24 Manfaat Sawi Hijau dan Putih untuk Kesehatan

Health | Selasa, 18 Februari 2020 13:07

Reporter : Sofi

Ternyata sawi yang biasa kamu makan mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kamu loh!

Ada banyak macam sawi yang dengan mudah bisa kamu dapatkan di pasar, maupun di supermarket. Mulai dari sawi hijau, sawi putih, dan masih banyak lagi. Sayur ini sering digunakan dalam masakan rumahan karena pengolahannya yang mudah.

Selain rasanya yang enak, dan mudah di dapat, sawi memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat yang terkadung juga baik untuk kesehatan tubuh loh. Berikut adalah manfaat sawi yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

24 Manfaat Sawi Hijau dan Putih untuk Kesehatan
2 dari 4 halaman

Manfaat Sawi Putih

Sawi putih merupakan bahan makanan rendah kalori yang padat nutrisi. Di dalam 100 gram sawi putih, hanya terdapat 9-13 kandungan kalori, hal ini ditambah fakta bahwa sawi putih juga rendah lemak. Manfaat sawi putih untuk kesehatan tidak cuma itu saja. Sayuran ini juga mengandung 1,7 gram karbohidrat, 0,1 gram lemak, dan 1 gram protein.

Selain itu, vitamin dan mineral yang terkandung di sawi putih adalah vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, E, K, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, dan natrium. Dari kandungan tersebut, berikut adalah manfaat sawi putih yang baik untuk tubuhmu.

Ilustrasi Sawi PutihIlustrasi Sawi Putih © 2020 https://amazon.com/

Baik untuk penderita penyakit ginjal

Sebagian besar sayuran mengandung kalium dalam jumlah tinggi. Padahal, penderita penyakit ginjal umumnya disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi kalium karena dapat memengaruhi keseimbangan cairan tubuh.

Sawi putih adalah salah satu sayuran dengan kandungan kalium terendah. Seratus gram sawi putih mengandung 95 miligram kalium, atau hanya sekitar 2% dari kebutuhan kalium harian. Jumlah ini bahkan lebih rendah dari kol, terong, mentimun, dan bayam.

Membantu mengendalikan tekanan darah

Manfaat sawi putih juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Namun, hal ini bukan berarti manfaat sawi putih dapat menjadi obat penurun tekanan darah tinggi. Untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, kamu harus tetap mengonsumsi obat dan menjalani pola hidup sehat untuk mengendalikan tekanan darah kamu.

Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat sawi putih juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang, karena kalsium dan vitamin K yang terkandung di sawi putih akan menjaga kepadatan tulang sekaligus mencegah osteoporosis.

Cocok untuk diet

Sayur-sayuran lembaran seperti sawi putih mengandung beragam nutrisi tapi juga rendah kalori. Sayuran ini juga tinggi kadar air dan serat sehingga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Keunggulan inilah yang membuat sawi putih memiliki manfaat bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Menyehatkan saluran pencernaan

Manfaat sawi putih selanjutnya adalah menyehatkan saluran pencernaan. Serat yang terkandung di sawi putih efektif untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, karena serat di sawi putih dapat meningkatkan pergerakan usus yang akan membantu mengatasi sembelit dan konstipasi.

Menyehatkan mata

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © 2020 https://www.diadona.id

Tak hanya meningkatkan sistem imunitas tubuh, manfaat sawi putih juga bisa didapatkan untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena vitamin A dan beta karoten yang terkandung di sawi putih.

Selain itu, kamu mungkin telah akrab dengan beta-karoten dan vitamin A. Sedangkan alfa-karoten pada sawi ternyata sama pentingnya dengan beta-karoten karena keduanya merupakan bahan baku dari vitamin A yang penting untuk memelihara kesehatan mata. Sumber alfa-karoten terbaik di antaranya adalah labu, wortel, ubi, sawi putih, dan alpukat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat sawi putih yang pertama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin C yang terdapat dalam sawi putih. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Mengonsumsi sawi putih secara rutin dapat membuat kamu tidak mudah terserang penyakit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sawi Hijau

Sawi merupakan sayur kaya vitamin A, C, dan K yang penting menjaga fungsi tubuh. Manfaat sawi juga merupakan sumber zat besi, magnesium, kalsium, seng, kalium, selenium, mangan, folat, protein, dan serat makanan yang baik untuk pencernaan dan meningkatkan kualitas kesehatan. Salah satu jenis sawi yang juga biasa dikonsumsi adalah sawi hijau. Berikut adalah manfaat sawi hijau yang harus kamu tahu.

Ilustrasi Sawi Ilustrasi Sawi © 2020 https://diversivore.com/

Menjaga stamina tubuh

Manfaat sawi hijau yang pertama adalah menjaga stamina tubuh. Sistem kekebalan yang berfungsi dengan baik diperlukan untuk mencegah penyakit kronis memasuki tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan stamina tubuh dan mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Kekebalan adalah penghalang tubuh tidak hanya terhadap penyakit kronis, tetapi juga infeksi dan virus musiman.

Sehatkan pencernaan

Sawi merupakan sayur yang kaya serat. Serat akan membantu lambung dan usus dalam menyerap nutrisi makanan dan meneruskannya ke usus besar. Pencernaan sehat dapat membantu mendukung kelancaran buang air besar. Sifat antiperadangan dalam sawi hijau mampu mencegah kanker usus yang membahayakan pencernaan. Maka dari itu, manfaat sawi hijau adalah dapat meyehatkan pencernaan kamu.

Cegah anemia

Anemia bisa disebabkan karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Manfaat sawi kaya akan zat besi dan folat. Zat besi membantu menjaga hemoglobin tetap terkontrol yang dapat mencegah timbulnya anemia. Folat membantu tubuh menyerap zat besi lebih efisien, yang kemudian dapat meningkatkan produksi sel darah merah oleh tubuh.

Detoksifikasi tubuh

Manfaat sawi kaya akan serat sehat yang berguna sebagai detoks dalam usus. Selain itu, manfaat sawi juga mengandung sulfur dan antioksidan sehingga sangat baik dalam detoksifikasi tubuh. Karena sawi kaya akan klorofil, sayuran ini juga sangat baik dalam menyerap karbon dioksida yang akan dikeluarkan melalui limbah dari dalam tubuh.

Sehatkan pengelihatan

Sawi mengandung beta-karoten, selenium, Vitamin K, dan vitamin C yang berguna untuk kesehatan mata. Beta-karoten secara khusus melindungi saluran koroner mata dan memberikan perlindungan terhadap pembentukan katarak dan glaukoma. Mengonsumsi sawi hijau dikaitkan dengan pencegahan degenerasi makula dan memperlambat perkembangannya hingga tingkat yang luas.

Stabilkan kolesterol

Manfaat sawi hijau mampu mengatur kadar kolesterol, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kolesterol tinggi dikaitkan sebagai penyebab penyakit kronis seperti jantung dan diabetes. Mengonsumsi sawi berdampingan dengan makanan lain seperti bakso dan mie ayam dapat menstabilkan kolesterol dalam darah.

Baik untuk kesehatan kulit

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © 2020 https://www.diadona.id

Manfaat sawi hijau mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu proses produksi kolagen yang berperan untuk kulit sehat dan kencang. Vitamin C adalah nutrisi penting yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh matahari, polusi, dan asap. Vitamin C juga meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan kerutan dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.

Cegah kanker

Sawi hijau dan jenis sawi lainnya memiliki sifat anti kanker. Folat berperan dalam produksi dan perbaikan DNA, sehingga dapat mencegah pembentukan sel kanker akibat mutasi pada DNA. Manfaat sawi juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Nutrisi ini memiliki sifat antioksidan kuat yang membantu melindungi sel terhadap kerusakan oleh radikal bebas.

Cegah peradangan

Selenium yang ditemukan dalam sawi hijau dapat meningkatkan respon kekebalan terhadap infeksi dengan merangsang produksi sel-T yang mengidentifikasi dan membunuh bakteri dan virus yang menyerang. Kolin dalam sawi juga membantu sel-sel dalam tubuh untuk menjaga bentuk dan membantu menyerap lemak dan mengurangi peradangan kronis.

Kuatkan tulang

Zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, seng, dan vitamin K dalam sawi hijau berkontribusi untuk membangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang. Zat besi dan seng memainkan peran penting dalam produksi dan pertumbuhan kolagen yang baik untuk persendian. Fosfor dan kalsium keduanya penting dalam struktur tulang. Vitamin K membantu menjaga keseimbangan kalsium dalam tulang.

Sehatkan jantung

Manfaat sawi hijau mengandung folat, kalium, vitamin C, dan vitamin B-6 dan rendah kolesterol. Perpaduan ini membantu menjaga kesehatan jantung. Vitamin B-6 dan folat mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homocysteine. Kelebihan homocysteine dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

Stabilkan tekanan darah

Ilustrasi HipertensiIlustrasi Hipertensi © 2020 https://rawpixel.com/

Kalium, kalsium, dan magnesium dapat ditemukan dalam sawi hijau. Mineral ini dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi 4,700 mg kalium setiap hari menurunkan tekanan darah yang disebabkan oleh asupan natrium yang tinggi. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembekuan darah di otak, yang dapat menyebabkan pendarahan otak.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sayur Sawi

Sayur sawi sangat mudah untuk didapatkan dan dijual dalam harga yang terjangkau. Tidak hanya itu, ternyata manfaat sayur sawi ini sangat bagus untuk tubuh kita. Berikut adalah manfaat sawi yang haru kamu tahu.

Bersifat antiinflamasi

Manfaat sawi juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mencegah peradangan kronis serta mengurangi risiko penyakit arthritis dan bengkak-bengkak lainnya. Ini karena sawi memiliki kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3 yang memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu juga mengandung isothiocyanate yang berfungsi mencegah peradangan dan mengurangi risiko stroke.

Mencegah kanker

Ilustrasi Kanker PayudaraIlustrasi Kanker Payudara © 2019 https://www.diadona.id/today.com

Manfaat sawi juga merupakan sayur antikarsinogenik yang mengandung glucosinolate, yang kemudian dikonversi ke isothiocyanate yang memiliki sifat pencegahan kanker. Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin dan mineral sawi juga sangat tinggi sehingga sangat baik menurunkan risiko terserang kanker.

Membantu detoks tubuh

Sawi yang kaya serat akan sekaligus menjadi agen detoks yang sangat baik di dalam usus. Selain itu, manfaat sawi juga mengandung sulfur dan antioksidan sehingga sangat baik dalam detoksifikasi tubuh. Karena sawi kaya akan klorofil, ini juga sangat baik dalam menyerap karbon dioksida yang akan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

Kaya antioksidan

Sawi merupakan sumber fitonutrien atau tanaman yang dihasilkan nutrisi serta antioksidan. Selain vitamin C dan A, juga memiliki asam hydroxycinnamic, isothamnetin, quercetin, dan kaempferol yang merupakan fitonutrien antioksidan kunci yang dibawa sawi. Fitonutrien tinggi dalam sawi bergizi untuk mengurangi stres oksidatif pada sel-sel dalam tubuh, dan bahkan membantu mencegah kanker payudara, usus besar, kandung kemih, prostat, ovarium, dan paru-paru. Itulah mengapa tubuh butuh banyak antioksidan.

Sumber vitamin dan mineral

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © 2020 https://www.diadona.id

Sawi merupakan sayur kaya vitamin A, C, dan K yang penting menjaga fungsi tubuh. Vitamin C dan A adalah antioksidan alami yang kuat melindungi tubuh dari radikal bebas, memperkuat imunitas dan menjaga kesehatan penglihatan. Vitamin K sendiri berfungsi menjaga kepadatan tulang dan bahkan mampu mencegah kerusakan syaraf otak.

Sawi juga merupakan sumber zat besi, magnesium, kalsium, seng, kalium, selenium, mangan, folat, protein, dan serat makanan yang baik untuk pencernaan dan penurunan kolesterol. Asam folat sangat baik dalam sintesis DNA, mencegah cacat janin dan menjaga perkembangan janin sehat.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat sawi di atas? Bagaimana kamu biasa mengolah sayur sawi ini untuk mendapatkan manfaatnya? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Join Diadona.id