16 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Health | Jumat, 24 Januari 2020 06:00

Reporter : Sofi

Taukah kamu jika manfaat daun kelor ini tidak hanya untuik kesehatan saja tapi juga untuk kecntikan? Berikut manfaat daun kelor yang mengesankan.

Moringa oleifera adalah tanaman yang telah dipuji karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun. Sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Sejauh ini, para ilmuwan hanya menyelidiki sebagian kecil dari banyak manfaat kesehatan yang terkenal. Berikut adalah manfaat daun kelor yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

16 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah
2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Karena kandungan daun kelor yang kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman bioaktif, manfaat daun kelor ini baik untuk kesehatan. Berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan.

Menyehatkan mata

ilustrasi matailustrasi mata © imgur.com

Manfaat daun kelor untuk kesehatan yang pertama adalah menyehatkan mata. Daun kelor memiliki kandungan tinggi vitamin A yang sangat baik untuk mata. Beberapa fungsi vitamin A untuk kesehatan mata di antaranya adalah mencegah risiko penyakit mata plus, minus dan silinder.

Selain itu vitamin A juga berguna untuk mencegah katarak, serta melindungi kesehatan mata secara umum. Penderita diabetes hendaknya meningkatkan asupan vitamin A karena khasiatnya yang dapat menjernihkan penglihatan. Kamu bisa mengonsumsi daun kelor untuk kesehatan mata dengan menjadikannya sebagai sayur bening.

Antioksidan dan antiinflamasi

Sebuah laporan yang diterbitkan Asia Pacific Journal of Cancer Prevention menyebutkan daun kelor mengandung campuran asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, serta antioksidan seperti quercetin, dan senyawa antibakteri alami yang memiliki fungsi seperti obat antiinflamasi. Daun kelor memiliki beberapa senyawa antipenuaan yang mampu menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan. Manfaat daun kelor semakin optimal dengan adanya senyawa polifenol, vitamin C, betakaroten, quercetin, dan asam klorogenat.

Kandungan-kandungan tersebut diketahui memiliki khasiat penting dalam penurunan risiko penyakit kronis seperti kanker usus besar, perut, paru-paru, diabetes, hipertensi, dan penyakit mata akibat faktor usia.

Mengobati rematik

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah untuk mengobati rematik. Penggunaan daun kelor dalam pengobatan rematik untuk mengurangi rasa sakit pada sendi dan menurunkan penumpukan asam urat pada sendi. Kondisi ini sangat penting dalam mengatasi masalah rematik atau asam urat.

Menjaga kesehatan ginjal

Mengonsumsi makanan sehat otomatis membantu fungsi ginjal bekerja dengan optimal. Sebaliknya makanan tak sehat (salah satunya makanan tinggi lemak) akan menumpuk di ginjal. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya masalah kesehatan. Namun, dengan konsumsi daun kelor, otomatis membantu mengembalikan kesehatan ginjal yang sudah dalam kondisi tak baik.

Anti kanker

Manfaat daun kelor untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai anti kanker, menurut studi mengenai kultur jaringan sel kanker serviks manusia, yang diterbitkan di jurnal Food and Chemical Toxicology edisi Juni 2011. Ekstrak daun kelor mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker.

Hal ini menunjukkan daun kelor berpotensi sebagai pencegahan alami kanker. Antioksidan di dalam daun kelor sangat tinggi, selain itu kandungan potasium yang tinggi. Membuat daun kelor memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker di dalam tubuh.

Mencegah penyakit jantung

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Medicinal Food edisi Februari 2009 menemukan bahwa daun kelor mampu mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan. Dalam studi tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan lipid teroksidasi yang lebih rendah, dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural.

Para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor memberikan manfaat daun kelor yang signifikan untuk kesehatan jantung. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan, untuk memperkuat hasil penemuan tersebut.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Karena memiliki sifat antiinflamasi, manfaat daun kelor dapat mencegah atau mengobati sakit maag, penyakit hati, kerusakan ginjal, keluhan pencernaan, dan infeksi. Penggunaan umum dari minyak kelor membantu meningkatkan fungsi hati. Hal itu penting untuk proses detoksifikasi racun dan zat berbahaya di dalam tubuh. Manfaat daun kelor juga bisa mengatasi penyakit batu ginjal, infeksi saluran kemih, sembelit, retensi cairan dan diare.

3 dari 5 halaman

Manfaat Teh Daun Kelor

ilustrasi teh daun kelorilustrasi teh daun kelor © debsgastronomy.com

Daun kelor bisa dijadikan sebagai teh. Berikut manfaat teh daun kelor yang harus kamu ketahui.

Menjaga berat badan

Salah satu manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah menjaga berat badan. Teh daun kelor membantu menangani masalah pencernaan, yang manfaatnya merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori. Sebagian orang membuat teh dari daun kelor, hal ini sangat baik karena adanya manfaat kandungan yang kaya akan polyphenol. Senyawa ini merupakan antioksidan yang memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan berkontribusi dalam proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Membasmi bakteri dan jamur

Manfaat teh daun kelor adalah dapat membasmi bakteri dan jamur pada tubuh. Teh daun kelor memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat memberantas bakteri dan jamur yang ada di mulut. Mengonsumsi teh daun kelor dapat mencegah mulut dari serangan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Mengatasi peradangan

Manfaat teh daun kelor terdapat pada kandungan antoksidan yang dimilikinya. Teh daun kelor mengandung antioksidan yang baik untuk mengatasi masalah peradangan pada tubuh. Selain itu teh daun kelor juga memiliki kandungan baik yang lain seperti polifenol, isothiocyanate, flavonoid, karotenoid, dan asam askorbat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes

ilustrasi diabetesilustrasi diabetes © rawpixel.com

Tingginya kandungan mineral seng, membuat manfaat daun kelor memiliki sifat antidiabetes. Kandungan tersebut diperlukan untuk produksi insulin. Hal itu terungkap dalam penelitian University of Wiconsin LaCrosse, yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes edisi Juni 2012. Daun kelor dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga menjadi normal.

Daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Sehingga konsumsi sayur daun kelor bisa mencegah penyakit gula darah atau diabetes. Senyawa asam chlorogenic pada daun kelor terbukti membantu mengontrol kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa (gula) yang diperlukan. Selain asam chloregnic, senyawa isothiocyanate juga telah dikaitkan dengan perlindungan alami terhadap penyakit diabetes. Cara mengolah daun kelor dengan direbus:

- Cuci bersih daun kelor lalu rebus hingga mendidih.

- Saring rebusan daun kelor.

- Minum rebusan tanpa mencampurkannya dengan apapun agar khasiat tidak hilang.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Ilustrasi Wajah CantikIlustrasi Wajah Cantik © 2019 https://www.diadona.id/@wonderslist

Selain untuk kesehatan, manfaat daun kelor juga untuk kecantikan wajah. Berikut manfaat daun kelor untuk wajah.

Menghilangkan flek hitam

Bagi kamu yang sering berjerawat, mungkin kamu akan mengalami hal ini. Flek hitam merupakan musuh bagi para wanita. Setelah jerawat, hal menyebalkan setelahnya adalah flek hitam dan bekas jerawat lainnya.

Untuk kamu yang jangan pesimis, tinggal cari daun kelor untuk mengatasinya. Gunakan daun kelor sebagai masker, untuk kadarnya, gunakan saja sebanyak mungkin yang bisa ditempelkan di wajah. Tambahkan madu, ataupun temulawak untuk hasil lebih maksimal dan agar lebih mudah lengket diwajah. Kamu juga bisa mengkonsumsi sayur daun kelor untuk mengurangi tingkat stres. Jika stres berkurang, maka jerawat pun akan berkurang.

Mengatasi kulit berminyak

Berdasarkan riset yang ada, kulit berminyak dapat di atasi dengan vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin C. Kamu bisa menggunakan manfaat daun kelor yang memiliki semua kandungan vitamin yang dibutuhkan wajah berminyak. Gunakan sebagai masker wajah, kamu juga bisa menambahkan alpukat untuk memenuhi kebutuhan vitamin E nya.

Mengangkat sel kulit mati

Beberapa riset sudah membuktikan bahwa kombinasi vitamin daun kelor mampu mengangkat sel kulit mati serta menjaga nutrisi kulit tersebut. Caranya sama, gunakan daun kelor dipermukaan yang ingin kamu angkat kulit matinya. Untuk penggunaan di wajah, jadikan daun kelor sebagi masker wajah.

Mencerahkan kulit wajah

Manfaat daun kelor yang selanjutnya yaitu untuk menjaga kebersihan kulit. Wajah akan tanpa lebih cerah serta dapat menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah. Wajah tampak halus dan terwat dengan daun kelor. Kamu hanya perlu menghaluskan daun kelor dan mencampurkan sedikit madu. Kemudian gunakan masker ini di wajah pada saat sebelum tidur. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Mengecilkan pori-pori kulit

Ada baiknya kamu gunakan manfaat daun kelor untuk mengecilkan pori-pori di wajah kamu. Pori-pori besar biasanya muncul karena paparan sinar matahari atau bekas jerawat. Kamu bisa menggunakan daun kelor untuk mangatasinya, caranya sangat mudah, gunakan daun kelor sebagai masker. Jika menggunakan secara rutin, kamu akan merasakan hasil yang luar biasa.

Itulah manfaat daun kelor yang mengesankan, bukan? Semoga manfaat daun kelor tersebut bermanfaat bagi kamu!

Join Diadona.id