17 Manfaat Jamur Tiram dan Produk Olahannya untuk Kesehatan Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Kamis, 16 Januari 2020 16:46
17 Manfaat Jamur Tiram dan Produk Olahannya untuk Kesehatan Ibu Hamil
Sudah tahukah kamu manfaat yang terkandung dalam jamur tiram ini? Berikut adalah manfaat jamur tiram yang harus kamu ketahui.

Jamur tiram memiliki daging tebal, putih, dan terasa ringan yang mengandung beragam nutrisi. Mereka sangat tinggi vitamin B, termasuk niacin (B3) dan riboflavin (B2), serta mineral kalium , tembaga, besi, dan seng. Mereka juga mengandung senyawa tanaman antiinflamasi yang kuat, termasuk triterpenoid, glikoprotein, dan lektin, yang mungkin menawarkan perlindungan terhadap penyakit kronis. Dari kandungan nutrisi tersebut, kamu akan mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuhmu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat jamur tiram.

1 dari 4 halaman

Manfaat Jamur Tiram

Ilustrasi Jamur Tiram © Diadona

Jamur tiram dapat ditemukan pada pohon kayu mati atau sekarat di seluruh dunia. Mereka memiliki rasa yang ringan dan mengandung banyak nutrisi. Berikut adalah manfaat jamur tiram yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah kanker

Sebuah penelitian terbitan International Journal of Oncology tahun 2008, menunjukkan bahwa suplemen yang terbuat dari ekstrak jamur tiram dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker usus besar. Suplemen yang sama juga bisa membantu mencegah penyebaran sel kanker kebagian tubuh lainnya. Jamur tiram juga mengandung betaglukan dan glokoprotein yang dapat meningkatkan respon antikanker tubuh secara alami.

2. Menangkal radikal bebas

Manfaat jamur tiram selanjutnya adalah mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa memicu berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan jantung dan kanker. Kemudian, antioksidan juga berperan dalam meningkatkan sistem imunitas dan melindungi kulit dari penuaan.

3. Untuk menyeimbangkan berat badan

Mengatur pola makan sering jadi tantangan untuk mencapai tubuh yang ideal. Untuk kamu yang ingin mengurangi jumlah kalori pada makanannya, manfaatkan jamur tiram yang mengandung kalori rendah. Ditambah kadar serat yang tinggi bukan hanya melancarkan pencernaan tapi juga lebih cepat kenyang sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Siapa sangka di balik bentuk jamur tiram yang sederhana dan kelezatannya, tersimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Agar bisa mengambil manfaat jamur sekaligus mempertahankan citarasanya, awali dengan cara tepat memilih jamur tiram yang masih segar. Pada jamur tiram, perhatikan bentuk tudungnya yang masih sempurna dan punya warna cerah. Jangan lupa cium aromanya, jika muncul bau tak sedap dan tampak berlendir sebaiknya jangan dikonsumsi.

4. Melawan penuaan

Jamur menjadi sumber makanan yang mengandung dua antioksidan tingkat tinggi. Kandungan antioksidan ini yang melindungi tubuh, dari tekanan fisiologis yang menyebabkan tanda-tanda penuaan. Jamur juga mengandung ergothioneine dan glutathionedalam dalam jumlah tinggi. Dua zat ini menjadi antioksidan penting yang baik bagi tubuh untuk membantu melawan penuaan dini yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat stres dan radikal bebas.

Kamu dapat menambahkan jamur sebagai bahan masakan sehari-hari, seperti dibuat sayuran dan salad. Cara ini baik untuk membuat kulit tidak cepat keriput.

5. Efek antibakteri

Jamur tiram juga memiliki sifat antibakteri, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry pada 1997. Studi tersebut menemukan bahwa senyawa aktif benzaldehida dapat mengurangi infeksi bakteri di tubuh.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan

ilustrasi wanita tertawa © Diadona

Manfaat jamur tiram ini juga kamu dapatkan untu kesehatan, lho! Berikut manfaat jamur tiram untuk kesehatan yang mengesankan.

1. Menjaga kesehatan otak

Jamur mengandung banyak vitamin B dan D. Kandungan vitamin D pada jamur membantu kulit terjaga dari paparan sinar matahari dan membantu tubuh kita menyerap kalsium untuk meningkatkan pertumbuhan tulang. Sementara itu, kandungan vitamin B yang terdapat pada jamur juga mampu meningkatkan kesehatan fungsi otak.

2. Kaya antioksidan

Manfaat jamur tiram lainnya adalah bisa menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan dalam jamur tiram bisa untuk melawan berbagai efek buruk yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Jamur tiram mengandung ergothioneine, yaitu zat antioksidan yang membantu mencegah terjadinya peradangan. Kemudian ergothioneine juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan plak di pembuluh darah yang memicu penyakit jantung dan aterosklerosis.

3. Membantu mengatasi penyakit liver

Manfaat jamur tiram selanjutnya adalah mampu membantu mengatasi penyakit hati atau liver. Jamur tiram memiliki sifat antibakteri dan antitumor yang membantu menetralisir racun-racun yang masuk dalam tubuh. Jamur tiram baik dikonsumsi untuk kamu dari berbagai usai yang baik untuk kesehatan hati.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat jamur tiram yang mengandung lovastatin bisa membantu mengatur sirkulasi kadar kolesterol dalam darah. Kemudian kandungan betaglucan, yaitu salah satu bentuk serat larut air yang ditemukan tinggi pada jamur tiram juga bisa memengaruhi kadar kolesterol. Betaglucan berfungsi menyerap kolesterol di aliran darah. Selain itu, jamur tiram juga dipercaya mampu membantu menurunkan kadar trigliserida dan gula darah pada penderita diabetes.

5. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat jamur tiram selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Jamur tiram mengandung betaglucan yang bisa berperan besar dalam mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah sekaligus menjaga kesehatan jantung. Selain itu, jamur tiram juga mengandung kalium yang berfungsi untuk menjaga fungsi jantung, otot, dan juga saraf.

Manfaat jamur tiram juga bisa menurunkan tekanan darah karena kandungan zat ergosterol yang mampu mengembangkan manfaat vitamin D dengan bantuan sinar matahari menjadi lebih efektif. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi turun dan stabil.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jamur Tiram untuk Ibu Hamil

ilustrasi hamil © Diadona

Manfaat jamur tiram ini ternyata juga untuk ibu hamil. Hal ini karena kandungan gizi yang ada baik untuk ibu hamil, maupun janin yang dikandungnya. Berikut manfaat jamur tiram untuk ibu hamil.

1. Untuk tumbuh kembang janin

Manfaat jamur tiram untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk tumbuh kembang janin. Jamur tiram mengandung asam folat yang dibutuhkan selama kehamilan. Hal ini untuk mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah peneletian yang dimuat dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine menunjukkan bahwa jamur tiram berpotensi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia. Bahan aktif yang terdapat dalam jamur tiram dapat merangsang makrofrag untuk bekerja lebih aktif. Makrofrag adalah salah satu bagian dari sel darah putih yang betugas untuk melawan virus, bakteri, dan mikroorganisme yang ada di dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jamur Tiram Putih dan Produk Olahannya

Jamur tiram ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, jamur tiram sangat mudah ditemukan di pasar, atau swalayan. Harga dari jamur ini juga cukup terjangkau. Untuk mengolah bahan makanan ini juga sangat mudah dan bisa dijadikan pengganti daging ayam. Berikut adalah manfaat jamur tiram dan produk olahannya.

1. Sumber vitamin B3

Manfaat jamur tiram selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin B3. Vitamin yang memiliki nama lain niacin ini memegang peran penting untuk membantu proses pertumbuhan, perkembangan, serta kerja organ-organ di dalam tubuh. Selain itu vitamin B3 juga bertugas untuk membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan yang kamu konsumsi agar bisa digunakan sebagai energi. Vitamin B3 juga dipercaya memiliki fungsi menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

2. Sumber energi

Manfaat jamur tiram ini dapat menjadi sumber energi bagimu. Saatnya menjajal menu-menu berbahan jamur tiram. Hal ini karena jamur tiram merupakan sumber vitamin B3 alias niacin yang membantu memecah karbohidrat, lemak dan protein pada makanan menjadi energi. Selain itu, kadar vitamin ini juga menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, dan dapat diubah menjadi antioksidan yang akan menjaga kesehatan tubuh.

Berikut adalah produk olahan dari jamur tiram yang dapat kamu lakukan di rumah.

1. Nugget jamur

Ilustrasi Nugget Tahu © Diadona

Bahan:
- 500 gram jamur tiram
- 150 gram tepung tapioka/tepung kanji
- 100 ml susu UHT
- 3 butir telur
- 1 sdm merica bubuk
- 3 sdt garam,
- 1 sdm gula pasir
- 2 siung bawang putih haluskan
- 2 sdm bawang goreng

Cara memasak:
- Bersihkan jamur tiram lalu peras sampai airnya kering

- Blender jamur tiram, air, susu dan telur.

- Campur semua bahan kecuali tepung roti.

- Siapkan loyang yang sudah dilapisi plastik.

- Masukkan adonan. Ratakan.

- Panaskan dandang masukkan loyang yang sudah diisi adonan. Kukus selama 20 menit.

- Jika sudah dingin keluarkan dari loyang. Cetak menggunakan cetakan sesuai selera.

- Lumuri nugget yang sudah dibentuk dengan telur yang sudah dikocok. Lalu baluri dengan tepung roti.

- Simpan di lemari es selama kurang lebih 1 jam. Siap digoreng.

2. Sate jamur tiram

Ilustrasi Sate Jamur © Diadona

Bahan:
- 250 gr jamur tiram putih, rebus, suwir2, tusukkan di tusuk sate

Bumbu perendam:
- 1 siung bawang putih
- 1/4 sdt ketumbar bubuk
- 2 sdm kecap manis
- 2 sdm minyak goreng
- garam dan penyedap secukupnya

Bumbu kecap:
- 1 sdm margarin
- kecap manis secukupnya
- irisan tomat&bawang merah secukupnya
- Perasan jeruk nipis sambal

Cara memasak:
- Campur semua bahan perendam, aduk rata.

- Masukan tusukan jamur ke bahan perendam, lumuri sampai rata, biarkan sekitar 15 menit sampai bumbu meresap.

- Sementara jamur direndam, bumbu kecap bisa dibuat dahulu.

- Lelehkan margarin, tambahkan kecap, irisan tomat&bawang merah, perasan jeruk nipis sambal. (jika suka pedas bisa ditambahkan irisan cabai rawit)

- Bakar sate jamur yang sudah direndam di panggangan sampai matang.

- Hidangkan di piring, siramkan bumbu kecap.

3. Jamur krispi pedas

Ilustrasi Jamur Tiram Goreng © Diadona

Bahan:
- 300 gr jamur tiram
- 250 garam tepung
- 1 butir telur
- 1 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt bubuk cabai

Cara memasak:
- Kamu dapat membersihkan jamur tiram terlebih dahulu, lalu potong memanjang.

- Kocok telur hingga berbusa dan tambahkan garam.

- Campurkan tepung dengan merica dan cabai bubuk sambil panaskan minyak goreng.

- Masukkan jamur ke dalam telur dan gulingkan pada tepung. Jika minyak sudah panas, goreng jamur sampai kecokelatan.

- Tiriskan dan sajikan.

Jadi, menu jamur tiram yang seperti apa yang kamu suka? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar