15 Manfaat Green Tea untuk Wajah, Kesehatan dan Cara Membuat Maskernya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 19 Januari 2021 19:08
15 Manfaat Green Tea untuk Wajah, Kesehatan dan Cara Membuat Maskernya
Manfaat green tea emang banyak banget. Nggak heran kalau minuman ini adalah minuman tersehat kedua di dunia setelah air putih.

Manfaat green tea untuk kesehatan udah dikenal secara luas dan luar biasa. Dikutip dari Teami, teh menduduki peringkat nomor dua sebagai minuman paling sehat di dunia setelah air putih, dan diantara semua jenis teh, adalah teh hijau yang paling sehat.

Kenapa demikian?

Saat disajikan tanpa gula dan tambahan lainnya, teh hijau mengandung nol kalori dan lebih banyak antioksidan daripada teh lainnya. Manfaat green tea atau teh hijau didapat dari kandungan polifenolnya yang lebih banyak ketimbang teh jenis lain. Polifenol ini punya sifat anti-karsinogenik dan anti-inflamasi.

Ini sih baik banget untuk tubuh karena 45 % dari berat green tea adalah akndungan polifenol dan 80 % diantaranya adalah katekin pelindung sel seperti EGCG.

Dengan kandungan ini maka nggak heran kan kalau manfaat green tea dikenal banget di bidang kesehatan. Nggak cuman itu doang nih, green tea juga punya manfaat yang nggak kalah mengagumkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit kamu. Apa aja? Simak yuk dalam ulasan Diadona berikut ini:

1 dari 5 halaman

Manfaat Green Tea untuk Wajah

Ilustrasi Teh Hijau © Diadona

Manfaat green tea nggak cuman ditujukan untuk tubuh dan juga ketenangan pikiran, namun juga bermanfaat untuk kulit. Nggak heran kan kalau bahan ini sering dimasukkan dalam berbagi jenis produk kecantikan.

Perlindungan dari Kanker Kulit

Green tea mengandung polifenol dan enam jenis katekin, dengan epigallocatechin gallate (EGCG) dan epicatechin gallate (ECG) yang memiliki potensi paling besar sebagai antioksidan.

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2010, antioksidan EGCG dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA akibat sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Secara lebih lanjut, bisa dibilang bahwa manfaat green tea adalah untuk membantu melindungi dari kanker kulit nonmelanoma.

Mengobati Jerawat

Manfaat green tea sebagai obat jerawat hadir karena sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikrobanya. Nggak cuman buat perangs ama kulit berjerawat juga nih melainkan juga efektif untuk menjaga kulit biar nggak terlalu berminyak.

Menurut penelitian, kandungan polifenol dalam green tea yang dioleskan ke kulit juga bisa mengurangi sekresi sebum. Kenapa ini penting? Karena sebum inilah yang bisa menjadi penyebab jerawat di wajah.

Cara kerjanya adalah polifenol tersebut akan melawan infeksi bakteri dengan merusak membran selnya. Artinya, manfaat green tea nggak cuman buat mengendalikan sebum aja tapi juga mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Mengurangi Kemerahan dan Iritasi

Kandungan polifenol yang tinggi pada green tea ini memberikan sifat anti-inflamasi pada green tea. Apa fungsinya?

Sifat anti-inflamasi teh hijau dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit dan pembengkakan. Dalam meredakan luka ringan dan sengatan matahari, manfaatkan green tea sebagai olesan ke wajah. Sifat anti peradangan tersebut juga bisa menjadikan green tea sebagai obat yang efektif untuk banyak kondisi dermatologis, misalnya nih psoriasis, dermatitis dan rosacea.

2 dari 5 halaman

Manfaat Green Tea © Diadona

Melindungi dari Sinar Matahari

Salah satu manfaat green tea adalah perlindungan terhadap sinar matahari. eh, ini serius lho!

Minum satu gelas green tea setiap hari bisa mengurangi inflamasi akibat paparan sinar matahari karena kandungan anti inflamasi di dalamnya. Ini juga berlaku sama kalau kamu menggunakan green tea sebagai masker atau produk kecantikan dengan kandungan bahan tersebut.

Eksfoliasi

Green tea punya tekstur abrasi yang lembut dan bisa kamu petik manfaatnya sebagai facial scrub homemade. Facial scru ini bakalan menghilangkan sel kulit mati yang bikin kulit kamu terasa kasar. Nggak cuman itu aja, manfaat green tea untuk bikin kulit kamu makin glowing juga berasal dari kandungan antioksidan kayak yang udah Diadona share barusan. Paket combo, bukan?

3 dari 5 halaman

Manfaat Green Tea © Diadona

Menunda Penuaan Dini

Kandungan EGCG pada green tea memilliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit yang menua. Dengan manfaat greean tea yang demikian maka ini bisa melindungi dan memperbaiki sel serta melawan tanda-tanda penuaan. Nggak lupa juga, green tea bisa membuat kulit kusam terlihat lebih sehat.

Manfaat green tea ini didapat dari kandungan vitamin B-2 yang memiliki kemampuan untuk menjaga kadar kolagen. Ini bisa bikin kulit awet muda dan meningkatkan kekencangan kulit.

Bikin Kulit Lembab

Green tea memang bisa mengurangi produksi sebum penyebab jerawat, namun bukan berarti akan membuat kulit jadi kering, malah bisa bikin lembab lho. Ini karena green tea mengandung beberapa vitamin, diantaranya vitamin E yang ikenal dengan kemampuannya menutrisi dan melembabkan kulit.

Manfaat green tea ini udah dibuktikan melalui sebuah penelitian terhadap tiga puluh orang partisipan yang mengoleskan ekstrak teh hijau ke lengan mereka. Nah di akhir waktu penelitian, ternyata kulit lengan mereka jadi lebih mulus dan nggak kasar lagi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Masker Green Tea

Manfaat Green Tea © Diadona

Untuk mendapatkan manfaat masker green tea, bikin dulu yuk maskernya dnegan bahan-bahan dan cra sebagai berikut ini:

Bahan:

1 sendok teh green tea
1 sendok teh soda kue
1 sendok teh madu
air (opsional)
mangkuk dan sendok

Cara membuat masker green tea

Pertama, seduh secangkir green tea dan biatrkan kantong teh terednam selama kurang lebih satu jam. Kalau udah satu jam, angkat, trus biarkan dingin trus pecahkan kantongnya.

Tempatnya daun ke dalam mangkuk, tambahkan soda kue dan juga madu dan aduk untuk menghasilkan pasta. Kalau pastanya masih terlalu kental, kamu bsia kasih tambahan beberapa tetes air.

Sebelum memakaiannya dan agar manfaat green tea mask ini masuk ke dalam kulitmu, kamu harus membersihkan kulit terlebih dahulu. Trus oleskan masker secara merata ke wajah, pijat dengan lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari pori-pori.

Diamkan masker tersebut selama 10 - 15 menit yah. Trus bilas deh dengan air hangat. Agar manfaat green tea di wajah kamu makin terasa, aplikasikan masker ini paling tidak dua kali seminggu.

Manfaat green tea sebagai masker ini juga bisa kamu kombinasikan dengan bahan-bahan lain seperti gulka pasir untuk penggantu soda kue, atau perasan lemon sebagai pengganti madu. Tapi sesuaikan juga dengan kondisi kulit kamu ya!

5 dari 5 halaman

Manfaat Green Tea untuk Kesehatan

Ilustrasi Teh Hijau © Diadona

Nggak hanya untuk kecantikan kulit kamu aja, kamu pasti tahu kan kalau green tea ini punya segudang manfaat untuk kesehatan. Beberapa diantaranya yaitu:

Menurunkan Risiko Beberapa Jenis Kanker

Karena kandungan antioksidannya yang bagus banget, green tea dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat dan juga kanker kolorektal.

Meningkatkan Fungsi Otak

Bahan aktif kafeinnya merupakan stimulan yang udah terbukti dalam penelitian mampu meningkatkan aspek fungsi otak, mulai dari suasana hati hingg aingatan. Tapi manfaat green tea untuk otak ini bukan cuman karena kafeinnya sih, tapi juga karena asam amino L-theanine , yang dapat melewati sawar darah-otak

Mengandung Senyawa Bioaktif yang Sehat

Teh hijau kaya akan polifenol yang manfaat kesehatannya yang seabrek, mulai dari mengurangi peradangan dan membantu melawan kanker. Juga jangan lupa kandungan katekin yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang membantu mencegah kerusakan sel dan memberikan manfaat lain.

Meningkatkan Pembakaran Lemak

Menurut penelitian, teh hijau mampu meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme. Hmm, mungkin karena ini kali ya sering disebutkan bahwa salahs atu manfaat green tea yang paling ajaib adalah untuk minuman pelangsing tubuh?

Pencegahan Penyakit Kardiovaskuler

Teh hijau juga meningkatkan kapasitas antioksidan darah, yang melindungi partikel LDL dari oksidasi, yang merupakan salah satu jalur menuju penyakit jantung

Mengurangi Bau Mulut

Katekin dalam teh hijau juga memiliki manfaat untuk kesehatan mulut dengan Streptococcus mutans adalah menekan menekan pertumbuhan Streptococcus mutans. Ini adalah bakteri yang jadi kontributor utama dari lubang di gigi dan kerusakan gigi.

Pencegahan Diabetes Tipe 2

Penelitian nunjukin manfaat green tea untuk mencegahan diabetes tipe 2. Seperti apa sih? Green tea disebut dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah lho.

Melindungi Otak dari Penuaan

Teh hijau nggak hanya dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek, tetapi juga dapat melindungi otak seiring dengan bertambahnya usia. Manfaat green tea ini didapat dari kandungan senyawa katekin yang pynya berbagai efek perlindungan pada neuron.

Manfaat green tea banyak banget kan? Nah, jadi pengen buru-buru rutin meminumnya nggak nih?

Beri Komentar