16 Manfaat Bayam Merah untuk Ibu Hamil dan Bayi

Health | Jumat, 7 Mei 2021 16:31

Reporter : Sheila Fathin

Bayam merah sebagai asupan ibu hamil dan si bayi

Manfaat bayam merah bagus nggak sih? Saat kita berbicara tentang bayam, dibenak kalian pastinya yang muncul adalah bayam yang berwarna hijau. Bayam seringnya memang berwarna hijau. Namun, bayam juga punya dua jenis warna yaitu bayam hijau dan bayam merah. Bayam dikenal sebagai sumber sayuran yang kaya akan nutrisi. Hanya saja, bayam hijau dan bayam merah memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang berbeda. 

Manfaat bayam merah memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Antosianin ini merupakan jenis senyawa flavonoid yang sama efeknya dengan antioksidan. Kandungan antioksidan ini bisa ditemukan secara alami melalui buah dan sayuran. Selain itu, bayam merah juga bagus untuk dikonsumsi oleh bayi dan ibu hamil. Hal ini karena nilai gizinya yang tinggi termasuk zat besi, vitamin dan mineral. Maka dari itu mari mengenal lebih jauh manfaat bayam merah yang luar biasa bagi bayi dan ibu hamil ini.

16 Manfaat Bayam Merah untuk Ibu Hamil dan Bayi
2 dari 4 halaman

Manfaat Bayam Merah untuk Bayi

Manfaat Bayam MerahManfaat Bayam Merah © 2021 freepik.com

Bayam adalah harta karun yang penuh dengan mineral. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa bayam merupakan makanan yang sempurna untuk bayi:

Membuat Tulang Bayi Lebih Kuat

Kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium dan fosfor, manfaat bayam merah ini berperan penting untuk memperkuat tulang dan membantu tubuh dan perkembangan si bayi.

Baik untuk Pembentukan Otot Bayi

Bayam merah mengandung 2,14 gram protein. Manfaat bayam merah ini menjadikannya sebagai sumber asam amino vegetarian yang baik dan cocok dengan makanan berprotein tinggi lainnya. Bayi sangat membutuhkan asupan protein untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya yang sehat.

Sistem Peredaran Darah yang Sehat

Manfaat bayam merah ini mengandung perpaduan zat besi dan protein yang dapat membantu sirkulasi yang tepat dalam tubuh. Hal ini karena kombinasi kedua kadungan ini membantu membangun kadar hemoglobin dalam tubuh si bayi.

Menjaga Kekebalan Tubuh Bayi

Bayi sangat rentang terhadap penyakit, sehingga makanan yang diberikan haruslah bagus untuk menjaga kesehatan si bayi. Manfaat bayam merah kali ini mengandung multivitamin yang dibutuhkan untuk sistem kekebalan yang sehat. Selain itu, bayam merah ini faktanya merupakan sumber yang kaya akan vitamin K.

Membantu Menghidrasi Bayi

Bayam merah mengandung lebih dari 90% air. Nah, berarti manfaat bayam merah kaya akan cairan yang bisa membuat dan menjaga keadaan bayi kamu tetap terhidrasi.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat bayam merah bisa membantu menjaga kesehatan mata si bayi. Hal ini karena bayam merupakan sumber beta karoten atau vitamin A yang kaya untuk dapat meningkatkan penglihatan.

Membantu Masalah Lambung si Bayi

Bayi mengalami masalah lambung karena tubuh mereka tidak memiliki sistem yang sepenuhnya matang. Hal ini bahkan dapat menimbulkan kegelisahan pada anak. Makan bayam merah adalah cara yang bagus untuk membantu mengatasi masalah lambung pada si kecil.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sayur Bayam Merah

Manfaat Bayam MerahManfaat Bayam Merah © 2021 Boldsky/pinterest.com

Membantu Mengobati Masalah Pencernaan

Manfaat bayam merah yang diolah menjadi sayur ini mengandung serat yang baik dalam membersihkan usus besar dan mengatur pergerakan usus. Serat yang terkandung dalam bayam merah ini dapat mengobati masalah sembelit secara alami. Kandungan seratnya bisa mendorong kotoran di usus besar kamu.

Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Mengandung nitrat, manfaat bayam merah berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. Sehingga terbukti dengan mengkonsumsi bayam merah dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah diastolik rata-rata turun menjadi 3,7 mm Hg setelah mengonsumsi suplemen nitrat dari bayam merah selama tiga hari.

Mengobati Kanker

Asam amino esensial, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin E, kalium dan vitamin C merupakan kandungan yang terdapat di dalam sayur bayam mereh. Manfaat bayam merah yang kaya akan antioksidan ini sangat bermanfaat melawan radikal bebas. Radikal bebas ini lah yang menyebabkan terjadinya kanker.

Menjaga dan Mengobati Ginjal

Fungsi ginjal memegang peranan penting untuk menjaga sistem tubuh kita. Ginjal berfungsi untuk menyeimbangkan kimiawi tubuh kita dan menyeimbangakna asam dan basa dalam tubuh. Nah, manfaat bayam merah berfungsi untuk membersihkan ginjal dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Sebagai Pengobatan Disentri

Manfaat bayam merah bermanfaat untuk menyembuh disentri.Sayuran ini mengandung serat yang mudah larut. Serat ini membantu untuk menyerap air dan membantu jalur pencernaan. Dengan demikian, zat bayam merah dapat membunuh bakteri dan virus penyebab disentri dan sekaligus membersihkan usus.

Membantu Penurunan Kolesterol

Manfaat bayam merah memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol. Bayam merah merupakan sayuran berserta yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu menurunkan berat bada. Ditambah bayam merah juga kaya akan vitamin E, yaitu tocotrienols, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bayam Merah untuk Ibu Hamil

Manfaat Bayam MerahManfaat Bayam Merah © 2021 freepik.com

Seorang ibu hamil juga membutuhkan nutrisi yang disediakan oleh bayam merah. Apa saja, sih manfaat bayam merah?

Membantu Meningkatkan Mood

Vitamin B yang ada pada bayam merah bermanfaat untuk meningkatkan mood ibu hamil. Pertimbangkan untuk menambahkan bayam ke dalam makanan, jika mood saat sedang hamil tidak baik. Makan bayam dapat membantu mencegah depresi serta menurunkan stres dan kecemasan.

Membuat Kulit Tampak Bercahaya

Manfaat bayam merah untuk ibu hamil ini juga bisa membuat kulit ibu hamil tampak bercahaya dan sehat. Kandungan protein pada bayam merah berguna untuk memperbaiki sel, memproduksi asam amino dalam tubuh dan untuk menjaga kesehatan kulit, otot, dan tulang.

Kaya Akan Kandungan Zat Besi

Ibu hamil sering kali mengalami anemia. Kandungan zat besi dalam bayam merah dapat dimanfaat oleh ibu hamil. Manfaat bayam merah yang tinggi zat besi ini bisa membantu mencegah ibu hamil mengalami anemia.

Manfaat bayam merah untuk bayi dan ibu hamil ini sangat bagus. Kandungannya bisa membantu dan menjaga pertumbuhan bayi semakin baik dan sehat.

Join Diadona.id