15 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Wanita, dan Kesuburan

Health | Selasa, 28 Januari 2020 13:00

Reporter : Sofi

Daun kemangi yang biasa kamu makan sebagai lalapan ternyata mengandung banyak manfaat. Berikut adalah manfaat daun kemangi yang harus kamu ketahui.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan daun kemangi. Daun berwarna hijau dengan bau harum dan rasa yang khas ini biasa digunakan pada lalapan, hiasan makanan, atau campuran hidangan lainnya. Yang tidak umum adalah ice cream dengan rasa kemangi.

Dengan banyaknya hidangan yang menggunakan kemangi tersebut, daun ini memang banyak manfaatnya. Hal ini karena aun kemangi mengandung berbagai macam minyak atsiri, memiliki kandungan fenolik, dan senyawa polifernol seperti flavonoid dan anthocyanin. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat daun kemangi yang mengesankan.

15 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Wanita, dan Kesuburan
2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Ilustrasi Wanita TuaIlustrasi Wanita Tua © 2020 https://rawpixel.com/

Manfaat daun kemangi tentu bisa untuk kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Institut Teknologi Federal Swiss, daun kemangi atau basil mengandung beta-caryophyliene yang bermanfaat dalam mengobati radang sendi dan radang usus. Selain itu, masih ada banyak manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. Berikut manfaat daun kemangi tersebut.

Meringankan penyakit kulit

Fungsi antimikroba dan antibakteri yang dimiliki kemangi juga efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, antara lain psoriasis dan panu. Cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit.

Tingkatkan kesehatan mata

Hanya dengan 100 gr daun kemangi segar setiap hari akan membantu meningkatkan kesehatan mata. Hal ini sangat penting karena, daun kemangi memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Jadi manfaat daun kemangi juga bisa dimanfaatkan oleh kamu yang bermasalah dengan penglihatan.

Meningkatkan sistem imun

Manfaatdaun kemangi selanjutnya dapat meningkatan sistem imun dengan rutin mengonsumsi kemangi setiap hari. Studi menunjukkan bahwa berbagai senyawa kimia dalam kemangi dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan kemangi segar alih-alih yang kering.

Mencegah demam

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengurangi demam karena flu. Saat demam karena flu, kamu dapat mengunyah daun kemangi. Untuk mencegah masalah demam saat musim penghujan, kamu dapat meminum air rebusan daun kemangi. Minum setiap hari untuk mencegah demam karena musim penghujan.

Meredakan batuk

Kamu bisa meredakan batuk dengan menggunakan manfaat daun kemangi. Caranya ambil 8 lembar daun kemangi, campur dengan cengkeh kemudian seduh dengan air mendidih. Kamu juga bisa menambahkan garam untuk sedikit membantu memberikan rasa. Biarkan hingga dingin kemudian minum. Lakukan secara rutin setiap hari untuk menghilangkan batuk.

Membantu menyamarkan bekas luka pada kulit

Membantu menyamarkan bekas luka pada kulit merupakan salah satu manfaat daun kemangi. Daun kemangi adalah satu di antara bahan populer yang dapat membantu menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat pada kulit wajah. Ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan. Tambahkan satu sendok madu dan satu sendok air lemon dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan masker ini pada wajah dan bilaslah dengan air.

Mampu mengobati luka infeksi

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah dapat mengobati luka infeksi. Karena sifat antibakteri ditemukan pada daun kemangi, sehingga dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit. Menggunakan daun kemangi pada kulit sangat membantu bagi orang-orang yang mengalami eksim pada kulit. Ambil beberapa daun kemangi dan tumbuk hingga halus. Lalu, tambahkan dengan setengah cangkir yogurt. Campurkan bahan dan terapkan pada wajah hingga mengering, kemudian bilas dengan air.

Bersifat antikanker

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Medical News Today, daun kemangi memiliki sifat antikanker. Daun berukuran kecil ini mengandung phytochemical termasuk eugenol, asam rosmarinic, apigenin, myretenal, luteolin, B-sitosterol, dan asam carnosic. Semua kandungan itu sangat diperlukan tubuh untuk membantu menangkal sel jahat penyebab kanker seperti kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Manfaat daun kemangi juga bersifat antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit lainnya.

Mengontrol kadar gula darah

Menurut Healthline, manfaat daun kemangi memiliki kemampuan mengontrol kadar gula darah. Daun ini sangat dianjurkan bagi pengidap diabetes atau kadar gula darah terlampau tinggi. Rutin mengonsumsi daun kemangi dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah.

Daun berwarna hijau ini mengandung glikemik cukup rendah. Kandungan minyak esensial dalam kemangi juga bisa memerangi kadar trigserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko diabetes.

Mengatasi bau badan

Manfaat daun kemangi juga mampu mengatasi bau badan. Masalah bau badan kerap dialami banyak orang dan bisa menurunkan kepercayaan diri ketika bertemu dengan orang lain. Kamu bisa mengatasi masalah bau badan dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin sebagai lalapan. Selain itu, daun kemangi juga berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Wanita

ilustrasi wanitailustrasi wanita © rawpixel.com

Tidak hanya kesehatan, daun kemangi ini juga bermanfaat untuk kecantikan wanita. Berikut adalah manfaat daun kemangi untuk wanita.

Mencegah penuaan

Manfaat daun kemangi untuk wanita yang pertama adalah dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan. Menggunakan daun kemangi dapat membantu mengencangkan kulitmu secara alami, sehingga menjadikan kulit tampak lebih muda. Ambil daun kemangi dan tumbuk sampai halus dan tambahkan beberapa sendok minyak kelapa. Aduk hingga rata.

Terapkan pada wajah dan diamkan untuk sementara. Kemudian, bilas hingga bersih. Gunakan perawatan ini setiap dua kali dalam sehari untuk memberikan kulit yang tampak lebih muda dan bersinar.

Kulit menjadi bercahaya

Manfaat daun kemangi mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menjadikan kulit sehat dan bercahaya. Ambil beberapa daun kemangi dan ekstrak jusnya. Lalu, tambahkan satu sendok gliserin dan pijat wajah kamu dengan masker ini setiap hari. Ulangi proses ini dua kali atau tiga kali sehari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Mengatasi jerawat dan bekas jerawat

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah mengatasi jerawat sekaligus bekasnya. Kemangi mengandung sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat menyembuhkan jerawat serta bekas jerawat dengan mudah. Ia bekerja sebagai pembersih kulit alami yang membantu menghilangkan kotoran dan debu dari wajah.

Ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan. Lalu, ambil ekstrak jusnya dan tambahkan dengan satu sendok makan bubuk kunyit. Campurkan bahan dan terapkan masker ini pada wajah. Setelah kering dan meresap bilas dengan air hingga bersih.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesuburan

Ilustrasi PasanganIlustrasi Pasangan © 2020 https://rawpixel.com/

Daun kemangi secara klinis sudah terbukti dapat mengatasi atau menyembuhkan beberapa penyakit pada organ kelamin manusia, khususnya wanita seperti yang dilansir oleh laman thesoslab. Daun kemangi sendiri mengandung senyawa arginie sudah terbukti khasiatnya memperkuat sperma, dalam artian sperma yang ada didalam tubuh atau testis pada kaum pria bisa bertahan dari jenis gangguan apapun.

Misal, sperma tidak akan mampu bertahan dalam temperatur lebih dari 40 derajat celcius. Nah, dengan adanya senyawa arginie ini maka sperma akan lebih kuat dan mampu bertahan. Khasiat lainnya juga adalah untuk membentengi kemandulan dan mengurangi gejala ejakulasi dini pada pria. Sepertinya ejakulasi dini ini bukan masalah pria saja, tetapi juga berefek kepada para wanita bukan?

Untuk wanita, penyakit semacam keputihan juga dapat diatasi dengan adanya senyawa eugenol pada daun kemangi lho! Jadi tunggu apalagi untuk mendapatkan manfaat daun kemangi yang mengesankan ini. Semoga bermanfaat!

Join Diadona.id