18 Manfaat Jus Tomat Untuk Masker Wajah

Reporter : Sofi
Rabu, 1 Januari 2020 18:35
18 Manfaat Jus Tomat Untuk Masker Wajah
Tomat merupakan buah yang mudah kita temui di mana saja. Tahukah kamu akan khasiat yang dikandungnya untuk apa saja? Berikut manfaat tomat yang harus kamu ketahui.

Tomat adalah buah yang sering kita jumpai di rumah kita, mengonsumsi tomat dapat membantu meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan dan juga meningkatkan rasa makanan kita. Ada banyak manfaat tomat yang terkandung. Tapi tahukah kamu bahwa tomat juga bisa digunakan untuk kecantikan?

Manfaat tomat bukan hanya untuk kecantikan saja, namun manfaat tomat juga bisa dirasakan untuk kesehatan badan kita. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat tomat yang dapat kamu ketahui dari untuk kecantikan dan kesehatan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Tomat Untuk Wajah

Ilustrasi Wanita Asia © Diadona

Tomat adalah salah satu buah yang sering kita jumpai di manapun. Bahkan, buah ini selalu ada di dapur rumah. Tidak perlu repot lagi untuk merawat kecantikan wajah dengan membeli perawatan mahal dan di luar rumah karena kamu dapat merasakan manfaat tomat sebagai alternatif perawatan wajah kamu.

Taukah kamu manfaat tomat apa saja yang bisa kamu dapatkan jika perawatan menggunakan buah ini? Berikut manfaat tomat untuk wajah.

1. Menunda penuaan dini

Manfaat tomat dapat membantu menunda proses penuaan dini. Munculnya garis-garis halus dan kerutan dapat disamarkan dengan perawatan buah tomat. Kupas tomat dan hancurkan semua daging buahnya serta air jusnya. Campurkan dengan tepung hingga teksturnya berubah menjadi pasta.

Oleskan pada wajahmu sebagai masker dan biarkan sampai mengering, kemudian bilas dengan air dingin. Tambahkan sedikit minyak zaitun agar kulit wajah terasa lembab.

2. Mengecilkan pori-pori terbuka

Campur jus tomat dengan sedikit jus lemon dan aplikasikan pada wajahmu. Biarkan selama sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini setidaknya dua kali seminggu untuk melihat pori-pori terlihat mengecil.

3. Mengatasi permasalahan kulit berminyak

Campur tomat dan mentimun yang sudah dihancurkan, kemudian ambil perasan air dari keduanya, dan aplikasikan pada wajah dengan bantuan bola kapas. Lakukan perawatan ini setiap hari ini untuk mengatasi permasalahan minyak berlebih pada wajahmu. Tomat memiliki sifat zat alami yang dapat membantu untuk mengurangi kadar minyak berlebih, dan mentimun dapat membantu menenangkan dan mendinginkan kulit.

4. Untuk meredakan jerawat

Manfaat tomat berikutnya adalah mengurangi jerawat. Tomat mengandung Vitamin A dan C, yang keduanya sangat membantu dalam mengurangi jerawat. Potong tomat menjadi dua dan gosokkan potongan tomat dengan gerakan melingkar pada kulitmu sekitar 10 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin.

5. Pengelupasan sel kulit mati

Celupkan potongan buah tomat ke dalam mangkuk gula dan gosok wajahmu dengan lembut. Proses ini membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit bercahaya. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu agar hasilnya maksimal. Dengan manfaat tomat yang satu ini kamu tidak perlu khawatir lagi kulit kusam.

6. Untuk mengobati kulit yang terbakar matahari

Manfaat tomat selanjutnya adalah mengobati kulitmu yang terbakar. Kandungan lycopene dalam tomat, dapat meredakan efek paparan sinar UV dari matahari. Aplikasikan jus tomat yang dicampur dengan buttermilk ke area kulit yang terbakar dan bilas setelah 30 menit. Manfaat tomat ini akan meringankan luka bakar dan membantu menyembuhkan belang pada kulit.

7. Membuat kulit berkilau

Gunakan masker wajah dengan mencampur pure tomat dengan yogurt untuk kulit kusam kamu. Tomat akan memiliki efek menetralkan dan mendinginkan kulit, sementara yoghurt akan mencerahkan dan menutrisi kulit. Manfaat tomat ini sangat baik untuk dilakukan saat musim panas.

8. Untuk membersihkan kulit

Gunakan tomat yang dicampur dengan avokad untuk membersihkan kulit secara teratur. Perawatan ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit kombinasi. Avokad memiliki sifat hydrating dan tomat memiliki sifat astringent alami, yang keduanya bekerja dengan baik menutrisi kulit.

2 dari 3 halaman

Manfaat Masker Tomat

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Tentunya untuk menggunakan manfaat tomat secara maksimal salah satu caranya adalah dengan membuat masker tomat. Berikut adalah manfaat masker tomat yang bisa kamu gunakan.

1. Masker tomat sederhana

Cara membuat masker tomat yang pertama tentunya adalah yang paling sederhana terlebih dahulu. Cukup dengan menyediakan 1 buah tomat, maka kamu bisa melakukan cara membuat masker tomat sederhana ini.

Langkah-langkahnya:
- Cuci bersih tomat dan potong agar menjadi dua bagian.
- Oleskan irisan tomat tersebut secara merata pada wajah dan tunggu selamat sekitar 15 menit.
- Bilas dengan air bersih. Agar mendapatkan hasil maksimal, masker ini bisa kamu gunakan rutin setiap malam sebelum tidur

2. Masker tomat halus

Cara membuat masker tomat selanjutnya masih dengan menggunakan 1 bahan saja. Namun bedanya sekarang, kamu bisa menyiapkan 2 buah tomat segar dengan menghaluskannya terlebih dahulu.

Cara:
- Haluskan hingga lembut kedua tomat setelah dicuci bersih.
- Oleskan secara merata ke seluruh wajah.
- Diamkan sekitar 20 menit dan bilas dengan air bersih.
- Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.

3. Masker tomat dan madu

Cara membuat masker tomat selanjutnya adalah dengan mencampurkannya dengan madu. Madu merupakan bahan alami yang juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sel kulit. Oleh karena itu, mengombinasikan dua bahan alami yang baik untuk kulit wajah ini akan menimbulkan hasil yang baik pula. Kamu bisa mencampurkan 1 buah tomat segar dengan 1 sendok makan madu.

Cara:
- Haluskan tomat yang telah dicuci.
- Campurkan tomat dengan madu dan aduk rata.
- Oleskan pada wajah, dan tunggu sekitar 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

4. Masker tomat dan lemon

Selanjutnya, kamu bisa membuat masker tomat yang dikombinasikan dengan lemon. Cara membuat masker tomat dan lemon ini pun tidak sulit, cukup menyediakan 1 buah tomat dan 1/2 buah lemon, maka kamu sudah bisa membuatnya. Masker tomat yang dikombinasikan dengan lemon ini bermanfaat untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah bersinar dan lebih halus. Maka tidak ada salahnya melakukan perawatan ini secara rutin agar wajah kamu tetap sehat sepanjang hari.

Cara:
- Haluskan tomat dan tambahkan sari jeruk lemon.
- Aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 15 menit.
- Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.

5. Masker tomat dan minyak zaitun

Kombinasi selanjutnya adalah masker tomat dengan minyak zaitun. Sebagai dua bahan alami yang memang sering digunakan untuk perawatan kecantikan kulit wajah, ternyata tomat dan minyak zaitun juga bisa dicampur menjadi masker. Cukup dengan menyediakan 1 buah tomat dan 1 sendok makan minyak zaitun. Dengan menerapkan masker tomat yang ditambah dengan minyak zaitun ini, maka kamu bisa mendapatkan manfaat seperti menghilangkan bekas jerawat di wajah dan melembabkan kulit.

Cara:
- Hancurkan tomat dengan menggunakan blender, kemudian tambahkan minyak zaitun.
- Aduk hingga rata.
- Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit.
- Bilas dengan air hangat, akhiri dengan mengompres dengan es batu.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jus Tomat

jus tomat © Diadona

Membuat jus tomat adalah salah satu cara untuk mengonsumsinya. Taukah kamu apa saja manfaat dinalik jus tomat? Berikut adalah manfaat tersebut.

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat jus tomat adalah untuk melancarkan pencernaan. Kamu bisa meminum jus tomat sebelum makan untuk melancarkan pencernaanmu.

2. Menyembuhkan penyakit paru-paru

Manfaat jus tomat adalah dapat menyembuhkan penyakit paru-paru. Jenis penyakit paru-paru yang bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jus tomat secara rutin adalah penyakit paru-paru seperti bronkitis dan TBC.

3. Melawan kanker

Manfaat jus tomat adalah untuk melawan kanker. Tomat mengandung lycopene yang dapat melindungi DNA dalam sel darah putih. Kandungan ini dapat menguatkan sistem imun dan melawan kanker.

4. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh yang dapat memompa aliran darah serta berkaitan dengan denyut nadi. Kesehatan jantung tentu menjadi idaman bagi semua orang. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi jus tomat secara rutin demi menjaga kesehatan jantung.

Jus tomat mengandung kalium yang bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Minuman sehat ini juga mengandung antioksidan seperti likopen. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi jus tomat akan lebih efektif untuk menjaga kesehatan jantung ketimbang meminum suplemen yang mengandung likopen buatan.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat jus tomat selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan mata. Biasanya, para dokter spesialis mata akan menganjurkan pasiennya untuk mengonsumsi jus tomat, karena minuman ini kaya vitamin A.

Kandungan dalam jus tomat dipercaya mampu membuat penglihatan agar tetap dalam kondisi baik. Jus tomat juga sangat dianjurkan bagi kamu yang memiliki mata minus atau rabun jauh.

Cukup mengesankan bukan manfaat tomat yang terkandung? Apa kamu sudah merasakan manfaat dari tomat tersebut? Bagi pengalamanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar