16 Manfaat Daun Kumis Kucing dan Daun Keji Beling atau Pecah Beling untuk Kesehatan

Reporter : Sofi
Selasa, 11 Februari 2020 13:01
16 Manfaat Daun Kumis Kucing dan Daun Keji Beling atau Pecah Beling untuk Kesehatan
Manfaat apa saja sih yang ada di dalam daun kumis kucing?

Manfaat kumis kucing yang paling berkhasiat adalah daunnya, karena mengandung kadar kalium yang tinggi, glikosida orthosiponin yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari dalam tubuh. Manfaat daun kumis kucing ini tentu banyak dan bisa untuk kesehatan lainnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat daun kumis kucing yang harus kamu ketahui.

1 dari 6 halaman

Manfaat Daun Keji Beling dan Kumis Kucing

Menurut penelitian, daun keji beling mengandung kafein, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2 hingga sederet zat gizi lain yang tentunya punya khasiat baik dan bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, penelitian hingga saat ini mengungkapkan sifat bioaktif yang beragam pada kumis kucing, seperti antiinflamasi, antioksidan, antihipertensi, antimikroba, anti-angiogenik, analgesik, hepatoprotektif, dan sifat hipoglikemik.

Dari kedua tanaman tersebut yang mengandung masing-masing kandungan yang luar biasa jika digabungkan akan menghasilkan manfaat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut manfaat daun kumis kucing dan daun keji beling yang mengesankan.

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Keji Beling

Manfaat daun kumis kucing dan daun keji beling perlu dibahas secara terpisah, karena keduanya memiliki manfaat yang tentunya ada juga yang berbeda. Walaupun salah satu manfaat daun kumis kucing dan daun keji beling yaitu baik untuk ginjal.

Dalam menggunakan manfaat daun keji beling dan kumis kucing, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya agar lebih aman. Berikut manfaat daun keji beling yang harus kamu tahu.

Ilustrasi Daun Keji Beling © Diadona

Mengobati diabetes

Manfaat daun keji beling juga berguna dalam menangani diabetes. Walaupun belum diuji kepada manusia, berdasarkan penelitian oleh Universiti Putra Malaysia, penggunaan daun keji beling dapat menurunkan gula darah pada percobaan menggunakan tikus lab. Manfaat penurunan gula darah dan kolesterol ini datang dari kandungan antioksidan dan polifenolnya.

Melawan radikal bebas

Menurut Penelitian dari Universiti Sains Malaysia, manfaat daun keji beling mengandung sejumlah antioksidan penting. Mulai dari polifenol, flavonoid, katekin, alkaloid, dan tanin. Antioksidan penting untuk melawan efek radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat berbahaya yang menjadi penyebab kemunculan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, penurunan penglihatan (degenerasi makula), hingga Alzheimer.

Meluruhkan batu ginjal

Manfaat daun keji beling dan kumis kucing sama sama dapat mengobati ginjal. Keji beling adalah obat herbal untuk membantu meluruhkan batu ginjal dan batu kandung kemih. Obat ini tersedia dalam bentuk pil dan kapsul. Keji beling mengandung bahan aktif daun kejibeling, daun kumis kucing, dan daun tempuyung. Ketiga bahan tersebut dipercaya bisa meluruhkan batu ginjal dan batu kandung kemih.

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat daun kumis kucing.

Ilustrasi Kumis Kucing © Diadona

Obati ginjal

Manfaat daun kumis kucing terkenal khasiatnya dalam menyembuhkan penyakit ginjal. Menurut berbagai penelitian klinis, ramuan daun kumis kucing dapat mengobati berbagai infeksi seperti infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil dan batu kandung kemih. Kumis kucing memiliki sifat diuretik. Dengan mengatur keluaran asam amino dan metabolisme kolin, kumis kucing dapat melindungi terhadap cedera ginjal yang diinduksi oksalat.

Cegah hipertensi

Manfaat daun kumis kucing memiliki kandungan Methylripariochromene A (MRC) yang juga berfungsi membantu merelaksasi otot dan memperbesar pembuluh darah. Rutin mengonsumsi ramuan kumis kucing juga dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Methylripariochromene A diyakini bermanfaat dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium yang tinggi di tanaman ini juga bermanfaat dalam mengobati hipertensi, karena kalium membantu mengurangi efek sodium. Orang dewasa perlu mengonsumsi 4.700 miligram (mg) kalium sehari.

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Pecah Beling dan Kumis Kucing

Manfaat daun kumis kucing dan daun pecah beling tentunya bisa menjadi alternatif pengobatan berbagai penyakit. Apalagi sebagai obat herbal, tentunya kamu bisa memanfaatkannya dengan lebih aman. Walaupun begitu, dalam menggunakan obat herbal, kamu harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter agar lebih aman.

Mungkin kamu juga belum familiar dengan daun pecah beling atau juga disebut sebagai daun keji beling. Tanaman ini banyak ditemukan di pekarangan atau di antara rerumputan liar. Berikut manfaat daun pecah beling tersebut.

Menyembuhkan luka diabetes

Bagi penderita diabetes, luka kecil saja bisa bertambah parah dan lama sembuhnya. Nah manfaat daun pecah beling ternyata dipercaya berpotensi untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes. Namun, lagi-lagi manfaat daun keji beling ini baru sebatas diuji pada tikus lab.

Melawan radikal bebas

Merangkum penelitian dari Universiti Sains Malaysia, daun keji beling mengandung sejumlah antioksidan penting. Mulai dari polifenol, flavonoid, katekin, alkaloid, dan tanin. Penelitian ini membandingkan daun keji beling yang difermentasi dan yang tidak difermentasi, serta beberapa jenis daun teh lainnya seperti teh hijau dan teh hitam.

5 dari 6 halaman

Manfaat daun pecah beling jika digabungkan dengan manfaat daun kumis kucing tentu akan menjadi obat tradisional yang memiliki banyak manfaat karena masing-masing dari tanaman memiliki manfaat yang luar biasa. Berikut manfaat daun kumis kucing tersebut.

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Antibakteri

Manfaat daun kumis kucing dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri karena kumis kucing terdiri dari beberapa senyawa seperti fenol dan asam caffenik. Dengan demikian itu dapat dengan mudah diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan luka, memar dan berbagai jenis infeksi lainnya.

Mengatasi masuk angin

Jika kamu mengalami masuk angin yang diakibatkan makan tidak teratur, kurang tidur dan cuaca dingin, manfaat kumis kucing juga bisa kondisi yang sering rasakan banyak orang.

Menyembuhkan asam urat

Manfaat kumis kucing terdiri dari enzim yang bisa menyembuhkan asam urat atau encok. Kumis kucing memiliki enzim seperti flavonoid dan asam alami yang mengurangi rasa sakit dan karena itu menghindari dari semua jenis rasa sakit. Manfaat kumis kucing juga menunjukkan kemajuan dalam mengobati radang sendi.

Mengobati gusi bengkak

Banyak orang menderita masalah terkait dengan gusi bengkak yang dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Kabar baiknya, manfaat kumis kucing bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak dengan mudah.

Menyembuhkan masalah kandung kemih

Karena kumis kucing dapat membersihkan traktat dan memudahkan sistem kerjanya, manfaat kumis kucing sangat efektif dalam melawan infeksi di kandung kemih dan juga mencegah masalah kandung kemih terjadi di masa depan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan bagus untuk menurunkan asam urat, dan membersihkan empedu dan ginjal. Tidak hanya itu saja, manfaat daun kumis kucing juga bisa untuk kesehatan lainnya. Berikut manfaat daun kumis kucing tersebut.

Ilustrasi Kumis Kucing © Diadona

Obati rematik

Ekstrak daun kumis kucing juga dapat mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan serta memelihara fungsi persendian. Sifat antiinflamasi dari daun kumis kucing mempercepat penyembuhan radang sendi.

Penyakit rematik ditandai oleh peradangan yang mempengaruhi struktur penghubung atau pendukung tubuh. Ini paling sering terjadi pada persendian dan kadang pada tendon, ligamen, tulang, dan otot. Beberapa penyakit rematik bahkan memengaruhi organ.

Rebus 5 lembar daun kumis kucing segar, daun meniran dan 3 gelas air putih hingga berubah warna. Dinginkan dan minum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.

Atasi infeksi saluran kencing

Penyebab infeksi saluran kencing biasanya terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di kandung kemih. ISK yang paling umum terjadi terutama pada wanita dan memengaruhi kandung kemih dan uretra. Sifat antibakteri dan antimikroba menjadikan daun kumis kucing sebagai obat herbal yang tepat.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, penggunaan ramuan kumis kucing dikaitkan dengan kadar urat serum yang berkurang. Hasilnya menunjukkan efek produksi urin yang normal pada tikus. Kumis kucing membantu mengurangi kemungkinan bakteri untuk bisa menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih, yang dapat menimbulkan infeksi. Seseorang yang sulit buang air kecil biasanya mengalami infeksi di saluran ginjal dan kandung kemihnya.

Bagus untuk detoks

Kumis kucing telah dikonsumsi di Pulau Jawa sejak dahulu begitu juga disebut sebagai Teh Jawa, alasan orang Jawa mengonsumsi ramuan ini adalah karena sifat pembersihannya. Manfaat daun kumis kucing bertindak sebagai pembersih alami dan karena itu menyapu tubuh kita dari racun yang tidak diinginkan dan bahan asing.

Menurunkan berat badan

Manfaat daun kumis kucing telah ditemukan untuk membantu mengurangi berat badan. Karena nilai pasarnya sebagai ramuan obat yang juga memiliki kelebihan dari penurunan berat badan, kumis kucing dijual di pasar dalam berbagai bentuk seperti pil, kantong teh dan ekstrak.

Jadi bagaimana menurutmu tentang manfaat di atas? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar