28 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil, Kesehatan, dan Kecantikan

Reporter : Sofi
Senin, 10 Februari 2020 11:12
28 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil, Kesehatan, dan Kecantikan
Jika selama ini yang kamu lihat adalah manfaat kulit manggis, tapi tahukah kamu manfaat buah manggis? Berikut manfaat buah manggis yang bisa kamu simak.

Rasa manis yang dimiliki buah manggis membuat banyak orang menyukai buah ini. Selain itu, manfaat buah manggis juga bagus untuk tubuh. Manggis memiliki bentuk yang unik.

Buah manggis ini memiliki tiga bagian utama, yaitu kulit ungu tua, kulit luar atau kulit buah Mangostein (disebut pericarp) agak keras, namun dapat dibuka dengan mudah. Kemudian daging putih yang dapat dimakan yang melekat pada biji. Biji manggis ini rasanya sangat pahit dan tidak dapat dimakan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah manggis yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Buah Manggis

Sudah banyak orang mengetahui tentang ekstrak kulit manggis yang banyak dijual di toko obat. Lalu, manfaat kulit buah manggis ini apa saja? Berikut manfaat buah manggis tersebut.

Ilustrasi Buah Manggis © Diadona

Antialergi dan antiinflamasi

Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa manfaat kulit buah manggis memiliki zat antialergi dan antiinflamasi. Kandungan pada kulit manggis dapat memperbanyak zat prostaglandin, dan khasiatnya terbukti ampuh untuk menghambat kadar histamin dalam tubuh.

Manfaat buah manggis dari prostaglandin sebetulnya berguna dalam meredakan peradangan atau anti inflamasi, yang mana keduanya berkaitan dengan penyebab seseorang dapat mudah terkena alergi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kulit manggis mengandung vitamin C yang memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mengaktifkan sistem kekebalan tubuh kapan saja tubuh bertemu dengan agen infeksi, sehingga seseorang tidak akan mudah sakit. Kulit manggis juga baik untuk dikonsumsi oleh orang sakit. Salah satu manfaat kesehatan kulit manggis adalah mempercepat proses penyembuhan.

Kulit manggis juga memiliki sifat antimikroba yang sangat efektif terhadap Staphylococcus aureus. Ini membuat kulit manggis bagus untuk dikonsumsi oleh orang-orang dengan kekebalan rendah, seperti pasien tuberkulosis dan HIV / AIDS.

Membuang racun dalam tubuh

Antioksidan dalam kulit manggis dapat mengikat dengan racun dan senyawa kimia yang masuk ke dalam tubuh dari polusi udara, rokok, makanan yang terkontaminasi dan radiasi. Zat berbahaya ini nantinya akan dihilangkan dari tubuh dengan air seni. Jika zat-zat itu masuk ke usus, antioksidan di kulit manggis akan melindungi lapisan lendir usus sehingga lapisan lendir tidak akan bersentuhan langsung dengan racun. Proses ini juga bisa mencegah pembentukan kanker usus besar.

Mengontrol gula darah

ilustrasi diabetes © Diadona

Kulit manggis memiliki kalori yang sangat sedikit. Ini membuat manfaat kulit buah manggis juga sangat aman bagi penderita diabetes. Kulit manggis juga mengandung serat yang membantu menjaga gula darah dalam tingkat normal, dengan mengikat gula berlebihan di usus dan mencegahnya diserap ke dalam darah.

Namun, perlu diingat bahwa cara terbaik untuk mengendalikan diabetes adalah menjaga hidup sehat, seperti makan makanan sehat dan aktivitas fisik teratur.

Menyehatkan tulang dan mata

Manfaat kulit buah manggis selanjutnya adalah menjaga kepadatan tulang, karena kandungan kalsiumnya. Kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Jika kulit manggis dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja, itu dapat mendukung pertumbuhan tulang yang optimal, membuat anak-anak tumbuh lebih tinggi dengan tulang yang kuat.

Selain itu, kulit manggis juga mengandung vitamin A, yang sangat baik untuk kesehatan penglihatan. Vitamin A dapat melindungi retina dan mempertajam penglihatan, dan mencegah xerophtalmia atau kurangnya penglihatan dalam cahaya redup/gelap.

Menyehatkan kulit

Antioksidan yang tinggi pada kulit manggis sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Antioksidan menghilangkan sel-sel mati dan mendorong proses regenerasi sel-sel baru. Selain itu, vitamin C dalam kulit manggis dapat mencerahkan kulit kusam dan berminyak.

Vitamin C juga mempromosikan pembentukan kolagen, yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Bahkan, manfaat kulit buah manggis juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi jerawat dan jerawat yang meradang, dan mencegah pembentukan jerawat baru. Kulit manggis memiliki agen antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Mencegah penyakit jantung

Manfaat kulit buah manggis selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini berkaitan dengan kemampuan mengendalikan kadar kolesterol pada manggis. Serat dalam kulit manggis memiliki kemampuan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis berikatan dengan LDL dan trigliserida dalam darah dan mempercepatnya untuk diproses menjadi asam empedu, yang nantinya akan dihilangkan dari tubuh. Dengan kadar kolesterol seimbang, ini dapat mencegah pembentukan plak di dinding bagian dalam pembuluh darah, sehingga mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis diketahui menyebabkan banyak penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, stroke, dan juga serangan jantung.

Mencegah kanker

Manfaat kulit buang manggis selajutnya adalah dapat mencegah risiko kanker. Kulit manggis sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap kanker, atau mereka yang sudah memiliki kanker. Tingginya antioksidan dalam kulit manggis sangat penting untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

Apalagi dengan adanya zat xanthone, antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis yang dapat mencegah proliferasi sel kanker. Ini akan sangat membantu proses penyembuhan kanker. Namun buka berarti ekstrak kulit manggis dapat membunuh sel kanker sepenuhnya. Kulit manggis dapat dijadikan suplemen makanan disamping pengobatan kanker lainnya tetap dijalani.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Ibu hamil tentu memerllukan banyak nutrisi untuk tubuh dan janin yang dikandungnya. Manfaat buah manggis dapat membantu melengkapi nutrisi ibu hamil tersebut. Berikut manfaat buah manggis untuk ibu hamil.

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Meningkatkan mood

Mengonsumsi buah manggis secara rutin juga diklaim mampu meningkatkan mood ibu hamil, karena biar bagaimanapun, ibu hamil harus selalu berada dalam suasana hati dan pikiran yang bagus agar tetap sehat dan janin pun dapat bertumbuh kembang dengan baik.

Menambah nafsu makan

Kehamilan seringkali membuat nafsu makan menurun. Padahal, hal ini tidak baik bagi tubuh ibu hamil maupun janin yang dikandung. Ibu hamil dan calon buah hati membutuhkan asupan nutrisi agar tetap sehat, di mana nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan.

Guna mengatasi masalah nafsu makan menurun pada ibu hamil, manfaat buah manggis dapat membantunya. Kandungan vitamin B1 pada manggis dipercaya efektif dalam meningkatkan nafsu makan, pun menghilangkan rasa mual yang menerpa ibu hamil, terutama ibu hamil muda.

Meminimalisir risiko diabetes

Diabetes khususnya diabetes gestasional adalah penyakit yang seringkali menyerang ibu hamil, terutama pada saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Selain melakukan aktivitas sehat seperti berolahraga rutin dan menjaga berat badan, mengonsumsi buah manggis adalah cara meminimalisir terjadinya diabetes gestasional yang bisa menimbulkan komplikasi serius seperti keguguran dan pre-eklampsia ini.

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang satu ini karena adanya kandungan senyawa OPC dan asam tanat yang disebut-sebut dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Mencegah timbulnya stretch mark pada perut

Kemunculan stretch mark kerap jadi momok bagi para ibu hamil. Bagaimana tidak? Stretch mark bisa mengurangi estetika kulit perut. Nah, tanpa disangka-sangka, manfaat buah manggis bisa jadi cara alami untuk mencegah stretch mark ini, lho.

Kandungan vitamin C pada buah manggis dipercaya mampu menjaga elastisitas kulit. Kulit yang elastis dapat menyesuaikan dengan perkembangan janin yang terus membesar sehingga tidak akan meninggalkan bekas yang kita sebut sebagai stretch mark tersebut.

Mencegah terjadinya pre-eklampsia

Pre-eklampsia adalah gangguan kesehatan yang lumrah dialami oleh ibu hamil. Pre-eklampsia terjadi karena pembuluh darah yang mengalami tekanan selama hamil, bisa karena pola makan yang salah hingga riwayat hipertensi yang dimiliki. Mengingat pre-eklampsia dapat menimbulkan komplikasi serius seperti keguguran, bayi terlahir cacat, bahkan menyebabkan kematian bagi ibu dan janin, maka mencegah kondisi ini terjadi adalah keharusan, dan salah satu manfaat buah manggis untuk ibu hamil adalah menangkal pre-eklampsia.

Menurunkan kolesterol

Khusus untuk para ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, menggunakan manfaat buah dengan mengonsumsi manggis adalah salah satu cara menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Kandungan kalori yang rendah menghasilkan manfaat buah manggis untuk ibu hamil guna menurunkan kolesterol ini.

Mencegah bayi terlahir cacat

Guna mencegah bayi terlahir cacat, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi manggis. Manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang ini dihasilkan oleh kandungan folat di dalamnya, yakni sekitar 65 mikrogram per 50 gram buah manggis.

Mengonsumsi buah manggis selama hamil efektif dalam membantu tumbuh kembang janin, terutama di bagian otak dan tulang belakang, sehingga risiko cacat di bagian tubuh tersebut dapat diminimalisir.

Mengatasi rasa lelah

Tak sedikit ibu hamil yang mengeluh lelah selama menjalani masa kehamilan. Salah satu cara mengatasi lelah pada ibu hamil adalah dengan mengonsumsi buah manggis. Manfaat buah manggis untuk ibu hamil ini dikarenakan adanya kandungan zat antiinflamasi yang dipercaya mampu mengatasi rasa lelah yang umumnya menyerang area panggul dan kaki.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Manggis bagi Kesehatan

Manfaat buah manggis juga bisa digunakan untuk kesehatan. Salah satunya adalah dapat mencegah asam urat. Berikut manfaat buah manggis untuk kesehatan lebih lengkapnya.

ilustrasi wanita sehat dan bahagia © Diadona

Meringankan penyakit asma

Sebuah penelitian menyebutkan jika manfaat buah manggis dapat membantu meringankan penyakit asma. Namun untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu harus mengonsumsi buah manggis secara banyak. Selain itu juga alangkah lebih baiknya kalau makan buah manggis sekaligus didampingi oleh resep dari dokter.

Mengobati masalah menstruasi

Rebusan yang terbuat dari akar manggis dapat membantu dalam mengatur siklus menstruasi bagi wanita. Ini juga memudahkan gejala yang sering terjadi sebelum menstruasi seperti tidak enak badan. Selain itu manggis juga mampu membantu melancarkan pencernaan.

Mampu mencegah asam urat

Nutrisi yang dikandung buah manggis dapat membantu mencegah asam urat. Namun meskipun mampu mencegah penyakit asam urat, bagi seseorang juga diwajibkan untuk menjaga pola makan secara baik.

Mengandung antioksidan

Manggis memang bukan buah yang mengandung antioksidan paling tinggi. Namun manggis memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Manggis juga mengandung polifenol, sehingga mampu menangkal berbagai radiasi bebas. Folifenol yang dimiliki manggis juga mampu membantu menyembuhkan segala macam penyakit.

Mampu menurunkan tekanan darah tinggi

Ilustrasi Hipertensi © Diadona

Fakta kalau memakan daging manggis dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun untuk bagian kulit manggis apakah mampu menurunkan tekanan darah, masih dalam proses penelitian.

Mencegah diare

Buah dan kulit manggis efektif dalam memberikan bantuan dari gangguan lambung seperti diare dan disentri. Manfaat buah manggis bisa kamu jadikan sebagai obat tradisional. Caranya rendam kulit buah dalam air semalaman. Ramuan ini diberikan kepada orang dewasa dan anak-anak yang mengalami diare kronis. Sementara bubuk kering dari kulit manggis digunakan dalam pengobatan disentri

Menurunkan berat badan

Memasukkan manggis dalam menu diet efektif dalam penurunan berat badan. Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam buah manggis ini juga bisa memastikan kesehatan secara baik. Manggis membantu dalam pencegahan penambahan berat badan, dengan membakar lemak. Xanthone yang termasuk dalam kulit manggis membantu menurunkan berat badan.

Mengontrol diabetes

Dr. Donal O 'Mathuna, dari Universitas Negeri Ohio, Amerika Serikat pernah membuat buku mengenai pengobatan alternatif. Di bukunya tersebut dirinya pernah menulis tentang penggunaan manggis untuk menyembuhkan diabetes. Secara efektif manggis mampu mengelola dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Mencegah penyakit alzheimer

Salah satu manfaat utama dari buah manggis untuk kesehatan adalah efektivitasnya dalam mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer biasanya disertai dengan gejala-gejala seperti kebingungan dan kesulitan dalam mengingat sesuatu. Salah satu penelitian dari Universitas Borodubur mengatakan kalau manggis mengandung Xanthone, yang tidak dimiliki oleh buah lainnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Manggis untuk Kecantikan

Tidak hanya kesehatan, manfaat buah manggis juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Berikut manfaat buah manggis untuk kecantikan.

Ilustrasi Wanita © Diadona

Menjadikan kulit awet muda

Penuaan bisa terjadi karena proses oksidasi yang diakibatkan oleh radikal bebas. Untuk itu dibutuhkan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas tadi. Manfaat buah manggis ternyata mengandung antioksidan seperti catechin (antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau) yang tinggi. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, kulit akan jadi lebih awet muda. Jus yang terbuat dari kulit manggis juga dapat membuat kulitmu terasa lebih kencang.

Memperbaiki sel

Senyawa xanthone yang hadir dalam kulit buah manggis ternyata paling tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Xanthone ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel tubuh yang rusak serta melindunginya dari kerusakan.

Mengobati jerawat

Manfaat buah manggis memiliki sifat antibakteri alami dan senyawa antimikroba yang sangat efektif dalam mengobati banyak masalah kulit seperti jerawat, noda gelap di kulit wajah, kulit berminyak, dan kulit kering. Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah manggis juga efektif untuk menjadikan kulit lebih segar dan sehat.

Apakah buah manggis ini adalah buah kesukaanmu? Semoga manfaat buah manggis di atas bermanfaat!

Beri Komentar