15 Manfaat Buah Srikaya Sebagai Anti Kanker yang Bagus untuk Ibu Hamil

Health | Kamis, 29 April 2021 16:22

Reporter : Sheila Fathin

Butuh yang manis-manis? Buah Srikaya bisa jadi pilihan!

Manfaat buah srikaya bukan hanya memiliki rasa manis dan bisa membuat mood lebih baik, tapi buah srikaya juga punya manfaat yang baik untuk ibu hamil dan pencegahannya untuk kanker. Buah srikaya ini mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Buah ini banyak dibudidayakan, lho. Negara yang membudidayakan adalah Antilles, Meksiko Selatan, Afrika tropis, Amerika Tengah dan Selatan, Polinesia, Indonesia, Australia, Hawaii, AS dan Florida.

Selain kaya akan vitamin C, buah srikaya juga kaya akan serat, vitamin dan mineral. Manfaat buah srikaya sendiri juga bisa meningkatkan kekebalan, melawan peradangan dan masih banyak lainnya lagi. Ingin tahu manfaat buah srikaya lainnya? Simak baik-baik ya artikel ini.

15 Manfaat Buah Srikaya Sebagai Anti Kanker yang Bagus untuk Ibu Hamil
2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Srikaya Bagi Wanita

Manfaat Buah SrikayaManfaat Buah Srikaya © 2021 freepik.com

Menyehatkan Rambut dan Kulit

Manfaat buah srikaya ternyata tinggi akan vitamin A yang berfungsi untuk menyehatkan kulit dan rambut. Tentu kita semua tahu vitamin A juga bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A ini berperan sebagai pelembab dan anti penuaan. Selain itu, jika kamu punya bisul pada permukaan kulit kamu, daging buah srikaya bisa kamu gunakan sebagai balsem untuk mengobatinya.

Membantu Menambah Berat Badan Secara Sehat

Seringkali wanita yang punya goals ingin menaikkan berat badannya cenderung mengonsumsi makanan yang tidak jelas kandungan nutrisi dan gizinya. Bukan mendapatkan berat badan idaman, malahan kadar kolesterol dan gula darah meningkat. Perlu diketahui menaikkan berat badan pun memiliki pola dan teknik yang sama dengan menurunkan berat badan. Bedanya hanya terletak pada jumlah kalori harian yang dikonsumsi.

Salah satu buah yang bisa kamu coba adalah buah srikaya. Manfaat buah srikaya dapat membantu kamu menambah berat badan secara sehat. Hal ini karena kandungan gula alami dalam buah srikaya cukup tinggi.

Mencegah Asma

Manfaat buah srikaya mengandung vitamin B6 yang membantu mengurangi peradangan bronkial dan membantu mencegah terjadinya asma.

Mencegah Serangan Jantung

Buah srikaya mengandung magnesium. Manfaat buah srikaya ini mampu membantu mempertahankan jantung dari serangan jantung dan dapat membantu mengendurkan otot. Kalau vitamin B6 nya dalam buah srikaya mampu membantu mencegah penumpukan homocystein yang meminimalkan penyakit jantung.

Buah Srikaya Bagus untuk Penderita Diabetes

Buah srikaya dinilai sangat efektif untuk diabetes. Banyaknya serat makanan dalam srikaya membantu memperlambat penyerapan gula dan mengurangi risiko diabetes tipe-2.

Mampu Melawan Peradangan

Manfaat buah srikaya mampu melawan peradangan. Peradangan kronis sering dikaitkan dengan penyakit berbahaya, seperti jantung dan kanker. Senyawa dalam buah srikaya ini mampu menangani peradangan dan bergerak sebagai anti-inflamasi.

Senyawa, buah srikaya menyediakan beberapa senyawa anti-inflamasi, termasuk asam kaurenoat. Asam ini memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan telah terbukti menurunkan protein inflamasi tertentu pada penelitian hewan 

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat buah srikaya sebagai sumber potasium dan magnesium baik untuk mengendalikan tekanan darah. Buah srikaya mampu mengendalikan tekanan tekanan darah yang fluktuasi. 

Mengurangi Kolesterol

Manfaat buah srikaya mengandung niasin dan serat makanan tingkat tinggi, yang membantu menurunkan kadar kolesterol secara efektif.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Srikaya untuk Kanker

Manfaat Buah SrikayaManfaat Buah Srikaya © 2021 freepik.com

Buah Srikaya memiliki beberapa senyawa dalam cherimoya. Senyawa-senyawa ini membantu untuk melawan kanker. Senyawa-senyawa tersebut adalah katekin, epikatekin, dan, epigalokatekin yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Salah satu studi menemukan, buah srikaya dapat mengobati sel kanker kandung kemih dengan epikatekin yang menunjukkan penurunan replikasi sel yang jauh lebih sedikit. Selain itu senyawa katekin mampu menghentikan 100% pertumbuhan sel kanker payudara.

Terlebih lagi, seseorang yang mengonsumsi makanan kaya flavonoid memiliki risiko lebih rendah terkena kanker tertentu - seperti kanker perut dan usus besar - daripada orang yang diet rendah senyawa ini. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Srikaya untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah SrikayaManfaat Buah Srikaya © 2021 freepik.com

Buah srikaya memiliki nutrisi yang tidak hanya dibutuhkan oleh kesehatan tubuh saja, melainkan juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Kali ini, apa saja sih manfaat buah srikaya yang baik untuk ibu hamil?

Mengurangi Morning Sickness

Manfaat buah srikaya yang kaya akan vitamin B6 ini mampu membantu ibu hamil mengurangi rasa mualnya di pagi hari. Mengonsumsi ini membuat pagi hari kamu lebih baik.

Mencegah Terjadinya Sembelit

Manfaat buah srikaya ini tinggi serat sehingga bisa menyembuhkan masalah sembelit yang sering terjadi pada wanita hamil. Ini memastikan pergerakan usus yang teratur. Itu membuat sistem pencernaan berjalan dan meningkatkan pergerakan usus.

Mengatasi Masalah Gigi

Sakit gigi dan radang gusi sering terjadi saat masa kehamilan. Manfaat buah srikaya menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsinya bisa meredakan rasa sakit gigi kamu. 

Merilekskan Otot

Kandungan magnesium yang ada dalam buah srikaya dapat membantu mengendurkan otot. Magnesium juga mengatur sistem kardiovaskular. Dengan demikian membantu mengurangi stress dan melindungi jantung.

Mengurangi Rasa Nyeri saat Persalinan

Manfaat buah srikaya bagi ibu hamil bisa mengurangi rasa sakit selama persalinan. Selain itu juga menurunkan risiko keguguran.

Sarat dengan Vitamin yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

Manfaat buah srikaya mengandung vitamin penting seperti vitamin A dan C. Kedua vitamin ini memiliki peran penting selama masa kehamilan. Vitamin A sangat baik untuk membangun penglihatan yang baik sedangkan vitamin C membantu memerangi radikal bebas yang ada di sistem ibu hamil.

Manfaat buah srikaya bisa berguna dari ujung rambut hingga ujung kaki. Dan buah srikaya pun juga bisa membantu kamu menaikkan berat badan dengan sehat. Tidak perlu diragukan lagi buah srikaya ini.

Join Diadona.id