14 Manfaat Terong Ungu dan Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Health | Senin, 3 Februari 2020 11:30

Reporter : Sofi

Terong bisa kita jumpai di mana saja. Banyak olahan terong yang disukai orang-orang, seperti terong balado, dan lain-lain. Selain rasanya yang enak, berikut manfaat terong yang harus kamu tahu.

Terong dapat kita jumpai pada banyak jenis makanan. Meskipun sering dianggap sebagai sayuran , mereka secara teknis buah, karena mereka tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung biji. Ada banyak varietas yang berkisar dalam ukuran dan warna. Dan meskipun terong dengan kulit ungu tua paling umum, mereka bisa berwarna merah, hijau atau bahkan hitam

Dari berbagai varietas terong tersebut, manfaat terong sendiri tidak bisa diremehkan. Banyak manfaat terong untuk kesehatan untuk tubuh kita. Berikut adalah manfaat terong yang sudah dirangkum dari berbagai jenis.

14 Manfaat Terong Ungu dan Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan
2 dari 4 halaman

Manfaat Terong Ungu

Ilustrasi TerongIlustrasi Terong © 2020 https://rawpixel.com/

Salah satu jenis terong ini adalah terong ungu. Berikut manfaat terong ungu yang mengesankan.

Membantu manajemen berat badan

Manfaat terong yang pertama adalah membantu manajemen berat badan. Serat pada terong dapat membantu seseorang untuk mengatur berat badannya dengan mengikuti diet tinggi serat karena serat dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Terong mengandung serat dan kalori yang rendah.

Kedua nutrisi tersebut dapat berkontribusi untuk diet sehat rendah kalori. Jika ingin dijadikan sebagai menu diet, sebaiknya kamu memilih untuk memanggangnya.

Menjaga kesehatan mata

Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam terong berperan penting untuk menjaga kesehatan mata dan dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia yang dapat menyebabkan hilangnya pengelihatan pada orang tua.

Melindungi dari kanker

Manfaat terong berikutnya adalah melindungi tubuh dari kanker. Pelifenol dalam terong dapat membantu melindungi tubuh dari kanker. Anthocyanin dan asam klorogenik juga dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dalam jangka panjang, dapat membantu mencegah pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker.

Selain itu, anthocyanin dapat membantu mencegah pembentukan pembuluh darah baru dalam tumor, mengurangi peradangan, dan memblokir enzim yang membantu penyebaran sel kanker.

Menurunkan kolesterol darah

Manfaat terong berikutnya dapat menurunkan kolesterol darah. Serat yang terkandung dalam terong bisa jadi bermanfaat bagi kadar kolesterol. Hasil penelitian pada 2014 menunjukkan bahwa asam klorogenat, antioksidan utama dalam terong, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat serta dapat mengurangi risiko penyakit hati berlemak.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat terong yang mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan antioksidan yang terkandung dalam terong dapat mendukung kesehatan jantung. Sebuah ulasan pada 2019 menyarankan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid tertentu, termasuk anthocyanin, dapat membantu mengurangi peradangan yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini seperti yang dilansir dari Medical News Today.

Mengobati diabetes

Seperti yang dilansir dari WebMD, manfaat terong memiliki antioksidan, seperti vitamin A dan C yang daapt membantu melindungi sel Anda dari kerusakan. Terong juga memiliki bahan kimia tumbuhan alami tinggi yang disebut polifenol untuk membantu pekerjaan sel menjadi lebih baik dalam memproses gula.

Darah yang lebih baik

Vitamin K dan bioflavanoidnya yang tinggi, dapat mencegah pembekuan darah dan memperkuat pembuluh darah, jika kamu mengonsumsi terong secara rutin.

3 dari 4 halaman

Manfaat Terong Hijau

Ilustrasi Terong HijauIlustrasi Terong Hijau © 2020 https://amazon.com/

Tidak jauh dari terong ungu, manfaat terong hijau juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Berikut adalah manfaat terong hijau tersebut.

Tinggi antioksidan

Antioksidan adalah zat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Studi telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mencegah berbagai jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Manfaat terong sangat kaya akan anthocyanin, sejenis pigmen dengan sifat antioksidan yang bertanggung jawab atas warna cerahnya.

Secara khusus, anthocyanin dalam terong yang disebut nasunin sangat bermanfaat. Faktanya, beberapa penelitian tabung reaksi telah mengkonfirmasi bahwa itu efektif melindungi sel terhadap kerusakan dari radikal bebas yang berbahaya.

Nutrisi untuk otak

Manfaat terong selanjutnya adalah sebagai sumber nutrisi yang melindungi otak. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa manfaat terong memiliki kandungan polifenol, salah satunya adalah antosianin yang ada dalam kulit terong. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antosianin atau nasunin yang ditemukan dalam terong tidak hanya dapat menangkal radikal bebas, tetapi juga dapat melindungi lipid pada membran sel otak.

Antosianin juga dapat melancarkan peredaran darah ke otak sehingga fungsi otak tetap terjaga. Konsumsi makanan tinggi antioksidan seperti terong dapat memperlambat penurunan kemampuan kognitif otak yang umumnya akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

Menjaga kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit juga merupakan manfaat terong hijau lainnya. Kandungan antioksidan dalam terong dapat menutrisi kulit dan menjaga kesehatan kulit. Terong dapat melancarkan peredaran darah sehingga membuat kulit lebih terlihat sehat dan cerah. Manfaat terong juga dapat dijadikan sebagai salah satu masker wajah yang dipercaya dapat melembabkan, menghilangkan bekas jerawat, hingga membuat kulit lebih cerah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sayur Terong

Ilustrasi TerongIlustrasi Terong © 2020 https://rawpixel.com/

Meskipun sering dianggap sebagai sayuran, mereka secara teknis buah, karena mereka tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung biji. Berikut adalah manfaat sayur terong.

Memperlancar pencernaan

Karena terong hanya mengandung sedikit lemak dan kolesterol, sayuran berserat manfaat terong ini dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Seratnya, memungkinkan tubuh dapat secara mudah memproses makanan dan mendukung penyerapan nutrisi.

Kehamilan yang sehat

Asam folat sangat penting untuk ibu yang sedang hamil, karena zat ini melindungi bayi dari kecacatan selama dalam kandungan dan melindungi perkembangan otaknya.

Membantu penderita anemia

Mereka yang menderita anemia akibat kekurangan zat besi, dapat melawan gejalanya dengan memasukkan terong dalam makanannya. Karena, daging terong memiliki banyak mineral penting termasuk zat besi dan tembaga yang membantu meningkatkan kesehatan sel-sel darah merah.

Kesehatan tulang

Manfaat terong mengandung sejumlah besar tembaga, vitamin K, dan fenol yang membantu mencegah osteoporosis, meningkatkan kepadatan mineral tulang, meningkatkan kekuatan tulang, serta kesehatannya secara menyeluruh. Namun jangan konsumsi secara berlebihan.

Apakah terong ini merupakan makanan kesukaanmu? Bagaiman biasanya kamu mengolah bahan makanan ini? Berikan komentarmu di kolom komentar ya!

Join Diadona.id