17 Manfaat Buah Jambu Biji Merah untuk Kesehatan Ibu Hamil

Health | Rabu, 28 April 2021 16:36

Reporter : Sheila Fathin

Buah jambu biji ini fungsinya nggak cuman untuk masalah diare saja

Manfaat buah jambu biji merah bisa digunakan sebagai obat tradisional dalam berbagai kondisi kesehatan. Menurut Medical News Today, buah dan daun jambu biji memiliki sejumlah manfaat yang bisa membantu segala penyakit yang ada dalam tubuh. Jambu biji merah sendiri merupakan buah tropis dengan kulit hijau kekuningan dan tumbuh di pepohonan di Amerika Tengah. 

Jambu biji merah dan daunnya bisa digunakan sebagai obat diare yang mujarab. Daunnya pun bisa dibuat sebagai teh dan buahnya juga bisa digunakan sebagai obat penyembuh luka. Tentunya, jambu biji merah beserta daunnya memiliki khasiat yang menguntungkan untuk tubuh dan tidak hanya untuk pengobatan diare saja. Untuk mengetahui manfaat dari jambu biji merah kamu bisa simak baik-baik artikel ini, ya.

17 Manfaat Buah Jambu Biji Merah untuk Kesehatan Ibu Hamil
2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Jambu Biji Merah

Manfaat Buah Jambu BijiManfaat Buah Jambu Biji © 2021 freepik.com

Meredakan Diare dan Disentri

Manfaat buah jambu biji mengandung astringent yang bersifat basa dan memiliki sifat desinfektan dan antibakteri untuk menghambat pertumbuhan mikroba dan mengeluarkan lendir ekstra dari usus. Selain itu, buah jambu biji merah memiliki kandungan vitamin C, karotenoid dan kalium untuk mengencangkan sistem pencernaan.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah jambu biji merah ini mengandung vitamin A atau retinol yang dapat memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan rabun senja.

Menyehatkan Otak

Manfaat buah jambu biji ini mengandung vitamin B3 dan vitamin B6. Fungsinya adalah untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak, merilekskan saraf dan menstimulasi fungsi kognitif. 

Meredakan Sembelit

Sembelit bisa terjadi karena kurangnya serat dalam tubuh dan mengakibatkan makanan tersangkut pada usus besar. Jambu biji sangat kaya akan serat dan dapat membantu untuk menahan air dan membersihkan usus secara menyeluruh.

Sebagai Perawatan Kulit

Manfaat buah jambu biji merah ini kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Selain itu juga mengandung astringent yang dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan terhidrasi dengan baik. Dapat meningkatkan elastisitas, menghilangkan noda, jerawat dan lain sebagainya. 

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Jambu BijiManfaat Buah Jambu Biji © 2021 freepik.com

Jambu biji tidak hanya berfungsi untuk kesehatan tubuh saja, melainkan bisa dimanfaatkan untuk kesehatan si ibu hamil beserta janinnya. Apa saja sih manfaatnya?

Mengembangkan Sistem Saraf

Untuk ibu hamil, manfaat buah jambu biji merah ini mengandung asam folat atau vitamin B-9 yang direkomendasikan untuk wanita hamil karena dapat membantu mengembangkan sistem saraf foetus dan melindungi bayi lahir dari gangguan neurologis.

Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Zat besi adalah senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil untuk mencegah terjadinya anemia. Manfaat buah jambu biji untuk ibu hamil sendiri kaya akan zat besi yang mana buah ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin secara efektif untuk mencegah gejala anemia.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat buah jambu biji merah dengan kandungan vitamin B, C dan E dapat membantu  meningkatkan sistem kekebalan pada ibu hamil. Antioksidan, serta anti-racun dalam jambu biji merah menjadikannya buah yang bermanfaat untuk mengurangi ketidaknyamanan terkait kehamilan, masalah gigi dan banyak lagi.

Merelaksasikan Otot

Saat masa kehamilan, ketidakseimbangan hormon dan semua perubahan yang terjadi di tubuh membuat kamu kurang rileks. Dokter menyarankan untuk mengkonsumsi jambu biji merah yang dapat memberikan manfaat kepada relaksasi otot. Selain itu kandungan magnesiumnya dapat membuat otak kamu tidak terbebani oleh stress.

Mengatasi Morning Sickness

Ibu hamil sering kali mengalami permasalahan dengan yang namanya morning sickness. Terutama pada trimester pertama. Morning sickness adalah rasa mual bersamaan dengan muntah karena efek dari perubahan hormon. Nah, manfaat buah jambu biji dapat menjaga keseimbangan tubuh kamu karena kandungan vitamin C dan jambu biji lah yang membantu mengurangi rasa mual itu.

Membantu Pertumbuhan Janin

Manfaat buah jambu biji merah sangat ideal untuk membantu perkembangan janin. Pasalnya, dalam jambu biji merah mengandung vitamin A,B,C, E, mineral seperti tiamin, tembaga, magnesium, kalsium, serta fosfor. Jadi, jambu biji merah bagus untuk dikonsumsi secara berkala oleh ibu hamil. 

Meningkatkan Kesehatan Tiroid

Manfaat buah jambu biji merah sebagai sumber tenaga ini ternyata bagun untuk mengatus hormon tiroid. Jambu biji merah pada dasarnya mengontrol produksi serta penyerapan yang sama. Ini juga memainkan peran penting dalam memperkuat metabolisme kamu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jambu BijiManfaat Buah Jambu Biji © 2021 freepik.com

Mengurangi Stress

Jambu biji merah yang dikonsumsi secara berkala bagus juga untuk kesehatan mental, lho. Manfaat buah jambu biji merah mengandung vitamin C yang ditemukan dalam dalam jambu biji mampu menghasilkan non-adrenalin yang dapat meningkatkan mood dan suasana hati kamu. Jambu biji mengandung magnesium tingkat tinggi untuk membantu menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan semangat. 

Melawan Peradangan

Manfaat buah jambu biji merah bagi kesehatan bisa untuk melawan peradangan yang terjadi dalam tubuh. Jambu biji merah kaya akan potasium dan magnesium yang membantu pemulihan otot setelah latihan yang berat.

Sebagai Anti-Aging Booster

Jambu biji dikemas dengan antioksidan dan vitamin yang membuat kulit bersinar alami. Manfaat buah jambu biji yang kaya antioksidan ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu mencegah keriput. Berkat buah yang luar biasa ini, kulit akan terlihat lebih baik dari sebelumnya.

Mendukung Mirobiome

Manfaat buah jambu biji merah dikemas dengan serat dan kalium, minum jus jambu biji secara teratur akan membantu membersihkan sistem pencernaan dan mendukung mikrobioma. Sifat asam jambu biji membersihkan perut sementara antioksidan seperti vitamin A dan C membersihkan kotoran.

Manfaat buah jambu biji merah dari segi daun dan buahnya semua bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi oleh tubuh. Jambu biji merah juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil yang membutuhkan fokus lebih untuk menutrisi dirinya. Jadi, Diazens, jambu biji merah bisa kamu konsumsi secara berkala untuk tetap menjaga kesehatanmu selama bulan puasa ini.

Join Diadona.id