13 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Rabu, 19 Februari 2020 14:19
13 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan dan Ibu Hamil
Sudah pernahkah kamu merasakan terong belanda dan manfaatnya?

Terong belanda adalah salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari keluarga Solanaceae (terong). Buah ini memiliki nama latin yaitu Solanum Betaceum. Mungkin banyak yang menyangka bahwa buah terong belanda (dutch eggplant) berasal dari tanah Belanda.

Buah terong belanda berasal dari kawasan Amazon yang ada di Benua Amerika. Mungkin Anda akan bertanya lalu mengapa dinamakan terong belanda? Hal ini dikarenakan buah terong belanda ini pertama kali dibawa dan diperkenalkan oleh Belanda pada masa penjajahan pertama di Indonesia.

Mengonsumsinya secara rutin, maka kamu bisa merasakan manfaat terong belanda ini untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya deretan nutrisi di dalam terong belanda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat terong belanda yang bagus untuk kesehatan tubuh kamu.

1 dari 3 halaman

Manfaat Jus Terong Belanda

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat terong belanda ini adalah dengan membuta jus terong belanda. Berikut adalah manfaat jus terong belanda.

Ilsutrasi Jus Terong Belanda © Diadona

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat terong belanda juga bisa untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dimana adanya kandungan beberapa vitamin yang mendukung untuk merawat kulit tubuh sehingga membuat kulit kamu menjadi lebih sehat dan berseri. Adanya kandungan flavonoid, fenol, dan anthocyanin bisa mencegah stres pada kulit dan mengatasi penuaan dini.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat terong belanda selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin A di dalam terong belanda. Kandungan ini mampu menjaga dan menghindari mata dari kerusakan.

Nah, untuk mendapatkan manfaat terong belanda, kamu bisa mencukupi konsumsi terong belanda secara rutin dengan 1 buah atau 50 gram terlong belanda. Kamu bisa mengolahnya dengan dihaluskan tanpa menambahkan gula di dalamnya, guna menjaga kesehatan penglihatan.

Mengobatai tekanan darah

Manfaat terong belanda juga untuk menyembuhkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan potasium di dalamnya yang bisa membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah dan denyut jantung tetap normal. Bagi kamu penderita hipertensi, dianjurkan untuk mengonsumsi terong belanda bila ingin hipertensi lekas membaik.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Terong Belanda

Terong belanda tidak seperti terong ungu yang memiliki bentuk lonjong dan panjang. Bentuk buah terong belanda berbentuk oval menyerupai telur. Buah terong belanda umumnya memiliki warna merah marun.

Aroma terong belanda cukup khas dan unik bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Berikut manfaat terong belanda.

Ilustrasi Terong Belanda © Diadona

Menurunkan kadar kolesterol jahat

Manfaat terong belanda lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kandungan zat gizi yang terkandung di dalam terong belanda mampu menurunkan kadar kolesterol jenis Low Density Lipoprotein (LDL) atau yang biasa dikenal dengan istilah kolesterol jahat.

Tak hanya itu, manfaat terong belanda lainnya adalah bisa meningkatkan kadar kolesterol jenis High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Nah, dengan terjadinya penurunan kolesterol jahat dan peningkatan kolesterol baik maka pembuluh darah akan menjadi lebih sehat sehingga aliran darah tidak memiliki masalah.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat terong belanda untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa bantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan manfaat terong belanda kaya akan vitamin B kompleks yang memiliki fungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Dimana berguna untuk mengubah makanan menjadi nutrisi yang penting bagi organ dan sel jaringan.

Untuk kamu yang kerap mengalami kondisi suka pingsan akibat kelelahan, kamu bisa mengonsumsi terong belanda. Pasalnya, manfaat terong belanda bisa mengatasi masalah tersebut karena adanya kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Mencegah penyakit anemia

Manfaat terong belanda yang pertama adalah bisa membantu mencegah penyakit anemia. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat besi yang bisa membantu mencegah anemia. Kandungan mineral yang terdapat di dalamnya juga bisa membantu mengatur dan mempromosikan produksi sel darah merah. Sehingga terong belanda juga dapat membantu melawan tanda-tanda kelelahan, sakit, dan pusing.

3 dari 3 halaman

Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan

Manfaat terong belanda ini juga bisa untuk kesehatan tubuh kamu. Apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat terong belanda untuk kesehatan.

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Mencegah penyakit kanker

Selain anemia, ternyata manfaat terong belanda bisa juga untuk mencegah penyakit kanker secara alami dan aman. Penyakit pembunuh ini bisa dicegah dengan mengonsumsi buah terong belanda. Pengonsumsi terong belanda yang dilakukan secara teratur bisa meningkatkan kandungan likopen di dalam tubuh sehingga mampu menangkal radikal bebas yang merupakan pemicu kanker.

Menstabilkan gula darah

Apakah kamu tahu bahwa manfaat terong belanda bisa membuat kadar gula darah tetap stabil? Manfaat terong belanda bisa menstabilkan kadar gula di dalam darah melalui kandungan serat di dalam terong belanda. Bagi kamu penderita diabetes bisa mengonsumsi terong belanda karena memiliki kadar glikemik yang rendah.

Memelihara kesehatan jantung

Manfaat terong belanda bisa menjaga jantung gar selalu sehat dan memiliki fungsi yang normal. Kandungan mineral yaitu kalium di dalam terong belanda bisa menyeimbangkan kadar natrium yang cukup tinggi di jantung sehingga jantung tetap terpelihara kesehatannya dengan baik.

Mencegah penyakit alzheimer dan parkinson

Manfaat terong belanda bisa untuk mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang cukup tinggi dipercaya bisa melindungi dari terjadinya kerusakan pada otak. Penyakit yang disebabkan kerusakan otak pun bisa dicegah seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Jadi tidak ragu lagi untuk mengonsumsi terong belanda ini karena manfaat yang diberikan sangat bagus untuk tubuhmu kan? Semoga bermanfaat!

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dari buah terong belanda yang cukup tinggi akan membantu melancarkan proses pencernaan, sehingga ibu hamil akan terhindar dari gangguan pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks yang juga tinggi akan membantu melancarkan metabolisme tubuh dengan cara membantu pergerakan usus dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Mencegah Anemia

Ibu hamil akan sangat rentan terserang anemia karena meningkatnya kebutuhan tubuh ibu hamil akan zat besi. Ketika ibu mengalami anemia, maka sel darah di dalam tubuh menjadi lebih sedikit. Sehingga, pasokan oksigen dan nutrisi penting ke bayi di dalam rahim akan terganggu.

Dalam 100 gram buah terong belanda terdapat kandungan zat besi sebanyak 0,4-0,9 miligram. Dengan kebutuhan zat besi yang cukup ini, ibu hamil akan terhindar dari lemas, letih, dan lesu.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Terong belanda adalah buah dengan kandungan vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C ini akan mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang terjaga ini, maka tubuh ibu hamil akan selalu merasa fit, lebih sulit terserang penyakit, dan terhindar dari rasa lelah.

Kandungan vitamin C dalam terong belanda juga dapat mencegah ibu hamil terserang sariawan. Sariawan sendiri jika menyerang akan membuat kegiatan makan menjadi sulit, sehingga asupan gizi menjadi terhambat.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehata untuk mengisi nutrisi harianmu ya. Semoga manfaat terong belanda di atas bermanfaat!

Beri Komentar