14 Penyebab Mimisan pada Orang Dewasa yang Sering dan Tiba-Tiba Terjadi serta Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 31 Agustus 2020 12:52
14 Penyebab Mimisan pada Orang Dewasa yang Sering dan Tiba-Tiba Terjadi serta Cara Mengatasinya
Penyebab mimisan dewasa yang sering terjadi bisa saja karena gejala penyakit serius, leukimia misalnya. Tapi bisa juga cuman karena kecapekan.

Meskipun menyeramkan, tapi ternyata mimisan adalah hal yang biasa lho. Penyebab mimisan jarang karena kondisi medis yang serius.

Jadi, hidung mengandung banyak pembuluh darah yang letaknya dekat dengan permukaan di bagian depan dan belakang hidung. Pembuluh darah ini rapuh banget dan mudah berdarah, makanya mudah jadi penyebab mimisan.

Berdasarkan asal darahnya, penyebab mimisan terbagi menjadi dua, yakni mimisan anterior dan posterior. Mimisan anterior terjadi saat pembuluh darah di depan hidung berdarah. Sedangkan mimisan posterior terjadi di bagian belakang atau bagian terdalam pada hidung. Namun dikutip dari Healthline, penyebab mimisan ini bisa saja berbahaya.

Nggak cuman orang dewasa, mimisan pun juga bisa terjadi pada anak. Tapi untuk kali ini Diadona mau bahas dulu mengenai mimisan pada orang dewasa dulu. Kenali yuk apa saja penyebab mimisan dewasa!

1 dari 4 halaman

Penyebab Mimisan pada Orang Dewasa

Penyebab Mimisan Dewasa © Diadona

Secara umum nih sebenarnya penyebab mimisan dewasa dewasa tergantung pada jenisnya. Apa saja?

Mimisan Anterior

Mimisan anterior terjadi kalau darah yang keluar berasal dari hidung bagian depan atau lubang hidung. Kamu bisa kok mengatasinya sendiri di rumah.

Mimisan Posterior

Mimisan posterior berarti keluarnya darah dari bagian belakang hidung. Darah juga cenderug mengalir dari belakang hidung ke tenggorokan. Mimisan ini lebih jarang terjadi, tapi penyeab mimisannya bisa saja sangat serius.

2 dari 4 halaman

Penyebab Mimisan pada orang Dewasa dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mimisan Dewasa © Diadona

Cara mengatasi mimisan bisa bervariasi tergantung pada jenis dan penyebab mimisan dewasa itu sendiri. 

Pada mimisan anterior di mana darah keluar dari hidung, kamu bisa menghentikan aliran darahnya dengan cara berikut:

Sambil duduk, coba remas lembut bagian hidung kamu, lalu tutup lubang hidung selama kurang lebih 10 menit. Condongkan tubuh sedikit ke depan, lalu bernapaslah lewa mulut.

Jangan berbaring ya kalau mau mencoba menghentikan mimisan. Beraring bisa mengakibatkan tertelannya darah yang bisa mengiritasi perut. Trus lepaskan sumpal hidung setelah 10 menit dan periksa apakah pendarahan sudah berhenti.

Kamu juga bisa mengompres batang hidung dengan kompres dingin untuk menutup pembuluh darah kecil. Kalau mimisan terus berlangsung dan kamu nggak tahu penyebab mimisan dewasa itu sendiri, segera temu idokter ya!

 

Sedangkan bila penyebab mimisan dewasa yakni mimisan poterior, maka kamu harus segera ke dokter.

Penyebab mimisan dewasa memang bisa karena hal tak serius. Tapi kamu harus segera ke dokter ya begitu kondisinya sudah sebagai berikut:

  • Pendarahan selama 15 sampai 30 menit, atau parah
  • Mimisan karena luka seperi kecelakaan, jatuh, atau kekerasan
  • Merasa lemah dan pingsan
  • Sulit bernapas

3 dari 4 halaman

Penyebab Mimisan Tiba-Tiba pada Orang Dewasa

Penyebab Mimisan Dewasa © Diadona

Mimisan yang tiba-tiba kemungkinan nih terjadi karena berbagai hal berikut:

Udara Kering

Ini adalah penyebab mimisan dewasa yang paling umum. Udara yang kering bisa mengeringkan selaput hidung, yaitu jaringan di dalam hidung.

Saat jaringan hidung kering, maka akan terjadi pengerasan di dalam hidung. Kerak bisa terbentuk, terasa gatal trus mengiritasi. Pas kamu ngupil nih trus hidung kamu tergores atau terkelupas, ini bisa menyebabkan pendarah atau mimisan.

Konsumsi Obat

Konsumsi antihistamin dan dekongestan untuk alergi, pilek, dan masalah sinus juga bisa mengeringkan selaput hidung, yang lebih lanjut bisa jadi penyebab mimisan dewasa.

Cedera di Hidung

Misalnya karena hidung kamu terbentur atau terpukul, bisa jadi penyebab mimisan dewasa dewasa. Cedera pada hidung membuat pembuluh darah di hidung jadi rusak dan berdarah.

Hidung Tersumbat

Saat kamu terkena infeksi saluran pernapasan, hidung tersumbat dan kamu sering membuang ingus, ini bisa jadi penyebab mimisan dewasa lho. Pembuluh darah yang tusak pada hidung menyebabkan keluarnya darah, yang terjadi seperti mimisan.

Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Dengan prinsip yang sama dengan mengapa hidung tersumbat bisa jadi penyebab mimisan dewasa. Infeksi saluran atas juga mungkin bikin kamu

Aspirin

Aspirin memang berfungsi untuk koagulan atau obat pengencer darah, sebenarnya bukan penyebab mimisan dewasa secara langsung. Tetapi fungsinya yang mengurangi kemampuan darah buat menggumpal, bisa memperpanjang pendarahan.

Kecapekan

Umumnya ini terjadi pada mereka dengan pembuluh darah rapuh. Saat mereka stres atau kecapekan, sirkulasi darah bakalan mengalami kenaikan. Akibatnya, tekanan darah jadi ikut naik sehingga rentan mengganggu pembuluh darah.

Pembuluh darah di hidung memang yang paling rapuh, terlebih untuk mereka yang memang punya struktur dinding pembuluh darah lemah yah. Apa yang kemudaian terjadi? Yup, mimisan.

Itulah mengapa pada bebera orang, stres dan kecapekan bisa jadi penyebab mimisan dewasa.

4 dari 4 halaman

Penyebab Sering Mimisan pada Orang Dewasa

Penyebab Mimisan Dewasa © Diadona

Mimisan bisa terjadi pada orang dewasa dan anak-anak antara umur tiga sampai 10 tahun. Sebenarnya ada beragam penyebab mimisan dewasa, bisa yang tiba-tiba atau jarang terjadi secara serius. Kalau kamu sering mengalaminya, mungkin saja ada suatu masalah yang serius.

Hereditary Haemorrhagic Telangiesctasia

Adalah kelainan di mana beberapa pembuluh darah nggak berkembang dengan baik. Penderita bisa meiliki pembuluh darah tanpa kapiler, yakni pembuluh darah kecil. Ruang antara arteri dan vena seringkali rapuh dan bisa pecah dan berdarah, jauh lebih mudah ketimbang pembuluh darah lainnya. Dan salah satu gejala yang paling umum dari kondisi ini adalah mimisan.

Reaksi Alergi

Pembuluh darah dalam hidung mudah sekali rusak dan menyebabkan mimisan. Bahkan sesuatu yang sesedrhana udara kering saja bisa jadi penyebab mimisan dewasa kan? Nah, alergen pun juga bisa mengiritasi selaput hidung, yang selanjutnya bisa merusakn pembluh darah kecil di hidung.

Leukimia

Kalau mimisan terjadi dalam waktu yang sering, ada indikasi bahwa penyebab mimisan dewasa tersebut karena masalah kesehatan yang serius. Contohnya, salah satu gejala penyakit leukimia.

Tumor di Rongga Hidung

Hidung berdarah pada salah satu lubang hidung bisa merupakan gejala dari kondisi tumor atau kanker di rongga hidung. Gejala lain yang mungkin berupa penyumbatan lubang hidung dan hdiung meler di satu sisi.

Ateroklorosis

Yaitu penyempitan dan pengerasan pembuluh darah aretri akibat penumpukan plak dpada dinding pembuluh darah.

Hemofilia

Hemofilia adalah kondisi medis yang langka di mana darah nggak menggumpal secara normal karena kekurangan protein pembekuan darah. Dan salah satu gejalanya adalah mimisan tanpa penyebab yang diketahui.

Tekanan Darah Tinggi

Dalam kebanyakan kasus memang sih tekanan darah tinggi memang bukan penyebab mimisan dewasa atau sakit kepala. Tapi, ini pengecualian untuk kasus krisis hipertensi di mana tekanan darah berada pada 180/120 mm HG atau lebih tinggi.

Beri Komentar