mampu mencegah obesitas. Terjadinya obesitas pada bayi bisa berdampak berbahaya. Obesitas dapat menyebabkan kerusakan insulin dan penyakit jantung anak. Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa secara rutin memberikan menu labu siam pada bayi.

Adanya kandungan kalium dapat membantu memerangi kolesterol jahat yang masuk bersama makanan yang dikonsumsi oleh bayi. Selain itu, kalium juga bisa membantu membersihkan kadar karbondioksida yang ada dalam darah bayi sehingg aproses peredaran darah dan pengeluaran racun dalam tubuh bayi bisa berjalan dengan maksimal.

Menjaga stamina

Manfaat labu siam untuk bayi berikutnya adalah mampu memberikan energi dalam tubuhnya. Ya, meskipun masih bayi, tetapi bayi juga memerlukan asupan makanan yang dapat memberikan energi dalam tubuh bayi untuk menjaga stamina bayi tetap prima dan baik. Stamina bayi yang baik akan membantu bayi terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Kekebalan tubuh atau sistem imun tentunya berkaitan erat dengan stamina tubuh. Apabila stamina tubuh menurun dan kekebalan tubuh menurun maka tubuh akan mudah sekali terserang penyakit. Hal ini tidak hanya berlaku pada tubuh bayi, tetapi juga berlaku pada segala umur.

Mencegah sembelit

Manfaat labu siam untuk bayi dapat mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan labu siam memiliki kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Selain itu, kandungan air pada labu siam juga cukup tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit.

Untuk itu, daripada memasukkan obat-obatan pada bayi, alangkah baiknya memberikan labu siam sebagai salah satu bahan makanan untuk bayi. Selain untuk mencegah permasalahan sembelit, kandungan air dalam labu siam juga baik untuk menjaga kesehatan ginjal bayi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jus Labu Siam

Salah satu cara mengolah labu siam ini bisa dijadikan jus untuk mempermudah penyerapan nutrisi dalam tubuh. Berikut manfaat jus labu siam tersebut.

Ilustrasi Jus HijauIlustrasi Jus Hijau © 2020 https://rawpixel.com/

Menangkal radikal bebas

Manfaat labu siam yang pertama adalah menangkal radikal bebas. Labu siam memiliki kandungan senyawa flavonoid dalam bentuk apigenin dan luteolin yang merupakan senyawa antioksidan. Maka dari itu, labu siam sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

Menurunkan kolesterol

Manfaat labu siam berikutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Labu siam tidak mengandung kolesterol atau jenis lemak jahat lainnya. Hal ini lah yang membuat labu siam menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dikonsumsi olehmu yang sedang memiliki masalah terkait dengan kolesterol.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat labu siam ini paling terkenal adalah membantu menurunkan tekanan darah. Konsumsi labu siam secara rutin oleh penderita hipertensi dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Efek diuretik dan kandungan antioksidan dalam labu siam adalah yang memiliki peran dalam penurunan tekanan darah.

Sayuran penambah darah

Anemia merupakan jenis kelainan darah yang sangat umum dijumpai. Salah satu cara untuk mengatasi anemia adalah dengan cara mengonsumsi makanan penambah darah yang banyak mengandung vitamin B2 dan zat besi, salah satunya adalah labu siam. Makanan dengan kandungan zat besi dan vitamin B2 dapat merangsang produksi sel darah merah sehingga anemia dapat teratasi.

Menambah stamina

Manfaat labu siam selanjutnya adalah untuk menambah stamina. Beberapa kandungan senyawa dalam labu siam merupakan jenis elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu sumber elektrolit yang paling besar berasal dari potasium atau kalium yang kandungannnya cukup tinggi dalam labu siam.

4 dari 5 halaman

Manfaat Labu Siam untuk Diet

Ilustrasi DietIlustrasi Diet © 2020 https://rawpixel.com/

Buat kamu yang memiliki masalah dengan berat badan, manfaat labu siam sangat bagus untuk menurunkan berat badan kamu yang berlebih. Kandungan air, serat dan kalori yang rendah sangat cocok untuk program diet kamu. Labu siam mudah dicerna dan tidak tertimbun dalam perut sehingga perutmu akan jadi ramping dan langsing.

Caranya cukup mudah yaitu dengan merebus labu siam kemudian air rebusannya diminum secara rutin setiap hari, dan jangan lupa untuk mengonsumsi juga rebusan labu siamnya. Konsumsilah secara rutin sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Labu siam termasuk bahan makanan yang kaya serat dan rendah kalori. Satu cangkir labu siam cuma mengandung 25 kalori, 0,2 gram lemak, dan 6 gram karbohidrat. Sementara serat yang dikandung satu buah labu siam bisa mencapai 3,5 gram.

5 dari 5 halaman

Manfaat Labu Siam untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, manfaat labu siam juga bisa untuk kecantikan. Berikut manfaat labu siam untuk kecantikan.

ilustrasi wanitailustrasi wanita © allure.com

Awet muda

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, labu siam juga berkhasiat bagi kecantikan. Sayuran yang satu ini mampu mencegah penuaan dini dan membuatmu terlihat awet muda. Sebab, kandungan dalam labusiam dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

Senyawa antioksidan dalam sayuran ini juga mampu melawan radikal bebas dan ROS (Reactive Oxygen Species) yang merupakan zat dari oksigen reaktif dan berbahaya bagi tubuh, terutama kulit. Maka dari itu, manfaat labu siam untu kkecantikan adalah menbuatmu awet muda.

Detoksifikasi dan mengatasi bloating

Menurut artikel yang dilansir Elma Skincare, teh herbal yang dibuat dari labu siam memiliki khasiat diuretik ringan. Minum teh ini akan membantu proses detoksifikasi lewat air seni. Teh dari labu siam juga kerap digunakan untuk mengatasi bloating. Minum teh ini tiap kali merasa wajah sembap dan perut membuncit.

Mencegah jerawat

Manfaat labu siam mengandung vitamin C cukup tinggi. Konsumsi sayuran ini secara teratur bisa memberikan manfaat untuk kulit yang bermasalah dengan jerawat. Pasalnya vitamin C memang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan kulit.

Bagaimana menurut kalian tentang manfaat labu siam di atas? Diolah seperti apa labu siam kamu biasanya? Beri tahu jawabanmu di kolom komentar ya!

Join Diadona.id