15 Manfaat Bawang Bombay Mentah untuk Kecantikan Rambut dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Rabu, 22 Januari 2020 13:40
15 Manfaat Bawang Bombay Mentah untuk Kecantikan Rambut dan Kesehatan
Ternyata bawang bombay tidak hanya untuk bumbu masakan dapur, tapi juga untuk kecantikan? Berikut manfaat bawang bombay yang mengesankan.

Bawang bombay sering digunakan sebagai tambahan bahan makanan pada masakan. Bawang bombay adalah anggota genus Allium dari tanaman berbunga yang juga termasuk bawang putih, bawang merah, daun bawang dan daun bawang. Sayuran ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa tanaman kuat yang telah terbukti meningkatkan kesehatan dalam banyak hal.

Bahkan, sifat obat bawang telah diakui sejak zaman kuno, ketika mereka digunakan untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala, penyakit jantung dan luka mulut. Dilansir adari berbagai sumber, berikut adalah manfaat bawang bombay yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Bombay untuk Rambut

Ilustrasi Rambut Kusam © Diadona

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatology melaporkan bahwa mengoleskan jus bawang bombay sebagai masker ke kulit kepala dua kali sehari secara teratur selama dua minggu bisa membantu pertumbuhan rambut. Manfaat bawang bombay ini paling dirasa oleh mereka yang memiliki Alopecia areata atau kebotakan di beberapa titik kepala.

Para peserta dalam penelitian ini diketahui mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebanyak 74% setelah 4 minggu menggunakan masker bawang bombay. Pada pekan keenam, pertumbuhan rambut para peserta meningkat menjadi sekitar 87%. Pertumbuhan rambut dalam penelitian ini umumnya lebih optimal pada pria dibanding wanita.

ilustrasi rambut © Diadona

Meski hasil penelitian ini mendapatkan hasil yang positif, namun masih diperlukan penelitian dalam skala besar untuk memastikan efektivitas penggunaan jus bawang bombay dalam mengatasi rambut rontok. Namun, ada hal yang harus diperhatikan sebelum mengaplikasikan bawang bawang bombay untuk perawatan rambut. Perawatan ini tidak disarankan bagi yang memiliki alergi terhadap bawang.

Sekalipun tidak memiliki alergi, tetap harus berhati-hati. Sebab bawang memiliki efek samping yang bisa menyebabkan kulit iritasi, ruam, dan gatal. Untuk memastikan jus bawang bombay tidak menyebabkan iritasi, lakukan tes di kulit siku atau bagian belakang telinga terlebih dulu. Jika terjadi iritasi, jangan gunakan masker bawang bombay ini dan beralihlah pada cara lain untuk mengatasi rambut rontok.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Manfaat bawang bombay ini tentu berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah manfaat bawang bombay bagi kesehatan.

Membantu merawat jantung

Manfaat bawang bombay mengandung sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi terhadap pembekuan darah. Plus, antioksidan dalam bawang dapat mengurangi kadar kolestrol yang menurunkan risiko penyakit jantung.

Meningkatkan kepadatan tulang

Kepadatan tulang kerap dikaitkan dengan produk susu, tapi makanan seperti bawang juga memiliki manfaat yang sama. Kepadatan mineral dan aktivitas antioksidan dalam tulang terbukti meningkat di kalangan wanita yang minum 100 ml jus bawang setiap hari selama 8 minggu ketimbang yang tidak. Studi juga menunjukkan wanita tua yang makan lebih banyak bawang lebih kecil kemungkinannya mengalami tulang pinggul sebanyak lebih dari 20% ketimbang yang tidak.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika kamu mencari cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tambahkan beberapa bawang dalam makan malam. Bawang mengandung sifat antivirus serta vitamin C.

Mengandung senyawa melawan kanker

Mengonsumsi sayuran dari genus Allium seperti bawang bombay, bawang putih dan bawang merah dikaitkan dengan risiko kanker tertentu yang lebih rendah, termasuk lambung dan kolorektal. Sebuah tinjauan dari 26 studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi jumlah sayuran allium sebesar 22% lebih kecil kemungkinannya untuk didiagnosis menderita kanker lambung.

Selain itu, tinjauan dari 16 studi pada 13.333 orang menunjukkan bahwa peserta dengan asupan bawang tertinggi memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan terendah. Sifat melawan kanker ini telah dikaitkan dengan senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam sayuran allium.

Sebagai contoh, manfaat bawang bombay menyediakan onionin A, senyawa yang mengandung belerang yang telah terbukti mengurangi perkembangan tumor dan memperlambat penyebaran kanker ovarium dan paru-paru dalam studi tabung. Bawang juga mengandung fisetin dan quercetin, antioksidan flavonoid yang dapat menghambat pertumbuhan tumor.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat bawang bombay merupakan sumber yang kaya akan serat dan prebiotik, yang diperlukan untuk kesehatan usus yang optimal. Prebiotik adalah jenis serat yang tidak dapat dicerna yang dipecah oleh bakteri usus yang menguntungkan. Bakteri usus memakan makanan prebiotik dan membuat asam lemak rantai pendek termasuk asetat, propionat, dan butirat. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak rantai pendek ini memperkuat kesehatan usus, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan meningkatkan kualitas pencernaan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Bombay untuk Kecantikan

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Tidak hanya untu kesehatan, manfaat bawang bombay juga bisa untuk kecantikan, lho! Berikut adalah manfaat bawang bombay untuk kecantikan.

Menyehatkan rambut, kulit, dan kuku

Manfaat bawang bombay mengandung biotin yang menyehatkan rambut, kulit, dan kuku. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rontok, kulit kering dan bersisik, serta kuku rapuh.

Melembutkan rambut

Manfaat bawang bombay untuk kecantikan bisa untuk melembutkan rambut. Buat kondisioner rambut alami sendiri dengan mencampur kulit bawang dan secangkir air hangat. Usapkan pada rambut dan diamkan 5-10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Menyehatkan kulit kepala

Manfaat bawang bombay untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk menyehatkan kulit kepala. Campur kulit bawang dan madu untuk membuat masker. Oleskan campuran ini pada akar rambut dan pijat dengan lembut ke arah kulit kepala. Biarkan selama 60 menit, setelah itu cuci bersih dan lihat hasilnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Bombay Mentah

Ilustrasi Bawang Bombay © Diadona

Jika kamu mengonsumsi bawang bombay ini secara mentah, kemungkinan nutrisi yang terkandung belum berkurang karena proses apa-apa. Berikut adalah manfaat bawang bombay mentah.

Meredakan sakit telinga

Jika kamu sedang menderita sakit telinga, manfaat bawang bombay bisa kamu gunakan sebagai obat alami. Caranya adalah oleskan getah bawang bombay di telingamu.

Menurunkan suhu tubuh

Udara yang panas hingga dapat meningkatkan suhu tubuh. Menurut pengobatan tradisional India, gangguan ini bisa kamu redakan dengan mengoleskan getah bawang di bawah telapak kaki kamu. Maka dari itu, manafaat bawang bombay mentah ini dapat menurunkan suhu tubuh kamu.

Antialergi

Quercetin, adalah suatu zat antihistamin dalam bawang yang sangat membantu untuk mengobati alergi. Dibandingkan dengan zat lain, quercetin lebih mudah diserap dalam tubuh. Dari zat tersebut, manfaat bawang bombay adalah sebagai antialergi.

Meredakan gangguan pernapasan

Pilek dan batuk adalah penyakit yang mudah diobati dengan menggunakan manfaat bawang bombay. Sebab zat alami di dalamnya mampu mengusir lendir di dalam pernapasan.

Menjaga kesehatan mulut

Kerusakan gigi dan infeksi dalam mulut disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalamnya. Sementara mengunyah bawang bombay bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan mulut.

Memiliki sifat antibakteri

Bawang bombay dapat melawan bakteri berbahaya seperti Escherichia coli (E. coli), Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus (S. aureus) dan Bacillus cereus. Selain itu, ekstrak bawang telah terbukti menghambat pertumbuhan Vibrio cholerae, bakteri yang merupakan masalah kesehatan masyarakat utama di negara berkembang.

Quercetin yang diekstrak dari bawang bombay tampaknya menjadi cara yang sangat ampuh untuk melawan bakteri. Sebuah penelitian tabung menunjukkan bahwa quercetin yang diekstrak dari kulit bawang kuning berhasil menghambat pertumbuhan Helicobacter pylori (H. pylori) dan Staphylococcus aureus (MRSA) yang resistan terhadap metisilin (MRSA). H. pylori adalah bakteri yang berhubungan dengan tukak lambung dan kanker pencernaan tertentu, sedangkan MRSA adalah bakteri resisten antibiotik yang menyebabkan infeksi di berbagai bagian tubuh.

Dari penjelasan manfaat bawang bombay di atas, apakah membuatmu semakin senang dengan bawang bombay? Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Beri Komentar