23 Manfaat Salak dari Buah hingga Bijinya untuk Kesehatan

Reporter : Sofi
Selasa, 18 Februari 2020 11:29
23 Manfaat Salak dari Buah hingga Bijinya untuk Kesehatan
Tahukah kamu jika biji salak bisa kamu gunakan untuk kesehatan tubuh kamu?

Buah yang kulitnya seperti sisik ular ini memang cukup dikenal memiliki cita rasa yang unik yaitu manis dan terkadang sepat. Tak heran jika buah salak banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan sirup, manisan, dan lain sebagainya.

Buah salak mengandung banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya buahnya, salak juga dimanfaatkan biji, dan kulitnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat salah yang mengesankan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Salak

Buah salak kaya akan kandungan zat besi dan ini berarti salak sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menderita anemia defisiensi besi. Selain itu, salak juga mengandung vitamin A, vitamin B2 (riboflavin), vitamin C dan karbohidrat. Berikut adalah manfaat buah salak yang harus kamu tahu.

Ilustrasi salak © Diadona

Meningkatkan daya ingat

Manfaat salak memiliki kandungan mineral dan bahan aktif seperti potasiom, beta-karoten dan pektin. Pektin adalah salah satu kandungan yang mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Ini membuat kognisi dan daya ingat seseorang menjadi lebih baik. Selain itu, kandungan oksidatif dalam salah juga bantu hilangkan stres dan menurunkan risiko penyakit otak.

Baik bagi ibu hamil

Banyak yang mengatakan bahwa salak tidak baik dikonsumsi ibu hamil. Itu benar, tapi maksudnya tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Pasalnya, kandungan zat besi dalam salak yang bisa bantu atasi anemia pada ibu hamil. Salak juga dikenal memiliki senyawa yang mampu atasi mual di pagi hari pada ibu hamil.

Asupan kalsium yang cukup dalam buah salak juga bisa membantu ibu hamil dalam proses pembentukan tulang janin. Mengonsumsi salak manfaatnya bukan hanya pada ibu yang mengonsumsinya, tapi juga berefek pada janin yang dikandung. Tapi ingat, konsumsi salak rutin cukup satu atau dua buah saja per hari.

Bantu turunkan berat badan

Manfaat salak mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Salak adalah buah yang dicari banyak orang untuk bantu turunkan berat badan. Itu karena salak mengandung kalsium dan karbohidrat yang menyediakan energi dan stamina yang diperlukan bagi tubuh yang sedang diet. Sementara, teh dari kulit buah salah juga berkhasiat yang sama untuk turunkan berat badan.

Kontrol gula darah

Manfaat salak mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun glukosa darah yang bantuk untuk kendalikan diabetes. Sangat bagus jika kamu menambahkan salak ke dalam makananmu karena cukup bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Selain dagingnya, kulit salak yang dikeringkan dan dibuat menjadi teh juga bisa membantu regenerasi sel pankreas yang membantu mengendalikan diabetes.

Lancarkan pencernaan

Seperti kebanyakan buah lainnya yang memiliki serat tinggi, salak juga memiliki kandungan kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan beta-karoten yang sangat bagus untuk menutrisi perut. Misalnya, tanin yang berkhasiat antidiare. Selain itu, manfaat salak juga dapat menjadi obat untuk gangguan pencernaan lambung. Akan lebih baik lagi, jika kamu makan salak bersamaan dengan kulit ari tipisnya yang dapat mencegah sembelit.

Obat mata

Menurut penelitian dari spesialis kesehatan, banyaknya kandungan beta-karoten dalam buah salak bermanfaat sebagai obat mata. Kamu bisa mengonsumsinya menjadi jus salak sebagai alternatif dari jus wortel yang lebih dikenal manfaatnya untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan vitamin A dalam salak juga sangat membantu meningkatkan ketajaman mata.

2 dari 3 halaman

Manfaat Biji Salak

Apabila kamu ingin memetik manfaat salak, kamu jangan terburu-buru membuang bijinya. Biasanya, biji buah salak yang bertekstur keras ini akan dibuang begitu saja setelah daging buahnya habis dimakan.

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Padahal, biji salak dapat diolah dan dikonsumsi kembali, karena memiliki manfaat salak yang baik untuk kesehatan. Kamu bisa mengolahnya menjadi seperti bubuk kopi, atau merebus beberapa biji salak hingga lunak dan meminum air rebusan tersebut.

Berikut adalah manfaat biji salak yang sering terabaikan:

- Mengatasi asam urat
- Melancarkan peredaran darah
- Mencegah hipertensi
- Meningkatkan kekuatan otot
- Sumber energi
- Baik untuk kesehatan usus
- Meningkatkan kecerdasan
- Menambah stamina
- Menyehatkan lambung
- Melancarkan sistem pencernaan

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Buah salak ini bagus untuk kesehatan tubuhmu. Berikut manfaat salak untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Manfaat salak mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, manfaat salak mampu mengurangi ketegangan dalam pembuluh darah dan arteri, sehingga akan menurunkan ketegangan pada sistem kardiovaskular.

Kandungan potasium dalam buah salak juga dapat menjaga kesehatan jantung, terutama bagi mereka pencinta kopi dan pecandu rokok. Manfaat salak juga cocok dijadikan sebagai makanan penutup apabila kamu baru mengonsumsi makanan berminyak.

Meningkatkan energi

Penelitian telah menemukan bahwa manfaat salak mampu meningkatkan stamina dan menstimulasi metabolisme, yang dapat memberikan dorongan kuat pada tingkat energi kamu. Karbohidrat yang ditemukan dalam buah ini juga baik untuk menjaga tingkat energi sepanjang hari.

Meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan

Kandungan nutrisi yang baik sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu mencegah dari penyakit tertentu dan mencegah tubuh dari kerusakan berbahaya. Jadi memakan buah salak adalah pilihan baik untuk tubuh.

Kesehatan kulit

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Kamu bisa memiliki kulit yang sehat dengan cara yang mudah, yaitu dengan hanya mengonsumsi buah salak secara teratur. Ini adalah cara alami untuk mendapatkan kulit yang alami dan sehat. Selain itu, antioksidan yang terkandung mencegah efek buruk dan radikal bebas yang akan berbahaya bagi kulit. Maka dari itu, manfaat salak ini bisa untuk kesehatan kulit kamu.

Bertindak sebagai antidiare

Nutrisi dari manfaat salak membantu kamu meningkatkan efisiensi pencernaan dan menghilangkan gejala sembelit, kembung dan kram.

Sumber protein

Untuk meningkatkan kebutuhan protein dalam tubuh, kamu mungkin harus mengonsumsi keju, telur, makanan protein, daging sapi dan salmon. Namin, diketahui manfaat salak juga dapat membantu mendapatkan jumlah protein yang luar biasa. Itu akan membantu masa otot, mendukung fungsi neurologis, dan juga memperbarui sel-sel tubuh.

Sumber vitamin C

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah salak adalah vitamin C dalam jumlah banyak. Jika kamu mengonsumsi 100 gram salak, itu akan memberi kamu 14% dari nilai harian vitamin C yang dibutuhkan. Jadi jika kamu ingin memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, cobalah makan buah salak bersama dengan jenis makanan vuitamin C lainnya untuk membantu.

Jadi bagaimana kamu suka mengolah buah salak ini untuk mendapatkan manfaat salak? Beri jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar