27 Manfaat Daun, Buah, dan Sabun Pepaya Untuk Kesehatan Juga Kecantikan

Reporter : Sofi
Rabu, 1 Januari 2020 16:51
27 Manfaat Daun, Buah, dan Sabun Pepaya Untuk Kesehatan Juga Kecantikan
Siapa yang menyangka jika tanaman pepaya mempunyai banyak manfaat dari daun hingga buahnya. Tanaman tropis ini banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah manfaat tersebut.

Pepaya merupakan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan buah dan daunnya. Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Buah dengan rasanya yang manis, dan daunnya dengan rasa pahit ini dapat dengan mudah dijumpai di supermarket ataupun pasar tradisional. Manfaat pepaya ini juga tidak boleh diremehkan karena mempunyai segudang khasiat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat pepaya yang bisa kamu ketahui.

1 dari 3 halaman

Manfaat Daun Pepaya

daun pepaya © Diadona

Daun pepaya biasa dikenal dengan rasanya yang pahit. Tapi dilihat dari kandungan yang terdapat pada daun pepaya ini memiliki segudang manfaat yang membuat masyarakat tetap mengonsumsinya. Apa saja manfaat daun pepaya tersebut? Berikut manfaat tersebut.

1. Membantu mengobati demam berdarah

Senyawa aktif dalam daun pepaya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah. Kamu bisa membuat jus daun pepaya dengan ditambah sedikit madu alami sebagai pemanis alami. Jus daun pepaya segar mengandung senyawa penting seperti papain dan carocain yang meningkatkan jumlah trombosit dan mengurangi infeksi selama demam berdarah. Daun ini juga memiliki sifat plasmodiastatic yang secara tidak langsung mengendalikan demam malaria.

2. Meredakan nyeri menstruasi

Kamu hanya perlu merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah itu, diamkan hingga hangat dan minumlah. Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat akan membantu mempercepat reaksinya dalam perut sehingga nyeri haid dapat segera mereda. Untuk hasil yang optimal, konsumsilah rebusan daun pepaya beberapa kali dalam sehari.

3. Mengatasi diabetes

Daun pepaya mengandung antiokidan cukup tinggi. Kandungan ini sangat baik untuk mencegah kelebihan glukosa dalam aliran darah. Selain itu, dalam manfaat pepaya yang diambil dari daunnya ini juga dapat mengurangi kerusakan organ, saraf, dan luka yang diderita oleh penderita diabetes karena memliki sumber antioksidan yang cukup tinggi.

4. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Daun pepaya mengandung senyawa papain, chymopapain, dan serat esensial yang bila dikonsumsi dalam bentuk jus meningkatkan sistem pencernaan dan mengendalikan gangguan seperti kembung, mulas, sembelit dan buang air besar. Selain itu, daun pepaya juga mengandung zat karpain cukup tinggi. Kandungan tersebut terbukti ampuh dalam membasmi mikroorganisme atau bakteri jahat yang mengganggu sistem pencernaan.

5. Mengatasi rambut rontok

Manfaat pepaya yang diambil dari daunnya yang terakhir adalah mengatasi rambut rontok. Dengan menghancurkan daun pepaya segar yang kemudian olehkan pada kulit kepalamu. Dengan dilakukan secara rutin setidaknya seminggu sekali, kamu dapat menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan kotoran akarnya. Ini juga memelihara dan melembabkan kulit kepala dan mencegah pembentukan ketombe.

6. Menurunkan risiko kanker

Manfaat pepaya kali ini dapat kamu ambil dengan memetik daun pepaya yang kemudian batang pada daun pepaya ternyata mengandung getah putih seperti susu yang berperan sebagai zat antikanker. Getah itu kemudian secara otomatis akan ikut terkonsumsi ketika kamu memakan daun pepaya dalam hidangan apapun. Daun pepaya juga merupakan sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

7. Mengobati jerawat

Kemudian, manfaat pepaya yang dapat diambil adalah dengan hanya perlu menumbuk dua lembar daun pepaya tua yang sudah dijemur sebelumnya. Kemudian, tumbukan daun pepaya dicampur air hangat, lalu oleskan pada kulit yang berjerawat selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Ulangi perawatan ini minimal 2-3 kali dalam seminggu guna mendapatkan hasil yang optimal.

8. Menambah kelancaran ASI pada ibu menyusui

Untuk ibu yang sedang menyusui ketika baru melahirkan seorang anak, ada baiknya jika mengganti suplemen atau vitamin non alami dengan mengonsumsi daun pepaya untuk menambah kelancaran ASInya. Cara mendapatkan manfaat daun pepaya untuk wanita yang sedang menyusui, tidak harus dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu, namun bisa juga dengan diolah dalam bentuk makanan rumahan. Untuk mengolahnya tentunya harus dengan proses pengolahan yang benar agar rasa pahit dari daun pepaya tidak terlalu terasa.

9. Menguatkan daya tahan tubuh

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menguatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena daun pepaya mengandung phytonutrien. Kandungan tinggi phytonutrien dalam daun pepaya dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, kanker, penuaan, alergi, dan infeksi perut.

10. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan daun pepaya yang kaya dengan vitamin A, C, dan E adalah kandungan terbaik yang mampu menutrisi kulit dan menjaga kelembabannya. Cara mengambil manfaat daun pepaya untuk kesehatan kulit yakni dengan rajin mengonsumsi daun pepaya dalam olahan makanan maupun minuman herbal. Beberapa produk kulit juga menambahkan esktrak pepaya dalam komposisi produknya.

11. Mengontrol tekanan darah

Cara mengambil manfaat daun pepaya untuk mengontrol tekanan darah, kamu dapat mengonsumsi daun pepaya yang direbus. Caranya, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Kemudian, biarkan air menguap hingga tinggal sekitar 3/4. Setelah dingin, minumlah. Kamu juga dapat menambahkan gula merah atau madu jika terasa sangat pahit.

12. Menghambat peradangan pada luka

Ketika mengalami luka bakar pada bagian kulit tubuh, jika tidak segera diobati dengan cara yang tepat seringkali luka bakar akan mengalami peradangan seperti lebih terasa panas dan juga timbul luka. Nah, kandungan papain dan chymopapain yang terdapat pada daun pepaya bisa meredakannya. Cara mengambil manfaat daun pepaya yakni, kamu bisa meletakkan beberapa helai daun pepaya yang sudah dicuci dan ditumbuk pada luka bakar yang ada di kulitmu.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Pepaya

pepaya © Diadona

Buah pepaya seringkali dikonsumsi oleh orang-orang karena harganya yang terjangkau dan mudah untuk ditemukan. Masyarakat mungkin sudah mengetahui akan manfaat pepaya ini bahwa buah pepaya dapat melancarkan pencernaan kita, tapi taukah kamu bahwa manfaat pepaya ini ternyata lebih dari itu? Berikut manfaat buah pepaya yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah di dalam tubuh dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. Dalam kasus yang parah, itu bahkan dapat menyebabkan serangan jantung atau strok. Manfaat pepaya untuk kesehatan bisa mencegah pembekuan darah. Hal ini karena pepaya mengandung zat yang dikenal sebagai fibrin yang bisa meningkatkan aliran darah.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat pepaya yang selanjutnya adalah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan vitamin C dalam pepaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Mengonsumsi buah pepaya secara rutin, akan menciptakan lapisan pelindung terhadap bakteri dan virus yang juga bisa menyebabkan flu, batuk dan pilek.

3. Mencegah penyakit jantung

Manfaat pepaya lainnya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Ini dikarenakan adanya kandungan serat, kalium dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium diketahui dapat mengurangi efek buruk penyakit jantung.

4. Mengurangi peradangan

Manfaat pepaya untuk mengurangi peradangan. Pasalnya, pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek antiinflamasi dan mengurangi risiko menderita penyakit kronis. Enzim ini juga dapat mengobati masalah lain yang terkait dengan peradangan seperti edema.

5. Manfaat pepaya untuk menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya dipercaya mampu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi buah pepaya setiap harinya bisa memenuhi kebutuhan serat harian. Potong pepaya menjadi beberapa bagian, lalu peras satu buah jeruk nipis, kemudian taburkan sedikit gula di atasnya. Masukkan ke dalam kulkas, dan santap ketika buah pepaya mulai dingin.

6. Manfaat pepaya untuk menyehatkan tulang

Dengan mengonsumsi buah pepaya bisa mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.

7. Sebagai cadangan energi

Selain berfungsi untuk memperlancar pencernaan, manfaat pepaya ternyata juga dapat memberikan cadangan energi untuk kamu yang memiliki banyak aktivitas. Selain bisa menjadi cadangan energi yang membuatmu tidak mudah lelah, buah pepaya juga bisa membantumu untuk mendapatkan tidur nyenyak setiap malam dan tidak mengalami insomnia.

8. Memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh

Pepaya adalah sumber vitamin yang sangat baik dengan sifat antioksidan seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin C. Buah berwarna oranye ini juga memberikan vitamin B kompleks dan mineral seperti potasium, tembaga dan magnesium. Vitamin dan mineral ini bekerja bersama untuk mendukung regenerasi sel dan membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Manfaat pepaya dalam hal ini adalah memasok nutrisi yang penting untuk tubuh.

9. Memperbaiki daya tahan tubuh

Pepaya mengandung vitamin C sebanyak 33% lebih banyak dibanding buah jeruk. Hal ini menjadikan manfaat buah pepaya bisa diandalkan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Selain itu, manfaat pepaya lainnya juga bisa menguatkan kekebalan tubuh.

10. Mencerahkan kulit wajah

Vitamin pada pepaya membantu mengurangi stres pada kulit dan mengangkat sel kulit mati. Hal ini memberikan efek rileks, sehat, cerah dan segar. Selain itu Pepaya mengandung antioksidan dan juga menutrisi kulit wajah sehingga terasa lembut dan kenyal. Cara mendapatkan manfaat pepaya untuk wajah adalah dengan menggunakan masker pepaya selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin.

11. Mengatasi jerawat

Manfaat pepaya untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Jerawat dan pori-pori yang besar merupakan dua permasalahan kulit yang paling ditakuti. Untuk meredakannya kamu bisa menggunakan masker pepaya secara rutin. Selain itu, manfaat pepaya ini juga bermanfaat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek hitam yang membandel. Campurkan pepaya dengan lemon dan madu untuk mewujudkan formula masker alami yang lebih sempurna.

12. Mencegah kerutan

Vitamin E pada pepaya membuat manfaat buah pepaya untuk wajah adalah menghentikan kerusakan seluler dan juga mencegah pembentukan kerutan. Vitamin A bertanggung jawab menampilkan kulit yang halus dan tidak bernoda. Vitamin C dan E meningkatkan produksi kolagen sehingga mempertahankan kekencangan kulit.

3 dari 3 halaman

Manfaat Sabun Pepaya

sabun pepaya © Diadona

Manfaat pepaya tidak berhenti untuk dikonsumsi saja. Tetapi buah ini juga dibuat dalam produk kecantikan berupa sabun. Apa saja manfaat dari sabun pepaya tersebut? Mari kita simak.

1. Menghilangkan flek hitam

Menggunakan sabun pepaya sebagai pembersih tubuh akan membuat noda hitam pada kulitmu perlahan memudar. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya.

2. Mengecilkan pori-pori

Untuk kamu yang memiliki masalah kulit berupa pori-pori besar, kamu bisa menggunakan sabun pepaya secara rutin untuk mengecilkan proi-pori. Berbagai kandungan vitamin dan mineral pada pepaya menjadikan manfaat pepaya dapat mengecilkan pori-pori.

3. Mengenyalkan kulit

Sabun pepaya memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin E dan vitamin C pada pepaya ternyata dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Manfaat pepaya ini akan kamu dpatkan jika kamu rutin menggunakan sabun pepaya.

Apakah kamu salah satu penggemar buah pepaya ini? Apakah masih ada manfaat dari tanaman atau buah pepaya yang belum disebutkan di atas? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar