19 Jenis Penyakit Mata Beserta Gambar dan Pengobatannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 23 Februari 2021 16:36
19 Jenis Penyakit Mata Beserta Gambar dan Pengobatannya
Jenis penyakit mata bisa beragam, mulai dari kelelahan otot mata hingga kondisi serius yang bisa menyebabkan kehilangan penglihatan

Jenis penyakit mata ada beragam, mulai dari yang membuat penderitanya tak bisa melihat jelas dan membutuhkan kacamata hingga penyakit mata yang mengarah pada kebutaan dan mengharuskan penderita mendapatkan penanganan segera.

Dan sebagai organ yang penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari, informasi tentang kesehatan mata dan jenis penyakitnya harus dipahami oleh banyak orang. Dikutip dari Web MD setidaknya ada 19 jenis penyakit mata dari yang umum sampai yang jarang terjadi. Apa aja? Yuk simak uraian Diadona dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 3 halaman

Jenis Penyakit Mata

Jenis Penyakit Mata © Diadona

Jenis mata berikut bisa terjadi karena iritasi atau bahkan sebagai gejala dari suatu penyakit.

Mata Kering

Air mata yang kita produksi nggak cuman berfungsi sebagai tanda kesedihan melainkan juga berfusngi untuk melumasi mata. Tapi ada juga kondisi di mana air mata nggak cukup diproduksi sehingga terjadi deh penyakit mata kering.

Gejala dari jenis penyakit mata ini adalah rasa terbakar pada mata. Jangan remehkan ya karena walaupun ini jarang terjaid tapi mata yang kering bisa saja merupakan gejala dari satu jenis penyakit mata yang membuat penderitanya kehilangan penglihatan.

Kelebihan Air Mata

Bukan karena kesedihan yang tak kunjung usai, tapi jenis penyakit mata di mana penderita mengeluarkan air mata terus-terusan ini terjadi karena mereka peka banget terdapat perubahan cahaya, angin, maupun suhu. Untuk menghindarinya, maka lakukan perlidungan pada mata dari ketiga hal tersebut.

Mata Tegang

Mata tegang adalah salah satu jenis penyakit mata yang biasanya dialami karena menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau berkendara jarak jauh. Umumnya seseorang bakalan ngerasain sakit kepala, penglihatan kabur atau mata sakit dan berkedut. Nah biar nggak mengalami hal tersebut, kamu harus sering-sering melakukan istirahat mata.

Gini nih caranya. Saat menggunakan komputer setiap 20 menit, disarankan untuk mengalihkan pandangan ke tempat yang berjarak 20 kaki selama beberapa menit. Namun kalau penyakit mata tegang masih saja muncul selama beberapa hari bahkan setelah kamu beristirahat sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Mata Merah

Jenis penyakit mata ini paling sering menimpa seseorang akibat iritasi mata. Ini terjadi karena pada permukaan permukaan mata terdapat lapisan pembuluh darah. Pembuluh darah ini akan megembang saat teriritasi atau terinfeksi yang akhirnya bikin mata jadi berwarna merah.

Jenis penyakit mata ini juga bisa terjadi saat kamu kurang tidur, atau alergi. Tapi kalau penyebab penyakit mata merah ini karena cedera, kamu harus segera memeriksakannya ke dokter.

Presbiopi

Merupakan jenis penyakit mata di mana penderitanya nggak bisa melihat benda dalam jarak dekat atau yang disbeut dengan rabun dekat atau mata plus. Jenis penyakit mata ini umum diderita oleh mereka yang udah berumur.

Miopi

Miopi adalah penyakir rabun jauh atau yang sering disebut dengan mata minus. Penderitanya nggak bisa melihat benda-benda dengan jelas yang berada di kejauhan tertentu.

2 dari 3 halaman

Jenis Penyakit Mata © Diadona

Mata Malas

Ini terjadi ketika salah satu mata nggak berkembang dengan baik. Salah satu macam penyakit mata ini bisa bikin penglihatan lemah dan cenderung bergerak secara malas. Umumnya mata malas bisa terdeteksi dan jarang mempengaruhi kedua mata.

Rabun Ayam

Adalah jenis penyakit mata yang ditandai dengan kesulitan untuk melihat dalam keadaan remang, misalnya bioskop, atau malam hari yang minim pencahayaan. Bila ini terjadi, penderita kudu segera ke dokter ya karena itu bisa saja merupakan gejala dari rabun jauh, katarak, keratoconus , dan kekurangan vitamin A.

Buta Warna

Disebut dnegan demikian karena ini merupakan jenis penyakit mata yang membuat penderitanya nggak bisa melihat warna tertentu, atau nggak bisa membedakan antara kedua warna. Ini terjadi karena bagian mata yang berfungsi untuk melihat warna nggak berfungsi.

Masalah Kelopak Mata

Kelopak mata melakukan tugas penting untuk mata, diantaranya melindungi mata, menyebarkan air mata di permukaannya, dan membatasi jumlah cahaya yang bisa masuk.

Nah, kelopak ini bisa muncul macam penyakit mata yang menyebabkan gejala berupa nyeri, gatal, atau gejala umum seperti kedutan.

Uveitis

Di dalam mata terdapat suatu bagian bernama uveayang mengandung sebagian besar pembuluh darah. Nah, ada suatujenis penyakit mata bernama uveitis yang terjadi akibat peradangan uvea.

Bila ini terjadi maka bukan tak mungkin penderita mengalami kehancuran jaringan mata yang berakibat pada hilangnya kebutaaan. Dan ini mungkin terjadi pada mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti AIDS, rheumatoid arthritis, atau kolitis ulserativa

Nystagmus

Nystagmus adalah jenis penyakit mata di mana mata bergerak sendiri sepanjang waktu. Beda dengan strabismus, ada banyak terapi pengobatan yang membaut mata jaid lebih kuat.

Strabismus

Strabismus merupakan jenis penyakit mata dimana mata pederitanya nggak sejajar saat melihats esuatu. Sayangnya, trabismus nggak bisa hilang dengan sendirinya dan harus meminta pertolongan kepada dokter spesialis.

Gangguan Kornea

Nah kornea merupakan 'jendela' bening yang berbentuk kubah di depan mata yang fungsinya untuk memfoskukan cahaya yang masuk ke mata. Bila terjadi iritasi, maka penderita bisa aja mengalami:

  • Mata merah
  • Mata berair
  • Rasa sakit
  • Penglihatan berkurang

Gangguan Retina

Retina adalah bagian mata yang berfungsi mengumpulkan gambar dan meneruskannya ke otak. Saat terjaid gangguan di bagian mata ini, maka proses transfer gambar nggak akan terjadi.

Pinkeye

Terjadi peradangan pada jaringan yang melapisi bagian belakang kelopak mata dan menutupi sklera. Akhirnya, penderita mengalami mata merahan, gatal, terbakar, sobek, atau perasaan seperti kelilipan sesuatu.

Katarak

Pada mata yang sehat, cahaya bakalan melewati retina untuk kemudian diproses. Sedangkan pada penderita katarak, cahaya nggak bisa lewat dengan mudah sehingga mereka nggak bisa melihat dengan jelas.

Glaukoma

Mata manusia seperti ban yang tahan dengan sejumlah tekanan yang normal dan aman. Namun saat level tekanan tersebut sangat tinggi maka dapat merusak saraf penglihatan dan pada akhirnya penglihatan bisa hilang.

Floaters

Jenis penyakit mata ini membuat penderitanya nggak bisa melihat bintik-bintik kecil yang mengambang pada bidang penglihatan. Kebanyakan ini terjadi saat penderita berada di ruangan yangg terang atau di luar ruangan di hari yang cerah.

Sebenarnya ini merupakan jenis penyakit mata yang normal kok, hanya aja perhatikan bila gejalanya mulai serius karena bisa jadi itu merupakam gejala dari penyakit mata lainnya.

3 dari 3 halaman

Jenis Penyakit Mata dan Pengobatannya

Jenis Penyakit Mata © Diadona

Pengobatan dari jenis penyakit mata ini dilakukan tergantung dari penyakit. Ada yang hanya memerlukan obat rumahan, namun penting juga untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Misalnya nih untuk penyakit mata merah. Bila salah penyebab macam penyakit mata tersebut adalah karena alegiu atau kurang tidur, kamu bisa mengobatinya dengan perawatan sederhana di rumah. Namun kamu harus segera berobat ke dokter bila mata merah ini terjadi karena cedera atau tiba-tiba kehilangan pandangan.

Ada beragam jenis penyakit mata dan beragam pula pengobatannya. Yang terpenting, lakukan perawatan dengan cepat dan tepat.

Beri Komentar