22 Manfaat Ciplukan dari Buah, Daun, Batang, hingga Akarnya dan Cara Mengolahnya

Reporter : Sofi
Senin, 10 Februari 2020 11:58
22 Manfaat Ciplukan dari Buah, Daun, Batang, hingga Akarnya dan Cara Mengolahnya
Mungkin kamu pernah melihat tanaman ini di pinggir sawah, atau pekarangan rumah. Tahukah manfaat tanaman itu atau disebut ciplukan itu sangat bagus untuk tubuhmu? Berikut manfaat ciplukan tersebut.

Mungkin banyak yang tahu buah cipuklan, tapi belum tahu manfaat ciplukan yang bisa digunakan. Buah ini terlihat sangat unik. Di pohonnya, buah ciplukan terbungkus oleh kelopak yang menggembung. Buahnya berwarna hijau bila belum matang dan berwarna kuning ketika matang.

Seperti buah kebanyakan, bila belum matang rasanya asam dan bila matang rasa ciplukan menjadi manis. Namun, buah ini kemungkinan dapat beracun apabila kamu memakannya ketika masih mentah. Apalagi jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu. Jadi makanlah buah ciplukan yang telah benar-benar matang.

Semua bagian dari tanaman ini bisa kamu manfaatkan. Berikut manfaat ciplukan yang sudah dirangkum dari bebagai sumber yang harus kamu tahu.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Ciplukan

Buah ciplukan dengan rasa manisnya bisa kamu konsumsi secara langsung. Nutrisi yang terkandung juga sangat berguna untuk tubuh. Berikut manfaat ciplukan.

Ilustrasi Ciplukan © Diadona

Melindungi hati dan ginjal dari fibrosis

Fibrosis adalah kondisi di mana terjadi kerusakan atau terganggunya fungsi organ seperti hati dan ginjal. Manfaat ciplukan dengan berbagai nutrisi, mineral, vitamin, protein, zat besi, serta kalsium dapat membantu melindungi hati dan ginjal dari fibrosis.

Kaya vitamin K

Kandungan vitamin K dalam buah ciplukan terbilang tinggi. Manfaat ciplukan dengan vitamin K ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga tekanan darahmu tetap normal. Bahkan, asupan vitamin K yang tercukupi, dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian mengatakan bahwa manfaat ciplukan juga berpotensi membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan berbagai polifenolnya. Polifenol adalah senyawa antioksidan yang bekerja menghalangi pelepasan penanda sistem kekebelan tertentu ketika terjadi radang. Selain itu, manfaat ciplukan lainnya juga dapat meningkatkan stamina, yang datang dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Dalam satu cangkir (140 gram) buah ciplukan mengandung 15,4 mg vitamin C yang jumlahnya memenuhi 21% vitamin C harian untuk wanita dan 17% vitamin C harian untuk pria.

Mengatasi peradangan

Manfaat ciplukan selanjutnya adalah dapat menghilangkan atau melawan peradangan. Kandungan yang terdapat dalam buah ciplukan dapat membantu kamu menghilangkan nyeri radang sendi atau rematik. Manfaat ciplukan dapat meningkatkan aliran darah ke daerah yang nyeri sehingga meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi rasa sakit.

Selain itu, senyawa bernama withanolides dalam buah ciplukan dilaporkan dapat membantu melawan efek peradangan yang mengakibatkan penyakit radang usus. Senyawa yang sama juga dilaporkan berpotensi untuk melawan risiko kanker usus besar.

Meningkatkan kesehatan mata

Ilustrasi Mata Cantik © Diadona

Selain itu, manfaat ciplukan selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan mata. Penglihatan memainkan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dapat menbantu kesehatan mata. Buah ciplukan yang kaya akan vitamin A dapat meningkatkan penglihatan serta menyehatkan mata.

Buah yang dagingnya berwarna kuning oranye ini mengandung zat lutein, beta karoten, dan karotenoid yang bisa menghindarkan kamu dari bahaya degenerasi makula. Degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan pada orang yang telah berusia tua. Selain itu, zat karotenoid lutein dapat mencegah risiko beberapa penyakit mata akibat komplikasi diabetes.

Baik untuk ibu hamil

Zat besi sangat baik untuk wanita yang sedang hamil. Biji-bijian, sayuran hijau, buah-buahan kering mengandung zat besi yang sangat baik untuk wanita hamil. Mengonsumsi buah ciplukan setiap hari dapat memenuhi kebutuhan zat besi pada wanita hamil.

Buah ciplukan juga membantu penderita penyakit seperti alzheimer dan demensia. Buah ini dapat membantu kemampuan otak seperti meningkatkan daya ingat, fokus, serta konsentrasi.

Menurunkan demam

Buah ciplukan juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam atau panas terutama pada anak-anak.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Ciplukan

Tidak hanya buahnya, manfaat ciplukan juga bisa berasal dari daunnya. Berikut manfaat daun ciplukan.

Ilustrasi Ciplukan © Diadona

Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat ciplukan juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun, buah dan akar selama tiga minggu berturut-turut.

Mengobati kanker payudara

Kanker payudara mungkin terdengar sebagai penyakit yang mengerikan. Tapi manfaat ciplukan ternyata juga bisa menyembuhkan penyakit ini. Caranya, petik pucuk daun yang muda dicampur dengan empat biji beras dan tunas kunyit. Kemudian digiling dengan parutan kelapa sampai lumat. Setelah itu ramuan tadi langsung ditempelkan pada payudara.

Mengobati penyakit kurap

Penyakit kurap memang mengganggu. Selain membuat tidak nyaman juga merusak penampilan jika terjadi pada bagian tubuh yang terbuka. Untuk mengobatinya cukup hancurkan daun dari buah ciplukan dan oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap. Hal ini karena manfaat ciplukan bisa untuk mengobati oenyakit kurap.

Sebagai obat asma

Manfaat ciplukan juga bisa sebagai obat asma. Pengaplikasian ciplukan sebagai obat asma juga tergolong mudah. Ambil daun dan batang dari buah ciplukan, rebus dan minum air rebusan tersebut.

Atau ambil daunnya, kemudian campur dengan kapur sirih lalu dihancurkan dengan menggunakan kedua telapak tangan. Kemudian basahkan dengan air. Setelah itu gumpalkan pada telapak tangan sehingga keluar air berwarna hijau keputih-putihan serta buih. Oleskan pada bagian dada, perut, dan punggung.

Menyembuhkan penyakit jantung

Salah satu manfaat ciplukan adalah mengobati gangguan jantung. Caranya cukup mudah, ambil 40 helai daun ciplukan dan hancurkan dengan blender seperti jus, kemudian minum tanpa campuran apa-apa. Selain dibuat seperti jus, daunnya juga bisa kita makan langsung, tapi pastikan sudah dicuci bersih dulu ya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Ciplukan dan Cara Mengolahnya

Buah ciplukan memiliki manfaat yang luar biasa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut manfaat buah ciplukan dan cara mengolahnya.

Ilustrasi Ciplukan © Diadona

Menurunkan kolesterol

Manfaat ciplukan ternyata juga bisa menurunkan kolesterol lho. Caranya makan daun dari buah ciplukan dua helai tiga kali sehari.

Menghilangkan sakit persendian

Manfaat ciplukan ini juga bisa untuk menghilangkan sakit persendian. Caranya cukup mudah, campur daun dengan kapur sirih kemudian tempelkan pada persendian yang sakit.

Menambah kecerdasan

Buah ciplukan yang di campur air, jeruk nipis, dan sedikit gula selain nikmat ternyata juga dapat memiliki manfaat ciplukan yang meningkatkan kecerdasan anak.

Menghilangkan kuning pada bayi yang baru lahir

Buah ciplukan juga dapat menghilangkan kuning pada bayi yang baru lahir. Caranya, ciplukan di jemur hingga kering, kemudian digunakan untuk mandi pada bayi yang baru lahir.

4 dari 4 halaman

Manfaat Tanaman Ciplukan

Tidak hanya buah atau daunnya, manfaat cipplukan juga bisa didapat dari aka dan batang dari tanaman ini. Berikut manfaat tanaman ciplukan yang mengesankan.

Ilustrasi Ciplukan © Diadona

Penawar racun

Semua bagian dari buah ciplukan ternyata bisa dikonsumsi sebagai penawar racun. Perlu diingat, walaupun buah ciplukan ini memiliki khasiat yang luar biasa. Tetapi jangan mengonsumsinya bersamaan dengan kopi ya, karena konon malah dapat menyebabkan keracunan.

Untuk tambah darah

Buah ciplukan juga dapat mengobati kekurangan darah atau anemia. Pengaplikasiannya yaitu dengan cara memasak batang dari buah ciplukan, kemudian minum ari rebusannya.

Mengobati kencing manis

Kencing manis atau diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti. Cara menggunakannya yaitu, rebus batang dan akar dari buah ciplukan, kemudian minum tiga kali sehari.

Mengobati stroke

Meminum dan memakan bagian-bagian dari buah ciplukan secara rutin juga dapat membantu mengobati penyakit stroke lho.

Menyadarkan orang pingsan

Manfaat ciplukan ini juga bisa untuk menyadarkan orang pingsan. Ambil akarnya dan bakar. Kemudian abunya dicampur dengan kapur sirih. Setelah itu campurkan dengan sedikit minyak kelapa, dan oleskan pada kepala orang yang sedang pingsan.

Membersihkan kencing kotor

Cukup dengan minum air rebusan dari akar sampai pucuk buah ciplukan. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan manfaat ciplukan yang bisa untuk membersikan air kencing yang kotor.

Jadi tidak usah ragu untuk mengonsumsi buah ini kan? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar