25 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Kejantanan Pria, dan Wanita

Reporter : Sofi
Kamis, 13 Februari 2020 13:59
25 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Kejantanan Pria, dan Wanita
Kemangi yang biasa di lalapan bisa untuk kesehatan tubuhmu loh!

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan sudah cukup lazim diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Namun, kemangi ternyata tak hanya memberi manfaat secara umum bagi kesehatan manusia loh, melainkan juga memberi manfaat untuk kecantikan hingga kesuburan pria dewasa.

Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber, daun kemangi segar disebut memiliki kandungan air, protein, karbohidrat, antioksidan lutein dan zeaxanthin, serat, dan zat besi. Tak heran jika manfaat daun kemangi cukup dirasakan bagi mereka yang mengonsumsinya secara rutin.

Selain itu, manfaat daun kemangi sendiri juga makin terlihat dengan kandungan antibakteri, antimikroba, sampai dengan antiinflamasi. Nah ini dia deretan manfaat daun kemangi yang tak hanya untuk kesehatan, melainkan juga untuk kecantikan hingga kesuburan pria dewasa.

Berikut merupakan sederet manfaat daun kemangi untuk kesehatan, kejantanan pria dan wanita :

1 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kemangi

Mungkin kamu sudah sering menjumpai daun kemangi dan mungkin mengonsumsinya. Tapi tahukah kamu manfaat daun kemangi ini bisa untuk menyamarkan bekas luka pada kulit? Berikut manfaat daun kemangi yang harus kamu ketahui.

Mengatasi bau badan

Manfaat daun kemangi juga mampu mengatasi bau badan. Masalah bau badan kerap dialami banyak orang dan bisa menurunkan kepercayaan diri ketika bertemu dengan orang lain. Kamu bisa mengatasi masalah bau badan dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin sebagai lalapan. Selain itu, daun kemangi juga berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut.

Membantu menyamarkan bekas luka pada kulit

Membantu menyamarkan bekas luka pada kulit merupakan salah satu manfaat daun kemangi. Daun kemangi adalah satu di antara bahan populer yang dapat membantu menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat pada kulit wajah. Ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan. Tambahkan satu sendok madu dan satu sendok air lemon dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan masker ini pada wajah dan bilaslah dengan air.

Meringankan penyakit kulit

Fungsi antimikroba dan antibakteri yang dimiliki kemangi juga efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, antara lain psoriasis dan panu. Cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit.

Memelihara kesehatan jantung

Ilustrasi Penyakit Jantung © Diadona

Manfaat daun kemangi selanjutnya dapat memelihara kesehatan jantung. Manfaat daun kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Maka dari itu, selain berolahraga dengan rutin dan menjaga pola makan yang sehat, mengonsumsi kemangi secara berkala juga dipercaya dapat memperkuat jantung.

Mengobati masalah vagina, nyeri payudara, batu ginjal & albuminaria

John Henry M dalam bukunya berjudul A Dictionary of Practical Material Medical mengatakan, bahwa manfaat daun kemangi untuk kesehatan adalah dapat mengatasi penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

Meningkatkan selera makan

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika banyak orang mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau trancam. Manfaat daun kemangi bisa meningkatkan selera makan dan membuat makan menjadi lahap, karena aroma daun kemangi yang khas.

Menyehatkan otak

Penurunan kemampuan kognitif telah menjadi masalah besar bagi para lansia saat ini. Namun, ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi daun kemangi sangat membantu dalam mencegah degradasi kognitif. Manfaat daun kemangi mengandung mineral seperti mangan, yang diamati untuk meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak. Aktivitas ini dikaitkan dengan refleks mental. Ramuan ini juga mengandung tembaga, yang dapat membantu merangsang pikiran – meningkatkan fungsinya.

Metabolisme glikosilceramida juga terkait dengan refleks otak. Glycosylceramides juga dikenal sebagai Sphingolipids pada dasarnya adalah molekul yang bertindak sebagai perisai pelindung untuk otak. Perisai ini melindungi otak dari stres radikal bebas dan oksidatif.

Mengatasi epilepsi

Manfaat daun kemangi yang telah diekstrak dapat mengurangi aktivitas spasmodik di otak. Studi lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa eugenol dalam daun kemangi juga bermanfaat untuk sistem saraf.

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Manfaat daun kemangi tentu bisa untuk kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Institut Teknologi Federal Swiss, daun kemangi atau basil mengandung beta-caryophyliene yang bermanfaat dalam mengobati radang sendi dan radang usus. Selain itu, masih ada banyak manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. Berikut manfaat daun kemangi tersebut.

Tingkatkan kesehatan mata

Ilustrasi Kesehatan Mata © Diadona

Hanya dengan 100 gr daun kemangi segar setiap hari akan membantu meningkatkan kesehatan mata. Hal ini sangat penting karena, daun kemangi memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Jadi manfaat daun kemangi juga bisa dimanfaatkan oleh kamu yang bermasalah dengan penglihatan.

Mencegah demam

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengurangi demam karena flu. Saat demam karena flu, kamu dapat mengunyah daun kemangi. Untuk mencegah masalah demam saat musim penghujan, kamu dapat meminum air rebusan daun kemangi. Minum setiap hari untuk mencegah demam karena musim penghujan.

Mampu mengobati luka infeksi

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah dapat mengobati luka infeksi. Karena sifat antibakteri ditemukan pada daun kemangi, sehingga dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit. Menggunakan daun kemangi pada kulit sangat membantu bagi orang-orang yang mengalami eksim pada kulit. Ambil beberapa daun kemangi dan tumbuk hingga halus. Lalu, tambahkan dengan setengah cangkir yogurt. Campurkan bahan dan terapkan pada wajah hingga mengering, kemudian bilas dengan air.

Mengontrol kadar gula darah

Ilustrasi Penyakit Diabetes © Diadona

Menurut Healthline, manfaat daun kemangi memiliki kemampuan mengontrol kadar gula darah. Daun ini sangat dianjurkan bagi pengidap diabetes atau kadar gula darah terlampau tinggi. Rutin mengonsumsi daun kemangi dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah.

Daun berwarna hijau ini mengandung glikemik cukup rendah. Kandungan minyak esensial dalam kemangi juga bisa memerangi kadar trigserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko diabetes.

Bersifat antikanker

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Medical News Today, daun kemangi memiliki sifat antikanker. Daun berukuran kecil ini mengandung phytochemical termasuk eugenol, asam rosmarinic, apigenin, myretenal, luteolin, B-sitosterol, dan asam carnosic. Semua kandungan itu sangat diperlukan tubuh untuk membantu menangkal sel jahat penyebab kanker seperti kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Manfaat daun kemangi juga bersifat antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit lainnya.

Meredakan batuk

Kamu bisa meredakan batuk dengan menggunakan manfaat daun kemangi. Caranya ambil 8 lembar daun kemangi, campur dengan cengkeh kemudian seduh dengan air mendidih. Kamu juga bisa menambahkan garam untuk sedikit membantu memberikan rasa. Biarkan hingga dingin kemudian minum. Lakukan secara rutin setiap hari untuk menghilangkan batuk.

Meningkatkan sistem imun

Manfaat daun kemangi selanjutnya dapat meningkatan sistem imun dengan rutin mengonsumsi kemangi setiap hari. Studi menunjukkan bahwa berbagai senyawa kimia dalam kemangi dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan kemangi segar alih-alih yang kering.

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kejantanan Pria

Ilustrasi Kejantanan Pria © Diadona

Manfaat daun kemangi juga bisa untuk kejantanan pria loh. Daun kemangi sendiri mengandung senyawa arginie sudah terbukti manfaatnya untuk memperkuat sperma, dalam artian sperma yang ada didalam tubuh atau testis pada kaum pria bisa bertahan dari jenis gangguan apapun.

Misal, sperma tidak akan mampu bertahan dalam temperatur lebih dari 40 derajat celcius. Nah, dengan adanya senyawa arginie ini maka sperma akan lebih kuat dan mampu bertahan. Khasiat lainnya juga adalah untuk membentengi kemandulan dan mengurangi gejala ejakulasi dini pada pria.

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Wanita

Tidak hanya kesehatan, daun kemangi ini juga bermanfaat untuk kecantikan wanita. Berikut adalah manfaat daun kemangi untuk wanita.

Mengatasi jerawat dan bekas jerawat

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah mengatasi jerawat sekaligus bekasnya. Kemangi mengandung sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat menyembuhkan jerawat serta bekas jerawat dengan mudah. Ia bekerja sebagai pembersih kulit alami yang membantu menghilangkan kotoran dan debu dari wajah.

Ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan. Lalu, ambil ekstrak jusnya dan tambahkan dengan satu sendok makan bubuk kunyit. Campurkan bahan dan terapkan masker ini pada wajah. Setelah kering dan meresap bilas dengan air hingga bersih.

Kulit menjadi bercahaya

Ilustrasi Kulit Mulus Bebas Jerawat © Diadona

Manfaat daun kemangi mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menjadikan kulit sehat dan bercahaya. Ambil beberapa daun kemangi dan ekstrak jusnya. Lalu, tambahkan satu sendok gliserin dan pijat wajah kamu dengan masker ini setiap hari. Ulangi proses ini dua kali atau tiga kali sehari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Mencegah penuaan

Manfaat daun kemangi untuk wanita yang pertama adalah dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan. Menggunakan daun kemangi dapat membantu mengencangkan kulitmu secara alami, sehingga menjadikan kulit tampak lebih muda. Ambil daun kemangi dan tumbuk sampai halus dan tambahkan beberapa sendok minyak kelapa. Aduk hingga rata.

Terapkan pada wajah dan diamkan untuk sementara. Kemudian, bilas hingga bersih. Gunakan perawatan ini setiap dua kali dalam sehari untuk memberikan kulit yang tampak lebih muda dan bersinar.

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesuburan

Ilustrasi Perempuan Cantik © Diadona

Selain memberi beragam manfaat untuk kesehatan manusia, kemangi juga memberi manfaat untuk kesuburan pria. Ini dia deretan manfaat daun kemangi untuk kesuburan pria yang sudah dihimpun oleh Diadona dari berbagai sumber :

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Manfaat daun kemangi untuk kesuburan yang pertama adalah diyakini bisa menjaga kesehatan organ reproduksi. Senyawa eugenol yang terdapat di dalam daun kemangi disebut berperan sebagai antibakteri yang menghindarkan organ reproduksi dari infeksi.

Memperbaiki Sistem Reproduksi

Manfaat daun kemangi untuk kesuburan berikutnya adalah memperbaiki sistem reproduksi. Kandungan anetol dan boron ada kemangi disebut bisa merangsang hormong estrogen sehingga dapat membuat sistem reproduksi menjadi lebih baik.

Merangsang Pematangan Telur

Manfaat daun kemangi untuk kesuburan berikutnya adalah merangsang pematangan sel telur. Kandungan stigmasterol yang terdapat dalam daun kemangi diyakini dapat memberi manfaat untuk merangsang sel telur, guna terjadinya ovulasi dan sel telur siap dibuahi.

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Pria Dewasa

Ilustrasi Pria Dewasa © Diadona

Selain memberi manfaat bagi kesuburan, kemangi juga miliki manfaat untuk pria dewasa loh. Ini dia deretan manfaat daun kemangi untuk pria dewasa yang Diadona himpun dari berbagai sumber :

Meningkatkan Gairah Seksual

Manfaat daun kemangi untuk pria dewasa yang pertama diyakini mampu meningkatkan gairah seksual. Menurut info dari laman librate.com, daun kemangi disebut mengandung zat afrodisiak yang dapat meningkatkan dorongan seksual bagi pria dewasa.

Baik untuk Kesehatan Sperma

Manfaat daun kemangi untuk pria dewasa berikutnya adalah baik untuk kesehatan sperma. Senyawa arginin yang terkandung dalam daun kemangi disebut dapat memperpanjang masa hidup sperma. Kemudian, jika dikonsumsi secara teratur, kemangi diyakini bisa mencegah kemandulan.

Mengatasi Ejakulasi Dini

Manfaat daun kemangi untuk pria dewasa selanjutnya adalah mampu mengatasi masalah seksual ejakulasi dini. Terdapat kandungan senyawa 1-8 sineol pada dun kemangi yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma. Sehingga mampu membuahi sel telur dengan baik.

Beri Komentar