15 Manfaat Ketan Hitam untuk Diabetes dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Rabu, 26 Februari 2020 09:45
15 Manfaat Ketan Hitam untuk Diabetes dan Kesehatan
Sudah tahu manfaat ketan hitam yang biasa kamu olah?

Ketan hitam mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, baik yang masih berbentuk beras hingga berbagai aneka makanan seperti bubur, tape ketan, hingga cendil. Selain mengenyangkan, manfaat ketan hitam juga baik untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat ketan hitam memiliki kandungan serat cukup tinggi, tetapi mengandung kalori cukup rendah.

Ketan hitam ternyata juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin, dan nutrisi yang bermanfaat untuk membantu mengobati diabetes. Makanan ini bisa dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat ketan hitam yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Tape Ketan Hitam

Tape ketan hitam merupakan hasil fermentasi beras ketan hitam yang sebelumnya mendapat pencampuran ragi, yang kemudian didiamkan dalam beberapa hari untuk mendapatkan hasil ferementasi berupa kandungan alkohol. Alkohol inilah yang menyebabkan beras ketan hitam menjadi terasa manis menyegarkan. Selain rasanya yang enak, berikut adalah manfaat tape ketan hitam.

Ilustrasi Tape Ketan © Diadona

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat tape ketan hitam yang pertama adalah memiliki sifat antiinfalamsi atau antiperadangan, sehingga apabila tape ketan ini dikonsumsi secara teratur dapat menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit menjadi tampak lebih sehat. Untuk mendapatkan manfaat ketan hitam bagi kesehatan, kamu tetap perlu memerhatikan jumlah konsumsinya. Pastikan mengonsumsi tape ketan hitam tidak berlebihan.

Hal ini dikarenakan di dalam tape terdapat kandungan alkohol yang tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah serta dapat meningkatkan asam lambung pada penderita maag.

Melancarkan sistem pencernaan

Selain mengandung asam laktat dan zat besi, manfaat ketan hitam didapat karena adanya kandungan serat. Serat mampu membantu memperlancar sistem pencernaan, sehingga tape ketan juga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan.

Mengobati penyakit ambeien

Manfaat tape ketan hitam selanjutnya dapat mengobati penyakit ambeien. Beberapa literature mengatakan bahwa tape, baik dari ketan putih maupun ketan hitam dapat mengobati gejala ambeien atau yang sudah parah. Selain itu, manfaat ragi yang ada di dalam tape dapat menyehatkan pencernaan dan menyehatkan saluran pembuangan. Penyakit ambeien bisa diatasi dengan mengonsumsi tape ketan yang sudah benar-benar masak ini secara rutin, yaitu 3 kali sehari.

Mengobati penyakit anemia

Manfaat tape ketan hitam berikutnya adalah mengobati penyakit anemia. Manfaat ketan hitamm ini didapat karena tape ketan hitam mengandung zat besi. Zat besi sangat berguna bagi pembentukan sel darah merah (eritosit). Sehingga tubuh akan mempunyai cukup sel darah merah dan terhindar dari penyakit kurang sel darah merah atau anemia.

Mencegah kanker

Ilustrasi Kanker Payudara © Diadona

Manfaat tape ketan hitam selanjutnya adalah mampu mencegah terbentuknya sel-sel penyebab kanker. Manfaat ketan hitam ini didapat karena adanya asam laktat dari tape ketan hitam di dalamnya. Kandungan asam laktat ini juga dapat mencegah terbentuknya sel-sel penyebab kanker. Hal ini akan bersifat baik bagi tubuh manusia.

Menurunkan kolesterol dalam tubuh

Manfaat tape ketan hitam untuk kesehatan selanjutnya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih sehat. Manfaat ketan hitam ini didapat karena adanya asam laktat yang terkandung di dalamnya.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat tape hitam untuk kesehatan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam laktat pada tape ketan yang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah terinfeksi virus-virus penyakit dan tubuh akan terasa lebih sehat.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bubur Ketan Hitam

Salah satu olahan ketan hitam yang dapat kita jumpai dengan mudah lainnya adalah bubur ketan hitam. Berikut adalah manfaat bubur ketan hitam.

Ilustrasi Bubur Ketan Hitam © Diadona

Menjaga berat badan

Manfaat ketan hitam kaya akan serat. Serat pada ketan hitam ini dipercaya dapat mencegah masalah pada pencernaan. Selain itu, seratnya ini juga mampu mempertahankan berat badan ideal.

Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti ketan hitam dapat membuat kamu merasa lebih cepat kenyang. Rasa kenyang ini akan cenderung bertahan lama sehingga jumlah porsi makan dapat terkontrol dan berat badan akan terjaga.

Bantu proses pembentukan sel dan jaringan

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan selanjutnya mampu membantu proses pembentukan sel dan jaringan. Manfaat ini didapatkan dari adanya kandungan protein dalam ketan hitam. Ketan hitam bisa kamu jadikan alternatif untuk mendapatkan asupan nutrisi protein nabati. Protein sangat penting dalam membentuk sel dan membangun berbagai jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit dan tulang.

Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan lainnya mampu membantu memperkuat sistem kekbalan tubuh. Manfaat ketan hitam ini dikarenakan adanya kandungan vitamin E yang tinggi di dalamnya. Vitamin E pada ketan hitam juga dapat melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Hal ini juga bisa dikaitkan dengan tingginya kandungan antosianin dalam ketan hitam.

Mencegah anemia

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu mencegah anemia. Hal ini dikarenakan ketan hitam mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Apabila tubuh kekurangan zat besi, maka akan mengakibatkan kamu menderita anemia. Oleh karena itu, mengonsumsi ketan hitam dengan takaran yang tepat dipercaya dapat mengurangi risiko terkena anemia akibat kekurangan zat besi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Beras Ketan Hitam

Karakteristik beras ketan hitam ini berwarna hitam saat belum dimasak. Namun, setelah dimasak warnanya akan berubah menjadi keunguan. Warna hitam pada ketan hitam ini merupakan tanda bahwa bahan makanan ini mengandung antosianin yang tinggi. Antoisanin merupakan pigmen antioksidan yang juga banyak ditemukan di terong dan blueberry. Berikut manfaat beras ketan hitam yang harus kamu tahu.

Ilustrasi Ketan Hitam © Diadona

Pewarna alami makanan

Pigmen warna dalam ketan hitam bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami dalam mengolah makanan, mulai dari merah muda hingga hitam. Memakai pewarna makanan dari ketan hitam akan lebih baik bagi kesehatan karena merupakan bahan alami. Jadi, daripada menggunakan pewarna buatan yang cenderung tidak aman, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan pewarna alami dari ketan hitam. Mengurangi konsumsi makanan dengan pewarna buatan dapat mencegah terjadinya masalah kesehatan.

Melawan kanker dan penyakit jantung

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan selanjutnya dipercaya mampu membantu melawan kanker dan penyakit jantung. Manfaat ketan hitam untuk melawan kanker dan penyakit jantung ini dikarenakan adanya kandungan antosianin di dalamnya. Antosianin yang merupakan salah satu pigmen dari antioksidan ini memiliki peran penting untuk mengurangi kadar koletserol jahat atau LDL, sehingga mampu melawan penyakit jantung.

Selain itu, jenis antioksidan ini juga memiliki sifat antiradang dan antikanker sehingga antosianinnya mampu menurunkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Detoks racun

Manfaat ketan hitam dipercaya mampu detoks atau membersihkan racun di dalam tubuh. Manfaat ketan hitam mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif untuk membersihkan pestisida dan zat kimia seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Ketan Hitam untuk Diabetes

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Manfaat ketan hitam mampu mengobati penyakit diabetes. Namun kamu perlu mengonsumsi bubur ketan hitam tanpa santan dan gula. Manfaat ketan hitam mengandung serat cukup tinggi yang bekerja untuk mengatur pelepasan insulin dan glukosa ke aliran darah, sehingga akan mengurangi lonjakan maupun penurunan gula darah.

Olahan ketan hitam apa yang kamu sukai? Tulis di kolom komentar ya!

Beri Komentar