15 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Rabu, 15 Januari 2020 15:50
15 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan Ibu Hamil
Taukah kamu salah satu manfaat kangkung adalah mengobati penyakit kangkung? Berikut adalah manfaat kangkung yang harus kamu ketahui.

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan sayur kangkung ini. Tumbuhan yang termasuk ke dalam jenis sayur-sayuran ini banyak dijual di pasar. Sayur kangkung merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir dimana-mana terutama di kawasan berair.

Kangkung ini sering dimasak sebagai tumis kangkung. Kandungan sayur ini juga sangat bagus untuk tubuh jika di konsumsi secara tepat. Nutrisi yang terkandung dalam kangkung ini ada protein, lemak, karbohidtar, vutamin, mineral, serat dan senyawa antioksidan untuk menyehatkan tubuh kita. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat kangkung yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Sayur Kangkung

Ilustrasi kangkung © Diadona

Dari kandungan yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat sayur kangkung ini sangatlah bagus untuk tubuh. Berikut adalah manfaat kangkung tersebut.

1. Mendetoks tubuh dari dalam

Manfaat kangkung yang pertama adalah mendetoks tubuh dari dalam. Hal ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi, kangkung bersifat mendetoks tubuh. Efek sedatif yang dimiliki sayur kangkung dapat mentralkan racun karena mampu membawa zat-zat kaya manfaat ke dalam saluran cerna.

2. Menjaga kesehatan mata

Senyawa yang terdapat dalam kangkung dapat menurunkan risiko penyakit katarak dan menjaga kesehatan mata.

3. Mencegah radikal bebas

Manfaat kangkung selanjutnya adalah dapat mencegah radikal bebas, hal ini karena sayur kangkng mengandung senyawa fitokimia.

4. Menguatkan tulang, otot, dan sendi

Manfaat kangkung selanjutnya adalah menguatkan tulang, otot, dan sendi. Hal ini karena kangkung memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan tulang, otot, dan sendi di setiap 100gr kangkung segar.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil

Ilustrasi wanita hamil © Diadona

Ibu hamil tentu membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi untuk ibu, dan anak yang sedang dikandungnya. Kangkung ini tentu dapat membantu untuk memenuhi nutrisi tersebut, dan akan bermanfaat untuk ibu hamil. Berikut manfaat tersebut.

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kangkung mengandung kalsium dan fosfor. Kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi pada ibu hamil. Selain itu, zat gizi ini juga turut membantu proses pertumbuhan dan perkembangan tulang maupun gigi pada janin yang ada di dalam kandungan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kangkung mengandung serat dan kaya akan vitamin C. Vitamin ini merupakan salah satu zat gizi yang memegang peranan penting dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Jika mencukupi kebutuhan vitamin dari kangkung, maka manfaat kangkung untuk ibu hamil tidak akan mudah terserang beragam penyakit infeksi.

3. Menurunkan risiko anemia

Kangkung mengandung zat besi, yang baik untuk membantu proses pembentukan hemoglobin oleh sel darah merah. Dengan begitu ibu hamil akan mendapatkan manfaat kangkung untuk ibu hamil yaitu menurunkan risiko anemia atau kurang darah.

4. Terhindari dari diabetes gestasional

Manfaat kangkung untuk ibu hamil juga mampu membantu menstabilkan kadar gula darah dan menghambat penyerapan glukosa. Dengan mengonsumsi kangkung selama masa kehamilan akan memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami diabetes gestasional.

5. Mencegah sembelit

Kangkung mengandung serat yang sangat tinggi. Kandungan seratnya yang tinggi ini akan menjauhkan ibu hamil dari risiko gangguan pencernaan seperti sembelit. Ibu hamil bisa mengonsumsi kangkung dalam jumlah yang cukup selama kehamilan untuk merasakan manfaat kangkung untuk ibu hamil.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kangkung bagi Kesehatan

Ilustrasi bahagia © Diadona

Sayur kangkung ini dapat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah manfaat kangkung bagi kesehatan.

1. Mengobati penyakit kuning

Penyakit kuning dan masalah hati bisa diatasi dengan mengkonsumsi kangkung. Sayuran ini bisa digunakan untuk pengobatan ayurvedic pada penyakit kuning dan masalah hati. Ekstrak kangkung ternyata dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati yang disebabkan oleh bahan kimia karena modulasi enzim detoksifikasi, antioksidan dan sifat pemicu radikal bebas.

2. Mengurangi kolesterol

Manfaat kangkung selanjutnya adalah bisa mengurangi kolesterol. Kangkung adalah sayuran yang baik dan bisa menurunkan berat badan hingga mengurangi kolesterol secara alami.

3. Mencegah penyakit sariawan

Kandungan vitamin C pada kangkung bisa mencegah penyakit sariawan, hingga gusi berdarah. Kamu hanya perlu mengunyah daun kangkung yang sudah dibersihkan. Daun kangkung ini juga mengandung antiseptik alami yang bisa membunuh kuman pada gigi dan mulut.

4. Sebagai obat susah tidur (insomnia)

Kandungan karbohidrat dan lemak dalam kangkung bisa memicu otak untuk merasakan kantuk. Manfaat kangkung juga bisa digunakan untuk memperbaiki waktu tidur yang tidak teratur. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan mengkonsumsi kangkung yang sudah diolah seperti ditumis dan kemudian disantap dengan nasi.

5. Mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan

Manfaat kangkung selanjutnya bisa mengatasi sembelit karena kandungan serat yang tinggi pada sayur ini. Hal ini dapat membantu pencernaan dengan cara yang alami. Kamu bisa membuat jus kangkung rebus jika mengalami sembelit. Selain itu, kangkung juga sering digunakan untuk pengobatan infestasi cacing usus karena mengandung lateks yang digunakan sebagai agen pencahar.

6. Mencegah anemia

Zat besi dan fosfor pada sayur kangkung bisa menjadi zat utama untuk melawan anemia. Zat besi dan fosfor berperan dalam mendukung asupan oksigen dan zat gizi yang optimal bagi sel dan organ tubuh. Pilihlah kangkung muda, karena kandungan zat besinya masih cukup tinggi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kangkung

Ilustrasi kangkung © Diadona

Karena kangkung mengandung purin yang mana jika kamu memiliki riwayat asam urat dianjurkan untuk membatasi konsumsi kangkung. Daun kangkung ini akan menjadi bermanfaat jika dikonsumsi dengan tepat. Berikut adalah manfaat daun kangkung yang harus kamu ketahui.

1. Menurunkan risiko diabetes

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin kangkung dapat menurunkan risiko diabetes. Sayur ini juga bisa digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

2. Mencegah kanker

Mengandung 13 jenis senyawa antioksidan, kangkung adalah makanan yang tepat untuk pencegahan kanker. Sayur ini juga dikatakan dapat mencegah kanker perut serta kanker kulit dan payudara.

3. Menghilangkan jerawat

Manfaat kangkung ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Dengan menghaluskan daun kangkung, kemudian menggunakannya sebagai masker.

Apakah kamu suka dengan sayur kangkung? Kamu biasa memasaknya menjadi apa selain tumis kangkung? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar