13 Manfaat Pisang Kepok Rebus untuk Asam Lambung dan Penyakit Dalam Lainnya

Reporter : Sheila Fathin
Kamis, 6 Mei 2021 16:24
13 Manfaat Pisang Kepok Rebus untuk Asam Lambung dan Penyakit Dalam Lainnya
Pisang kepok punya banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan organ dalam

Manfaat pisang kepok bagi tubuh sangat bagus. Pisang kepok memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin A, B6, C, kalium, potassium, asam amino, antasida, dan zat besi. Kandungan-kandungan ini tidak akan terpengaruh walaupun pisang kepok diolah dengan direbus. 

Manfaat pisang kepok baik sekali untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena rendah gula. Selain itu pisang kepok cocok untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang melakukan diet. Selain rendah lemak, pisang kepok juga bisa membuat pencernaan lancar. Untuk tahu manfaat pisang kepok lebih lanjut, bisa simak baik-baik manfaatnya pada artikel ini, ya.

1 dari 3 halaman

Manfaat Pisang Kepok Rebus

Manfaat Pisang Kepok © Diadona

Manfaat pisang kepok yang diolah dengan direbus juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

Membantu Masalah Pencernaan

Manfaat pisang kepok rebus tidak perlu diragukan lagi khasiatnya yang tinggi akan serat ini. Pisang kepok mampu mengatasi gangguan pencernaan. Serat akan membuat makanan di perut menjadi seperti gel dan mudah dicerna dan diserap oleh tubuh untuk vitamin dan nutrisinya. 

Mengontrol Kadar Gula Darah

Tidak hanya tinggi serat, manfaat pisang kepok juga kaya akan mineral dan antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan membuat hormon insulin bekerja lebih efektif. Sehingga risiko diabetes menurun.

Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, disarankan untuk memilih pisang yang belum terlalu matang dan mengolahnya dengan cara yang sehat, seperti dikukus atau dipanggang.

Penangkal Radikal Bebas

Manfaat pisang kepok memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan ini dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel tubuh dari efek paparan radikal bebas.  Efek radikal bebas ini lah yang menimbulkan kanker dan penyakit degeneratif.

Meredakan Morning Sickness pada Wanita Hamil

Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil sering mengalami morning sickness yang dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti mual, muntah, sakit kepala, dan kelelahan. Manfaat pisang kepok rebus yang kaya akan kandungan B6 nya dapat diketahui mampu meredakan gejala morning sickness. 

Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Fungsi kalium yang ada pada pisang kepok yang direbus memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk menyehatkan fungsi ginjal. Kalium membantu ginjal untuk bisa menyaring limbah ke dalam urin secara optimal. Kondisi tersebut tentunya sangat baik karena proses penyaringan racun dan kotoran dapat dimaksimalkan sehingga tidak menimbulkan resiko terjadinya penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan batu ginjal dan batu kandung kemih. Selain itu dalam pisang juga mengandung antioksidan fenolik yang berfungsi sangat baik untuk melindungi ginjal.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Pisang Kepok

Manfaat Pisang Kepok © Diadona

Mencegah Sembelit

Manfaat pisang kepok mengandung pektin sehingga sangat baik untuk kesehatan dan mencegah terjadinya sembelit. Selain itu jika kamu sedang melakukan program penurunan berat badan, makan buah pisang kepok akan mampu membantu kamu menurunkan berat badan. 

Sebagai Sumber Kalium

Manfaat pisang kepok sebagai sumber makanan kalium terbesar. Dengan memakan buah pisang kepok kamu akan mencukupi nutrisi kalium harian kamu. Hal ini dikarenakan kalium merupakan zat penting bagi tubuh yang harus selalu terpenuhi kebutuhannya setiap hari.

Mengatasi Stress

Kadar kalium bisa turun jika kamu sedang mengalami yang namanya stress, depresi, dan kecemasan yang berlebihan. Jika hal ini terjadi maka pikiran akan rusak dan tidak dapat berkonsentrasi. Jika saat ini kamu sedang mengalami kelelahan akibat masalah pekerjaan, hubungan dengan pasangan dan masalah lainnya, usahakan segera makan pisang karena dengan itu rasa stres dan depresi yang kamu rasakan bisa dihilangkan dengan mudah.

Memperkuat Tulang

Manfaat pisang kepok juga mengandung zat prebiotik yang berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Salah satu hal yang dapat membantu penyerapan prebiotik secara maksimal adalah vitamin D dan kalsium sehingga tulang menjadi lebih kuat. 

Meningkatkan Energi

Manfaat pisang kepok adalah mengurangi rasa lesu, lemas, dan mudah lelah. Hal ini karena pisang mengandung karbohidrat yang tinggi yang secara instan dapat meningkatkan energi dan stamina. Bagi juga yang kurang bisa menahan rasa lapar, bisa menjadikan pisang sebagai persediaan sebagai penyangga rasa lapar karena efektif untuk mencegah rasa lapar dan membuat efek kenyang lebih lama.

Menjaga Mata Tetap Sehat

Manfaat lain dari pisang kepok adalah buahnya mampu membuat penglihatanmu menjadi lebih cerah dan jernih. Mata semakin banyaknya umur bertambah, mata akan rentan mengalami degenerasi makula yang membuat kerja sela mata tidak maksimal dan tampilan sering menjadi lebih kabur.

Mencegah Terjadinya Anemia

Anemia adalah kondisi tubuh kekurangan sel darah merah, sehingga oksigen tidak dapat beredar dengan baik ke seluruh tubuh. Namun jika tidak ditangani, penyakit ini bisa menimbulkan gejala berupa kelelahan, lemas, dan sulit berkonsentrasi. Maka dari itu, untuk mencegah anemia,  disarankan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi dan folat, termasuk pisang kepok.

3 dari 3 halaman

Manfaat Pisang Kepok untuk Asam Lambung

Manfaat Pisang Kepok © Diadona

Membantu Mengatasi Maag

Pisang kepok rebus memiliki manfaat untuk mengobati orang yang mengalami gangguan pada lambung karena maag. Pisang kepok mengandung efek antasida yang dapat membantu menetralkan kadar produksi asam lambung yang berlebihan. Pisang kepok juga baik untuk lambung karena teksturnya yang mudah dicerna. 

Manfaat pisang kepok kandungannya banyak yang bermanfaat untuk membantu dan menunjang kesehatan tubuh. Maka dari itu, makan buah-buahan merupakan hal yang wajib biar kamu terlindungi dari penyakit karena sakit itu mahal.

Beri Komentar