15 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Sebagai Anti Kanker hingga Menurunkan Kolesterol

Health | Senin, 22 Maret 2021 13:47

Reporter : Novi Hardita Larasati

Meski identik dengan hal mistis, namun faktanya manfaat daun kelor untuk kesehatan cukup beragam lho.

Siapa nih yang nggak tau daun kelor? Pastinya masyarakat Indonesia sudah tak asing dengan tanamana ini, bukan? Sebab, daun kelor kerap digunakan dalam ramuan tradisional turun temurun karena menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Bahkan, saking banyaknya manfaat daun kelor untuk kesehatan, World Health Organization (WHO) pun menganjurkan bagi anak-anak dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk mengonsumsinya.

Lantas, apa saja sih manfaat daun kelor yang dikenal sebagai 'miracle tree' alias pohon keajaiban? Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

15 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Sebagai Anti Kanker hingga Menurunkan Kolesterol
2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kelor

Ilustrasi Daun KelorIlustrasi Daun Kelor © 2020 https://medium.com/@divyagarbhsanskar

Mungkin selama ini sebagian masyarakat Indonesia menyebut bahwa manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah hanya sekedar mitos saja. Faktanya, kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya dalam daun kelor dipercaya dapat menstabilkan kadar gula darah hingga meringankan gejala menopause.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat daun kelor, simak penjelasannya berikut ini.

1. Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Manfaat daun kelor yang tidak terduga yaitu menjaga tekanan darah serta mencegah kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki kandungan nitrile dan zat hiocarbamate glikosida yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

2. Baik untuk Anak yang Malnutrisi

Ini dia salah satu manfaat daun kelor yang belum banyak diketahui ialah membantu meningkatkan berat badan pada anak-anak dengan malnutrisi. Yaps, manfaat ini bisa didapat dengan mengonsumsi bubuk daun kelor selama dua bulan secara teratur.

Tapi kamu jangan serta-merta memberikan olahan daun ini pada anak, ya. Tetap perhatikan efek samping yang mungkin terjadi serta jangan lupa diskusikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai keamanannya.

3. Kaya Antioksidan

Dikarenakan memiliki beberapa senyawa anti-penuaan yang mampu menurunkan efek stres oksidatif serta peradangan. Maka, manfaat daun ini semakin optimal dengan adanya senyawa polifenol, beta-karoten, vitamin C, quercetin, dan asam klorogenat.

Senyawa tersebutlah yang berkaitan dengan penurunan risiko penyakit kronis, seperti perut, kanker usus besar, paru-paru, diabetes, hipertensi, serta penyakit mata akibat faktor usia.

3 dari 6 halaman

4. Baik untuk Wanita Menopause

Ilustrasi Wanita MenopauseIlustrasi Wanita Menopause © shutterstock.com/fizkes

Selain baik untuk anak-anak, manfaat daun kelor yang dikonsumsi dalam bentuk bubuk pun bisa dipercaya membantu meningkatkan kadar antioksidan pada wanita yang telah mengalami menopause, lho.

Seperti diketahui, pada usia menopause, kadar antioksidan di tubuh akan menurun akibat berkurangnya produksi hormon estrogen. Akan tetapi, untuk hal ini masih di butuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Mengobati Rematik

Manfaat daun kelor berikutnya adalah untuk mengobati rematik. Ya, penggunaan daun kelor dalam pengobatan rematik ini dipercaya mengurangi rasa sakit pada sendi serta mengurangi penumpukan asam urat pada sendi.

6. Baik untuk Ibu Menyusui

Sebagai informasi, bahwa daun kelor mengandung zat besi, protein, dan Vitamin C. Selain itu ada juga unsur flavonoid yang berkhasiat membantu ibu menyusui menghasilkan air susu ibu (ASI) lebih banyak.

Sebab, kandungan zat besi tinggi pada daun kelor yang 25 kali lebih tinggi dibanding bayam. Oleh karena itu, manfaat daun kelor ini disarankan dikonsumsi ibu usai melahirkan serta wanita menstruasi yang umumnya kehilangan banyak zat besi.

4 dari 6 halaman

7. Menstabilkan Mood

Ilustrasi Perempuan BadmoodIlustrasi Perempuan Badmood © Freepik.com/tirachardz

DiaZens, apakah kamu termasuk orang yang moodyan? Biacara soal moodyaan, ternyata hal ini juga ada kaitannya dengan daun kelor. Ya, salah satu manfaat daun kelor yang perlu kamu ketahui adalah menjaga fungsi otak supaya suasana hati tetap stabil.

8. Menguatkan Tulang

Ternyata, kalau kamu rutin mengonsumsi ekstrak daun kelor hal ini dapat membuat tulang jadi lebih kuat. Sehingga, kalau kamu ada masalah pada tulang, maka bahan ini bisa jadi alternatif yang terbaik.

Sebab, daun kelor mengandung kalsium, vitamin K serta protein yang kaya untuk menjaga kesehatan dan mencegah pengeroposan pada tulang

9. Obati Cacingan

Tak hanya untuk menguatkan tulang, manfaat daun kelor juga dapat mengusir para cacing dalam tubuh lho, guys. Caranya cukup mudah, yakni merebus 3 lembar daun kelor bersamaan dengan daun cabai serta meniran.

Nah, air hasil rebusan daun kelor tersebutlah kemudian bisa diminumkan kepada anak yang menderita cacingan guna mengurangi infeksi cacing, terutama cacing kremi dan cacing pita.

10. Mengatasi Diabetes

Manfaat daun kelor selanjutnya yakni untuk mengatasi diabetes. Ya, tanaman yang satu ini dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga menjadi normal. Bahkan, daun kelor bisa dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes, lho.

Sehingga dengna mengonsumsi sayur daun kelor hal ini bisa mencegah penyakit gula darah atau diabetes deh.

5 dari 6 halaman

11. Anti Kanker

Ilustrasi Kanker ServiksIlustrasi Kanker Serviks © topclassactions.com

Perlu diketahui, bahwa ekstrak daun kelor mampu mencegah pertumbuhan serta reproduksi sel-sel kanker. Bahkan, peneliti menyimpulkan kalau daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami untuk kanker.

Hal ini disebabkan kandungan antioksidan dan potasium di dalam daun kelor yang sangat tinggi, sehingga membuat daun tersebut memiliki khasiat untuk memperlambat hingga menghilangkan kanker di dalam tubuh.

12. Menghilangkan Flek di Wajah

Selain mengatasi diabetes dan anti kanker, ternyata manfaat daun kelor juga dapat menghilangkan flek pada wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu ambil beberapa daun kelor yang masih muda, kemudian tumbuk sampai halus, lalu gunakan sebagai bedak.

Dengan begitu, wajah mu akan terlihat lebih sehat dan memperlambat penuaan. Gimana, tertarik untuk mencobanya?

13. Menjaga Berat Badan

Memiliki berat badan ideal tentu menjadi hal yang diidamkan bagi kaum hawa, apalagi kamu yang sudah menginjak umur dewasa. Tenang, sebab ada salah satu cara tradisional untuk menjaga berat badan mu.  

Hal ini dibuktikan oleh studi yang dilakukan para ahli menemukan bahwa teh kelor bisa membantu menangani masalah pencernaan. Sehingga, dengan metabolisme tubuh yang lancar, berat badan kamu akan tetap ideal.

6 dari 6 halaman

14. Menyehatkan Ginjal

Ilustrasi Sakit GinjalIlustrasi Sakit Ginjal © regencyhealthcare.in

Manfaat daun kelor untuk kesehatan juga dapat membantu mengembalikan kesehatan ginjal yang sudah dalam kondisi tidak sehat jika dikonsumsi secara rutin. Dengan begitu, maka kinerja ginjal pun bisa berfungsi secara optimal kembali.

15. Memelihara Kecantikan Kulit Wajah

Ohiya, selain untuk kesehatan kamu juga bisa memanfaatkan daun kelor sebagai produk kecantikan alami lho, DiaZens.

Caranya, pertama-tama buatlah pasta daun kelor. Tapi, sebelumnya pilih daun kelor yang masih hijau dan segar, lalu pisahkan dari rantingnya. Setelah itu, haluskan daun tersebut dengan ditambahkan sedikit air saja supaya daun menjadi bentuk pasta.

Kalau sudah, jadikan ramuan tersebut sebagai masker, dan sisa pasta daun kelor tersebut bisa disimpan selama 3 hari di dalam lemari es.

Itulah manfaat daun kelor untuk kesehatan. Walaupun khasiatnya cukup beragam, tumbuhan ini juga punya efek samping. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya ya.

Join Diadona.id