26 Manfaat Jus Timun dan Timun Suri untuk Masker Wajah juga Kesehatan

Reporter : Sofi
Selasa, 7 Januari 2020 17:27
26 Manfaat Jus Timun dan Timun Suri untuk Masker Wajah juga Kesehatan
Mentimun sudah tidak asing lagi di dunia kecantikan maupun kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut manfaat timun yang harus kamu tahu.

Selama ini timun yang kita tahu adalah sayur. Tapi mentimun ini sebenarnya adalah buah. Timun tinggi nutrisi yang bermanfaat, juga senyawa dan antioksidan yang terkandung dapat membantu mengobati bahkan mencegah beberapa kondisi. Timun juga rendah kalori dan mengandung banyak air juga serat larut, yang membutanya ideal untuk meningkatkan hidrasi dan membantu penurunan berat badan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat timun yang harus kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Timun untuk Wajah

Ilustrasi Wajah Wanita Sehat Cantik © Diadona

Timun dipercaya dapat menyegarkan kulit wajah kita. Tidak hanya itu, berikut adalah manfaat timun untuk wajah yang harus kamu ketahui.

1. Melembabkan wajah

Kandungan air yang tinggi dan sifat antiinflamasi dari timun dapat membantu dalam mengobati kulit kering. Campur jus mentimun dengan yogurt atau jus lemon dan biarkan di kulit selama 10-15 menit setiap hari. Cara ini akan meringankan kulit yang terbakar matahari dan bisa juga mengobati luka bakar matahari yang ringan.

2. Mencerahkan kulit

Mentimun dapat digunakan untuk mencerahkan warna kulit. Dengan cara mencampur jus mentimun dengan jus lemon, lalu oleskan pada kulit secara merata dan bilas setelah 20 menit untuk mendapatkan kulit bersinar alami.

3. Menghilangkan sunburn

Mentimun adalah salah satu bahan terbaik yang dapat meredakan kulit terbakar, timun sangat menenangkan bagi kulit dan bisa mempercepat proses penyembuhan. Juga bisa meredakan kulit kemerahan dan iritasi. Irislah mentimun, dan letakkan pada daerah yang terkena luka atau iritasi.

4. Mengurangi bintik hitam

Parutan mentimun yang dibaluri ke daerah wajah dan leher, dipercaya mampu mengurangi bintik-bintik hitam akibat paparan matahari. Hal ini karena timun dapat digunakan sebagai tonik alami.

5. Mengencangkan pori-pori

Khasiat lain dari mentimun yaitu bertindak sebagai toner kulit yang ideal. Hal ini dapat dicampur dengan air mawar, madu, atau jus lemon, karena bisa membantu untuk mengencangkan pori-pori kulit. Campuran ini pun dapat dioleskan di seluruh wajah dan kemudian dibilas dengan air hangat.

6. Mencegah kerutan pada kulit

Mentimun dapat memberikan kesegaran bagi kulit, karena sifatnya yang mengandung banyak air sehingga baik untuk membersihkan wajah dan melembabkan kulit. Potongan timun cukup di tempelkan pada kulit secara rutin. Sebagian besar makanan alami memang memberikan manfaat sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti mentimun ini.

7. Mengurangi lingkar hitam pada mata

Mentimun juga sangat ampuh untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Antioksidan dan silika yang ada di dalamnya membantu untuk mencerahkan daerah bawah mata dengan cara meletakkan irisan ketimun di mata, biarkan selama 15 menit.

2 dari 4 halaman

Manfaat Timun Suri

timun suri © Diadona

Timun suri adalah tumbuhan berwarna kuning yang biasa kita gunakan untuk berbuka puasa. Di balik rasanya yang menyegarkan, timun suri memiliki banyak manfaat. Berikut adalah manfaat timun suri yang harus kamu ketahui.

1. Menyehatkan kuku dan rambut

Manfaat timun suri yang pertama untuk menyehatkan kuku dan rambut. Dengan konsumis buah ini, kamu bisa menjaga kuku supaya tidak rusak dan pecah pecah. Sedangkan untuk rambut, bisa meningkatkan ketebalannya.

Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang rambutnya mulai menipis. Tetapi tetap saja kamu harus merawat rambut tidak hanya dengan timun suri saja.

2. Mencegah alzheimer

Manfaat timun suri yang selanjutnya juga bisa mencegah Alzheimer. Tentunya semua orang tahu bahwa penyakit Alzheimer ini sangatlah mematikan dan telah merenggut banyak korban. Dengan mengonsumsi timun suri yang kaya akan vitamin K, kamu bisa mencegah terjadinya penyakit Alzheimer ini.

Vitamin K berperan sebagai obat dalam membatasi kerusakan neuronal di otak, yang nantinya akan berpengaruh dalam pencegahan Alzheimer. Selain itu, timun suri juga bisa meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteoprotik pada persendian.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Timun suri kaya akan air dan serat. Kandungan tersebut tentunya bisa memperlancar sistem pencernaan kamu. Orang-orang yang menderita maag, sembelit, gastritis atau tukak lambung bisa mengonsumsi buah ini agar penyakit penyakit tersebut tidak kambuh.

4. Menurunkan risiko kanker

Salah satu manfaat timun suri yang sangat besar adalah dapat menurunkan risiko kanker. Hal ini karena buah satu ini dapat menghambat pertumbuhan dari sel kanker serta tumor. Kandungan saponin yang terdapat pada timun suri dapat menurunkan kolesterol hinggan mencegah kerusakan metabolisme tubuh dan tentunya juga mencegah tumbuhnya sel kanker.

5. Bagus dikonsumsi penderita diabetes

Timun suri juga bagus dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, konsumsi gula dan makanan manis yang berlebihan akan menyebabkan gula darah semakin tinggi, sehingga tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan maupun minuman. Namun dengan kandungan karbohidrat kompleks pada timun suri, bisa membuat gula darah naik secara perlahan dan aman bagi penderita diabetes.

6. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Manfaat timun selanjutnya adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kandungan serat dan air pada timun suri juga memiliki manfaat dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dengan konsumsi timun suri, makan kamu sudah menjaga organ organ penting dalam tubuh dari racun yang bersumber dari polusi serta makanan dan minuman yang menumpuk di dalam tubuh. Hal ini penting karena, bila racun tersebut tidak dikeluarkan, maka tubuh akan terserang berbagai macam penyakit.

7. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat timun suri juga memiliki dampak baik bagi kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada timun suri dapat mencegah penuaan dini dan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel sel tubuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jus Timun

jus mentimun © Diadona

Dalam mengonsumsi timun, biasanya orang-orang langsung memakannya. Tetapi untuk mempermudah, dapat juga dengan cara membuat jus timun. Manfaat timun dengan pengolaan jus juga tidak kalah banyaknya. Berikut adalah manfaat jus timun yang harus kamu ketahui.

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat timun yang pertama adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Konsumsi jus mentimun juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain segar, ternyata jus mentimun membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jadi, tidak ada salahnya apabila kamu menjadikan jus mentimun sebagai minuman sehat di musim kemarau.

2. Kaya akan vitamin

Manfaat timun yang selanjutnya adalah kaya akan vitamin bagi tubuh. Selain mengandung vitamin K, mentimun juga kaya akan vitamin A, C kompleks, dan C. Semua vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuhmu.

3. Menyehatkan kulit

Manfaat timun ini juga dapat menyehatkan kulit kamu. Kandungan mineral yang ada di dalam jus mentimun ternyata juga baik untuk menyehatkan kulit. Mineral ini berfungsi untuk membuat kulit agar tetap terhidrasi dan bercahaya.

4. Mengeluarkan racun

Manfaat timun dapat mengeluarklan racum dari dalam tubuhmu. Mengonsumsi jus mentimun secara rutin merupakan cara yang ideal untuk membuang racun yang ada di dalam tubuhmu. Jus mentimun juga mampu membersihkan racun yang ada di dalam ginjal.

5. Menghidrasi tubuh

Di tengah udara panas, ada baiknya kamu mengonsumsi jus mentimun. Mentimun mengandung kadar air yang tinggi sehingga dapat menghidrasi tubuhmu dengan baik.

6. Menurunkan berat badan

Manfaat timun ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Konsumsilah jus mentimun secara rutin. Selain tinggi akan serat, kandungan nutrisi di dalamnya juga membantu memastikan tubuhmu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

7. Mempertajam penglihatan

Manfaat timun yang terakhir adalah dapat mempertajam penglihatan. Dengan adanya vitamin A di dalam mentimun, maka mengonsumsi jus mentimun baik untuk kesehatan mata kamu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Masker Timun

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Sudah bukan rahasia lagi bahwa manfaat timun ini juga bisa untuk kecantikan. Banyak produk kecantikan menggunakan bahan dasarnya adalah timun. Berikut adalah masker timun beserta kegunaannya.

1. Kulit berjerawat

Bahan:
- 2 sendok makan sari mentimun
- 1 sendok makan air mawar

Cara:
- Campur dua sendok makan jus mentimun dengan air mawar secukupnya.

- Celupkan kapas/tisu wajah/sheet mask kering ke dalam masker.

- Aplikasikan pada wajah selama 15 menit dan cuci dengan air hangat.

2. Kulit kering

Bahan:

- 1 sendok makan oatmeal
- 2 sendok makan mentimun parut
- 1 sendok teh madu organik

Cara:
- Campur satu sendok makan oatmeal dengan parutan mentimun. Tambahkan beberapa tetes madu organik.

- Aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

3. Kulit gelap terbakar matahari

Bahan:
- 1 1/2 sendok makan yogurt tawar
- 1 sendok makan mentimun parut

Cara:
- Campur yogurt dan parutan mentimun untuk membuat masker.

- Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu cuci bersih wajah dengan air hangat.

4. Kulit berminyak

Bahan:
- 1 sendok teh kunyit bubuk
- 1/2 buah mentimun, parut
- 1 sendok teh air perasan lemon

Cara:
- Campur sejumput kunyit bubuk, setengah buah mentimun yang diparut, dan satu sendok teh jus lemon.

- Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit kemudian cuci dengan air hangat.

5. Kulit iritasi

Bahan:
- 1 sendok makan oatmeal
- 1 sendok teh air perasan lemon

Cara:
- Haluskan satu sendok makan oats dan mentimun parut. Tambahkan beberapa tetes jus lemon.

- Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu cuci bersih wajah dengan air hangat.

Apakah kamu juga sering menggunakan manfaat timun ini? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar