14 Cara Mencegah Kanker Payudara, Serviks dan Kanker Lain Secara Umum

Health | Kamis, 4 Februari 2021 13:29

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Mencegah kanker meliputi langkah perubahan gaya hidup jadi lebih sehat. Tapi gaya hidup seperti apa sih?

Mencegah kanker seharusnya menjadi langkah-langkah yang wajib dipahami setiap orang, mengingat kanker masuk dalam penyebab kematian kedua di seluruh dunia. Dari data WHO disebutkan kalau terdapat 9.6 juta kematian akibat kanker di seluruh dunia. Banyak sekali, bukan?

Kanker adalah sekelompok besar penyakit yang bisa dimulai dan terjadi di hampis semua organ dan jaringan tubuh ketika sel abnormal tumbuh di luar kendali dan melampaui batas. Pada pasien pria, jenis kanker yang paling umum adalah kanker paru-paru, prostat, kolorektal, perut dan hati sedangkan kanker payudara, kanker kolorektal, paru-paru, serviks dan tiroid adalah yang paling umum di antara wanita.

Kamu mungkin pernah mendengar mengenai satu tips atau cara mencegah kanker dari suatuhasil penelitian. Nah, kadag cara tersebut memang direkomendasikan dalam satupenelitian pada suatu jenis kanker, tapi malah nggak disarankan oleh penelitian lainnya. Terus gimana dong?

Dikutip dari Mayo Clinic, cara mencegah kanker dan mengurangi risikonya yang sudah diterima secara umum adalah dengan pilihan gaya hidup sehat.

Melansir berbagai sumber, yuk cari tahu gimana mencegah kanker payudara dan kanker serviks serta kanker lainnya secara umum berikut ini.

14 Cara Mencegah Kanker Payudara, Serviks dan Kanker Lain Secara Umum
2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Mencegah KankerCara Mencegah Kanker © 2021 moffitt.org

Kamu mungkin pernah mendengar tentang SADARI, yaitu langkah pemeriksaan payudara sendiri untuk mendeteksi tumor atau kanker payudara sedari dini? Metode ini wajib banget diketahui oleh para wanita dan kudu rutin dilakukan di waktu tertentu. Dengan sadari, kamu bisa mendeteksi keberadaan benjolan abnormal sebelum gejala dari kanker payudara in muncul.

Salah satu faktor risiko terbesar dari keberadaan kanker payudara ini yaitu riwayat keluarga. Nggak bisa dihindari memang, tapi masih ada beberapa cara mencegah kanker yang mungkin bisa membantumu mengurangi risiko terjadinya penyakit ini. Apa saja?

Jaga Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko kanker payudara. Terlebih kalau obesitas terjadi setelah menopause.

Batasi Alkohol

Semakin banyak alkohol yangd iminum maka semakin tiggi risiko terkena kanker payudara.

Jangan Merokok

Bukti udah menunjukkan gimana hubungan antara merokok dengan kanker payudara, terutama pada wanita pramenopause

Menyusui

Menyusui mungkin memainkan peran sebagai cara mencegah kanker payudara. Semakin lama seorang wanita menyusui, semakin besar efek perlindungannya.

Batasi Dosis dan Durasi Terapi Hormon

Terapi hormon kombinasi selama lebih dari tiga sampai lima tahun meningkatkan risiko kanker payudara.

Hindari Paparan Radiasi

Metode pencitraan medis, seperti tomografi terkomputerisasi, menggunakan radiasi dosis tinggi. Hal ini memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun ada indikasi bahwa ada hubungan antara kanker payudara dan paparan radiasi kumulatif selama hidup

Ini terutama benar jika obesitas terjadi di kemudian hari, terutama setelah menopause.

Ada juga beberapa makanan yang harus kamu hidnari dalam rangka mencegah kanker payudara, seperti pembatasan lemak trans dan konsumsi banyak serat.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kanker Serviks

Mencegah KankerMencegah Kanker © 2021 Shutterstock.com/Emily Frost

Mengutip Cancer.net, berikut upaya dalam mencegah kanker serviks yang bisa dilakukan.

Vaksin HPV

Salah satu cara mencegah kanker serviks yang sudah disarankan adalah vaksin HPV. Dikutip dari Alo Dokter, vaksin HPV ini idealnya diberikan ke anak perempuan dan laki-laki di umur 9-12 tahun untuk memberikan kekebalan terhadap infeksi HPV sebelum penerima vaksin aktif melakukan hubungan seksual.

Vaksin ini nggak cuman sebagai cara mencegah kanker serviks doang lho, melainkan pencegahan terhadap infeksi HPV penyebab kutil kelamin, kanker mulut dan tenggorokan, serta kanker di sekitar anus dan kemaluan.

Tindakan tambahan lainnya sebgai cara mencegah kanker serviks ini terjadi yaitu:

  • Menunda hubungan seksual pertama sampai usia remaja akhir atau lebih dewasa lagi
  • Membatasi jumlah pasangan seksual
  • Mempraktikkan seks aman yakni dengan penggunaan kondom
  • Menghindari hubungan seksual dengan orang yang jelas terinfeksi kutil
  • kelamin atau menunjukkan gejala lain
  • Berhenti merokok
  • Tidak berhubungan seksual dengan seseorang yang punya banyak pasangan seksual

Selain cara mencegah kanker serviks di atas, penting juga nih untuk melakukan skrining yaitu pemeriksaan untuk mencari kanker dan juga kelainan lain yang berpotensi menjadi kaner, sebelum gejala muncul. Tujuannya memang bukan untuk mencegah, tapi untuk memberikan tindakan pengobatan lebih dini.

Selain infeksi virus, kanker serviks ini juga bisa terjadi karena banyak hal lain seperti obesitas, genetika atau konsumsi pil KB.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kanker secara Umum

Mencegah KankerMencegah Kanker © 2021 today.com

Gaya hidup sehat memang nggak berarti menjamin kamu ebas kanker, tapi bisa mengurangi risikonya. Tapi apa sih yang dimaksud dengan gaya hidup sehat itu? Lihat deh poin-poin berikut ini.

Banyak Makan Buah dan Sayur

Sandarkan diet pada buah-buaha, sayuran dan juga makanan lain daru sumber nabati seperti biji-bijian dan juga kacang-kacangan

Jangan sampai Obesitas

Hindari makanan berkalori tinggi, termasuk gula rafinasi dan lemak dari sumber hewani.

Batasi Konsumsi alkohol

Apa peningkatan risiko terjadinya kanker payudara, usus besar, paru-paru, ginjal, dan hati seiring dengan peningkatan konsumsi alkohol.

Batasi Konsumsi Daging Olahan

Badan kanker dari WHO menyebut kalau makan daging olahan dalam jumlah besar dapat sedikit meningkatkan risiko jenis kanker tertentu.

Aktif secara Fisik

Aktivitas ini nggak cumanuntuk mengontrol berat badan, tapi juga dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.

Lindungi dari Sinar Matahari

Yup, sinar matahari emang bagus namun ada beberapa jenis yanbg bis meningkatkan terjadinya kanker kulit, yakni matahari di jam 10 pagi sampai 4 sore.

Vaksinasi!

Ini penting banget lhoo! Selain vaksin HPV untuk cara mencegah kanker serviks dan mengurangi risikonya, juga penting untuk mendapatkan vaksin Hepatitis B yang bisa menurunkan risiko kanker hati.

Mencegah kanker secara umum bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Sudahkah kamu melakukannya?

Join Diadona.id