13 Manfaat Nangka Mulai dari Buah, Biji hingga Daunnya yang Bagus untuk Kesehatan

Health | Senin, 26 April 2021 14:30

Reporter : Sheila Fathin

Mulai dari Buah hingga daunnya bisa dimanfaatkan untuk tubuh

Nangka adalah buah yang identik dengan iklim tropis. Manfaat nangka memiliki kontribusi besar dalam kesehatan, diantaranya kanker dan penurunan berat badan. Nangka semakin populer saat ini karena penelitian dan studi tentang buah ini terus mengungkapkan terobosan kesehatan yang semakin banyak, lho. 

Nangka sendiri merupakan buah tropis Asia yang memiliki berat rata-rata 3,5 kg hingga 10kg. Nangka sendiri merupakan buah musiman, sehingga hanya bisa ditemukan di waktu tertentu saja. Selain itu nangka juga memiliki rasa yang manis dan bau yang khas. Pasti Diazens tahu kan dengan buah ini? Tidak hanya rasanya yang manis, nangka juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Apa saja itu?

13 Manfaat Nangka Mulai dari Buah, Biji hingga Daunnya yang Bagus untuk Kesehatan
2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Nangka

Manfaat NangkaManfaat Nangka © 2021 freepik.com

Kali ini Diadona akan membahas manfaat nangka dari segi buahnya. Simak baik-baik, ya!

Mencegah Kanker

Manfaat nangka yang kaya akan antioksidan dan fitonutrien, ditambah kandungan vitamin C nya, nangka dapat mencegah dan menyembuhkan kanker  seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker lambung, kanker kulit dan lain-lainnya. Sifat-sifat ini mengobati kerusakan sel dan mengembangkan resistensi.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah nangka ini memiliki manfaat mampu menurunkan berat badan. Manfaat nangka yang bebas lemak dan rendah kalori ini memungkinkan pelaku diet untuk mengkonsumsinya dengan aman dan nyaman untuk mendapatkan manfaat penuh dari semua nutrisinya. Selain itu buah nangka juga mengandung serat yang bisa membuat kenyang perut kita.

Memperlancar Pencernaan

Manfaat nangka satu ini berkontribusi dalam meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan serat yang terkandung dalam buah nangka ini tinggi. Apabila dikonsumsi secara rutin tidak akan menyebabkan sakit perut bahkan jika dimakan dalam jumlah banyak sekalipun. Nangka juga melindungi usus besar dengan menghilangkan bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

Bisa Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Buah nangka memang terkenal dengan rasa manisnya. Tapi tidak perlu khawatir, rasa manis yang dihasilkan oleh buah nangka ini tidak akan membuat penderita diabetes mengalami lonjakan kadar gula darah. Rasa manis yang dihasilkan buah nangka ini aman dan bersifat alami.

Pendukung Tulang

Manfaat nangka dari segi buahnya ini bisa dijadikan suplemen kalsium yang baik untuk tulang. Makan nangka sangat dianjurkan karena memiliki kalsium yang tinggi juga mengandung vitamin C dan magnesium yang membantu penyerapan kalsium.

3 dari 4 halaman

Manfaat Biji Nangka

Manfaat NangkaManfaat Nangka © 2021 freepik.com

Selain buahnya, Diazen tahu nggak kalau bijinya mengandung nutrisi yang bagus untuk tubuh dan juga menyehatkan? Biji-biji dari buah nangka ini kaya akan thiamin dan riboflavin yang membantu mengubah makanan yang kamu makan menjadi energi dan menjaga kesehatan mata, kulit dan sebagainya. Nah, untuk tahu manfaat nangka dari bijinya, simak baik-baik ya, manfaatnya.

Melawan Keriput

Manfaat nangka dari bijinya yang tidak disangka-sangka ternyata mampu melawan keriput pada kulit. Selain itu biji nangka bagus untuk menghilangkan garis-garis halus. Cara menggunakannya rendam biji nangka dengan susu dan madu, kemudian haluskan menjadi pasta halus. Lalu oleskan secara merata dan biarkan bersih seutuhnya.

Membantu Menyembuhkan Stress dan Penyakit Kulit

Biji nangka mengandung protein yang tinggi dan mikronutrien lainnya. Manfaat nangka dari kedua kandungan itu dapat mengelola stress dan berbagai macam kulit lainnya. Dengan mengkonsumsi biji nangka untuk menjaga tingkat kelembaban kulit tetap tinggi dan rambut dalam kondisi baik.

Membuat Rambut Lebih Sehat dan Menjaga Penglihatan Mata

Manfaat nangka ternyata dapat membantu penglihatan yang baik karena mengandung vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu bijinya juga mampu meningkatkan kesehatan rambut.

Mencegah Terjadinya Anemia

Mengonsumsi biji nangka, memberikan manfaat dalam meningkatkan nutrisi harian kamu. Biji nangka merupakan sumber zat besi yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin. Dengan mengatur pola makan yang kaya zat besi dapat menghilangkan risiko anemia dan kelainan darah lainnya. Zat besi juga menjaga otak dan jantung tetap sehat dan kuat.

Membangun Massa Otot

Perlu diketahui, ternyata manfaat nangka dari bijinya mampu memberikan protein yang berkualitas tinggi yang membantu membangun otot. Protein ini bisa kita dapatkan dari buah nangka dan bijinya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Nangka

Manfaat NangkaManfaat Nangka © 2021 freepik.com

Nangka ini sangat menarik sekali, tidak hanya buah dan bijinya yang dapat dimanfaatkan, tetapi daunnya pun bisa.

Menjaga Badan Tetap Sehat

Siapa sih yang tidak mau sehat? Manfaat nangka dari daunnya bisa meningkatkan badan agar tetap sehat. Kandungan di dalam daun nangka dapat menstabilkan daya tahan tubuh kamu.

Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat daun nangka juga bagus untuk ibu hamil. Daun nangka mampu membantu meningkatkan produksi ASI yang dibutuhkan oleh si bayi.

Sebagai Detoksifikasi

Manfaat daun nangka dapat mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh. Sehingga, daun nangka ini bagus untuk proses detoksifikasi tubuh.

Manfaat nangka sangat beragam. Tidak hanya untuk kesehatan saja, tapi juga bagus untuk produksi ASI ibu hamil dan kecantikan. 

 

Join Diadona.id